340 Paket Beras untuk Warga Langkat

Jurnalis : Sanny (Tzu Chi Medan), Fotografer : Sanny (Tzu Chi Medan)

Relawan komunitas Binjai memberikan paket beras secara simbolis kepada warga Desa Kuala Tanjung kecamatan Tanjung Pura kabupaten Langkat.

Jika masih ada lahan yang belum digarap di dunia ini, lahan itu adalah lahan yang terletak di hati kita.”
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Yayasan Buddha Tzu Chi Medan mengadakan kegiatan Bakti sosial Pembagian Sembako yang dilaksanakan serentak di beberapa wilayah komunitas. Komunitas Binjai turut menggarap ladang berkah kebajikan dalam kegiatan ini dengan mendistribusikan 340 paket beras di Desa Kuala Langkat, Langkat pada 18 Desember 2022.

Para relawan dan sukarelawan dari warga lokal Tanjung Pura dan Pangkalan Susu sejak subuh sudah harus bergerak ke lokasi mengingat perjalanan cukup jauh dan harus menyambung dengan kapal mengeliling anak sungai (Paloh) karena jalan darat menuju Desa Kuala Tanjung rusak tergenang air hujan dan air pasang. Desa Kuala Tanjung, Langkat ini terletak di daerah pesisir laut. Mayoritas penduduk di daerah ini 80% bermatapencaharian sebagai nelayan dan petani. Para warga sejak pagi sudah menanti kapal yang mengangkut para relawan Tzu Chi yang tiba di dermaga dengan hati gembira.

Warga Desa Kuala Tanjung kecamatan Tanjung Pura kabupaten Langkat satu persatu mengambil paket beras mereka.

“Kami sangat berterima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi yang datang ke sini membagikan paket sembako berupa beras dan minyak goreng untuk warga kami di sini,” kata Saniah yang merupakan warga lokal desa Kuala Tanjung, Langkat. “Bantuan ini sangat berarti untuk kami, warga yang tidak mampu, apalagi belakangan cuaca kurang bersahabat untuk pergi melaut,” lengkap Saniah yang sudah beberapa generasi tinggal di sana dan mengandalkan penghasilan keluarga dari hasil melaut.

Selain Saniah, warga lain pun mengantre dengan tertib dan semangat membagi berkah kembali melalui celengan bambu untuk orang lain yang membutuhkan. Mereka pun memasukkan donasinya ke celengan bambu dengan wajah gembira. Wahyu Danil selaku Kepala Desa Kuala Langkat mewakili warga desa menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Yayasan Buddha Tzu Chi atas bantuan paket Sembako untuk warganya.

Warga sangat antusias ingin berbagi dan turut menyemai benih kebajikan melalui celengan bambu.

Lim  Miau Cen koordinator baksos ini mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan agar pelaksanaan baksos Pembagian Sembako ini berjalan lancar dengan menggalang hati warga lokal Tanjung Pura dan Pangkalan Susu untuk turut membantu. Beberapa warga lokal Tanjung Pura turut berpartisipasi  konsumsi berupa roti dan nasi bungkus untuk makan siang acara. Ada juga pemilik kapal memberikan tumpangan kapal yang mengangkut 340 paket sembako berisi beras dan minyak goreng, juga seluruh relawan dan semua perangkat desa yang ikut serta.

Para relawan dan sukarelawan menaiki kapal menuju lokasi baksos.

Dari satu dan banyak orang yang membantu dan bergandeng tangan, mereka bersatu hati dalam cinta kasih universal untuk kemanusiaan. Bersama-sama menjadi petani ladang berkah kebajikan, menggarap lahan batin sendiri dengan cinta kasih universal.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Cinta Kasih Merupakan Kekuatan Dalam Kehidupan

Cinta Kasih Merupakan Kekuatan Dalam Kehidupan

21 Desember 2022

Relawan Tzu Chi komunitas Hu Ai Titi Kuning di kota Medan melakukan baksos pembagian total 1.063 paket sembako untuk warga di kelurahan Deli Tua Barat dan sekitarnya untuk menyambut hari Natal dan Tahun Baru 2023.

Jodoh Baik Menjelang Perayaan Natal

Jodoh Baik Menjelang Perayaan Natal

21 Desember 2022

Relawan Tzu Chi komunita He Qi Timur membagikan 100 Paket Natal di Gereja Kristen Indonesia, Kebon Bawang, Jakarta Utara. Paket ini yang berisi berisi 5 kg beras, 2 liter minyak goreng, 2 kg gula putih, 20 bungkus DAAI Mie, dan 1 buah celengan Tzu Chi, 17 Desember 2022.

Sembako Cinta Kasih untuk Warga Medan Marelan

Sembako Cinta Kasih untuk Warga Medan Marelan

21 Desember 2022
Menjelang Natal, relawan Tzu Chi Medan membagikan 1.250 paket Sembako Cinta Kasih untuk warga prasejahtera di Kec. Medan Marelan, Kota Medan pada Minggu, 18 Desember 2022.
Hadiah paling berharga di dunia yang fana ini adalah memaafkan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -