Berbagi Kasih Kepada Sesama Dalam Menyambut Perayaan Natal

Jurnalis : Wismina, Kho Ki Ho (Tzu Chi Pekanbaru), Fotografer : Junus Saujana, Amy, Kho Ki Ho, Tommy Sulianto, Asriani, Wismina (Tzu Chi Pekanbaru)

Kebahagiaan salah satu warga Kelurahan Tuah Negeri setelah menerima paket sembako dari Tzu Chi Pekanbaru dalam rangka menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru 2023.

Insan Tzu Chi Pekanbaru kembali melakukan pembagian paket sembako untuk masyarakat prasejahtera. Kali ini, sebanyak 824 paket sembako yang terdiri dari 10 kg beras, minyak 1 liter, dan DAAI mi 6 bungkus dibagikan kepada warga di Kelurahan Tuah Negeri, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru pada Sabtu, 3 Desember 2022.

Pembagian dalam rangka momen perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 ini tidak hanya dibagikan kepada masyarakat yang merayakan saja, tetapi dibagikan kepada warga yang telah menerima kupon sembako. Para penerima kupon sembako tersebut adalah warga prasejahtera yang terdiri dari berbagai suku dan agama yang berbeda.

Relawan Tzu Chi Pekanbaru bersama ibu-ibu komunitas Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Ranting Santa Maria didampingi aparatur dari Kelurahan Tuah Negeri secara langsung membagikan kupon sembako ke rumah-rumah warga.

Sejak tanggal 22, 24, dan 27 November 2022, relawan turun langsung mengunjungi rumah warga untuk melihat kondisi warga dan memberikan kupon bagi warga yang sebagian besar merupakan pekerja pembuat batu bata.

“Saya bertemu dengan satu anak remaja, badannya penuh lumpur (karena membantu ayahnya bekerja di pabrik batu bata). Anak tersebut sudah putus sekolah. Hati ini rasanya sedih,” ungkap Asep, relawan yang mengikuti pembagian kupon selama tiga hari.

Selain membagikan pakesembako, relawan Tzu Chi Pekanbaru juga memperkenalkan tentang Yayasan Buddha Tzu Chi kepada warga penerima paket sembako.

Kegiatan pembagian kupon sembako juga diikuti oleh ibu-ibu komunitas Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Ranting Santa Maria. “Ini sesuatu yang luar biasa, karena ini menggabungkan orang-orang yang tidak saling mengenal dalam satu kegiatan yang berdasarkan atas kasih dan kebajikan. Ini adalah sesuatu yang patut kita syukuri,” ungkap Mewi Rosary H, Ketua WKRI Ranting Santa Maria.

Dalam pembagian kupon sembako, peran perangkat RT/RW sangatlah dibutuhkan dalam membantu relawan untuk menjangkau warga dari rumah ke rumah. Iwan, Ketua RT 03/04, Kelurahan Tuah Negeri mengungkapkan rasa terima kasihnya karena warga dapat menerima sembako dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

“Terima kasih kepada relawan yang mau mengunjungi rumah-rumah warga, sampai ada yang terbenam kakinya ke lumpur. Jiwa sosial relawan sangat luar biasa,” ungkap Iwan.

Beberapa warga juga ikut berdonasi dalam celengan bambu Tzu Chi agar bisa ikut berpartisipasi dalam membantu sesama yang membutuhkan.

Bukan hanya sukacita saja yang dirasakan warga saat menerima paket sembako, sebagian besar mereka juga tidak melewatkan kesempatan berdonasi ke dalam celengan bambu Tzu Chi untuk membantu orang lain. “Alhamduillah, bisa mendapat sembako dan bingkisan,” ungkap Nuraini salah satu penerima paket sembako. “Sama-sama dapat berbagi, itu adalah sesuatu yang baik,” imbuhnya.

Begitu juga dengan Yulia yang berasal dari Nias dan akan merayakan Natal. Dalam kegiatan ini, ia juga ikut berdonasi ke celengan bambu sebagai ungkapan syukur dan terima kasih. Bersumbangsih merupakan sebuah perwujudan dari rasa syukur. Hal inilah yang dirasakan oleh para relawan dan juga penerima paket sembako momen menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru 2023.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Berbagi Kasih Kepada Sesama Dalam Menyambut Perayaan Natal

Berbagi Kasih Kepada Sesama Dalam Menyambut Perayaan Natal

26 Desember 2022

Tzu Chi Pekanbaru membagikan 824 paket sembako kepada warga prasejahtera di Kelurahan Tuah Negeri, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru.

Cinta Kasih Merupakan Kekuatan Dalam Kehidupan

Cinta Kasih Merupakan Kekuatan Dalam Kehidupan

21 Desember 2022

Relawan Tzu Chi komunitas Hu Ai Titi Kuning di kota Medan melakukan baksos pembagian total 1.063 paket sembako untuk warga di kelurahan Deli Tua Barat dan sekitarnya untuk menyambut hari Natal dan Tahun Baru 2023.

Jodoh Baik Menjelang Perayaan Natal

Jodoh Baik Menjelang Perayaan Natal

21 Desember 2022

Relawan Tzu Chi komunita He Qi Timur membagikan 100 Paket Natal di Gereja Kristen Indonesia, Kebon Bawang, Jakarta Utara. Paket ini yang berisi berisi 5 kg beras, 2 liter minyak goreng, 2 kg gula putih, 20 bungkus DAAI Mie, dan 1 buah celengan Tzu Chi, 17 Desember 2022.

Berbicaralah secukupnya sesuai dengan apa yang perlu disampaikan. Bila ditambah atau dikurangi, semuanya tidak bermanfaat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -