970 Paket Sembako Bagi Warga Semanan

Jurnalis : Arimami Suryo A, Fotografer : Arimami Suryo A
Warga RW 01, Kelurahan Semanan, Jakarta Barat bersukacita setelah menerima paket sembako berupa 10 kg beras dan 10 bungkus Mi DAAI di hari pertama Ramadan 2022.

Siti Fatimah (52), warga Kampung Duri RT 02/01, Kelurahan Semanan, Kalideres, Jakarta Barat tampak sumringah membawa kupon sembako yang sebelumnya ia dapatkan dari relawan Tzu Chi. Ia pun bergegas dan berjalan kaki dari kontrakannya ke lokasi pembagian paket sembako dari Tzu Chi dalam menyambut Ramadan. Pembagian paket sembako ini bertempat di sebuah tanah lapang yang berada di Kampung Bulak, RW 01, Jl. Semanan, Jakarta Barat pada Minggu, 3 April 2022.

Hari itu yang bertepatan dengan hari pertama Ramadan 2022, Siti Fatimah dijinkan libur bekerja. Setiap harinya ia mencari nafkah sebagai buruh cuci gosok dan membersihkan rumah. Semenjak suaminya meninggal 3 tahun yang lalu, Siti Fatimah pun harus menjadi tulang punggung keluarga.

Siti Fatimah (52) yang setiap hari bekerja menjadi buruh cuci dan bersih-bersih rumah mendapatkan bantuan paket sembako dari Tzu Chi. Rencananya bantuan tersebut akan digunakan untuk keperluan sehari-hari bersama keluarga.

“Tadinya suami saya tukang sapu di Perumahan Taman Semanan Indah, trus sakit dan meninggal. Saya kerja cuci gosok juga di perumahan itu, karena pandemi saya dirumahkan sampai sekarang. Terus ya saya nyari di sekitar sini saja,” kata Siti Fatimah.

Dari penghasilannya menjadi buruh cuci dan membersihkan rumah, Siti Fatimah mendapatkan upah 800 ribu setiap bulannya. Uang itu ia gunakan untuk membayar kontrakan, keperluan sekolah anak, serta untuk membiayai keperluan sehari-hari 6 orang anaknya yang saat ini tinggal bersamanya di rumah kontrakan. “Nanamnya juga mencari tanggungan bagi keluarga, ada sedihnya, ada senangnya. Dapet rezekinya segitu ya dicukup-cukupinlah,” jelas wanita asli Bandung, Jawa Barat ini.

Dengan tertib dan mengikuti arahan dari relawan Tzu Chi, para warga satu persatu menyerahkan kupon untuk ditukar dengan paket sembako.

Saat menerima beras dan mi DAAI dari relawan Tzu Chi, Siti Fatimah tampak begitu bersemangat. Relawan juga mengecek kelengkapan data kupon miliknya di pintu masuk, setelah itu ia segera bergegas mengikuti alur jalan yang telah disediakan. Setelah menyerahkan kupon, paket sembako dari Tzu Chi ia terima dan langsung dibawa pulang dengan raut wajah bahagia.

“Saya biasanya beli beras seliter setengah setiap harinya, nggak pernah beli yang karungan kaya gini. Yah bisa berhemat, uang buat beli beras bisa buat beli yang lainnya. Rencana mau buat makan sama anak-anak saya. Kalau, beras saya cukup-cukupin buat setengah bulan soalnya itu 10 kg, kalau mi, anak-anak kan senang biasanya langsung pada bikin,” ungkap Siti Fatimah. "Sangat senang dan bahagia. Pokoknya saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk Yayasan Buddha Tzu Chi atas bantuannya (beras dan mi DAAI)," lanjutnya penuh sukacita.

Berkah di Hari Pertama Ramadan

Warga RW 01 penerima bantuan sembako dari Tzu Chi juga diajak berdonasi lewat celengan bambu Tzu Chi di pintu masuk lokasi pembagian bantuan.

Jalinan jodoh Tzu Chi dengan warga RW 01, Kelurahan Semanan bukan kali ini saja. Saat ada musibah kebakaran pada Agustus 2019 lalu, Tzu Chi juga memberikan paket bantuan kebakaran bagi warga yang terdampak. Dalam kesempatan di bulan Ramadan 2022 ini, Tzu Chi kembali menjalin jodoh baik dengan membagikan paket sembako yang berisi beras 10 kg dan 10 bungkus Mi DAAI untuk membantu warga prasejahtera di 10 RT yang tersebar di wilayah RW 01.

Dalam kegiatan pembagian paket sembako ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Kelurahan Semanan, TNI dan Polri, RW, serta perwakilan RT dan warga. Lurah Semanan, Bayu Fadayen Gantha juga menyambut baik kegiatan pemberian bantuan yang dilakukan oleh Tzu Chi bagi warganya khususnya di RW 01.

Lurah Semanan, Bayu Fadayen Gantha berterima kasih atas bantuan paket sembako untuk warga Kelurahan Semanan khususnya di RW 01.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Budha Tzu Chi yang telah menginisiasi kegiatan pemberian bantuan kepada warga Kelurahan Semanan khususnya di RW 01. Ini luar biasa sekali di saat harga kebutuhan sedang naik ini ada bantuan beras dan lainnya. Mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat dan meringankan bagi warga kami yang kurang mampu khususnya di bulan suci Ramadan ini,” kata Lurah Semanan, Bayu Fadayen Gantha dalam sambutannya.

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 2 yang melaksanakan kegiatan ini juga merasa bersyukur dapat terus menjalin jodoh dengan warga Kelurahan Semanan khususnya di RW 01. Terlebih lagi pembagian bantuan beras dan mi DAAI bertepatan dengan pelaksanaan hari pertama Ramadan.

Koordinator kegiatan, Elvina Tarasia (depan) menyerahkan secara simbolis paket sembako kepada warga bersama dengan perwakilan dari Kelurahan Semanan, TNI dan Polri.

"Memang program ini untuk Ramadan dan menyambut Lebaran. Kita mengharapkan bantuan ini bisa membantu warga-warga yang kurang mampu untuk meringankan beban dan bisa membawa berkah bagi mereka," jelas Elvina Tarasia, relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 2 yang menjadi koordinator kegiatan.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Banjir 2020: Korban Banjir di Teluk Naga Terima Bantuan Sembako

Banjir 2020: Korban Banjir di Teluk Naga Terima Bantuan Sembako

06 Januari 2020

Tzu Chi memberi bantuan kepada korban banjir di Desa Pangkalan, Kecamatan Teluk Naga, Tangerang. Bantuan tersebut berupa sembako yang terdiri dari 40 dus Mi DAAI, 5 dus air mineral, 5 dus minyak goreng, 470 makanan hangat, dan 20 kg beras.

50 Paket Beras untuk Warga Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

50 Paket Beras untuk Warga Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

16 Maret 2021

Bantuan beras dari Tzu Chi, Perkumpulan Pengusaha Peduli NKRI, donatur dari organisasi kemasyarakatan, bersama TNI, Polri, dan pemerintah daerah untuk masyarakat yang terdampak ekonominya akibat pandemi Covid-19.

Pembagian 3.900 Kupon Paket Sembako untuk Warga Prasejahtera di Pademangan Barat

Pembagian 3.900 Kupon Paket Sembako untuk Warga Prasejahtera di Pademangan Barat

08 April 2022

Relawan Tzu Chi di komunitas Pademangan bergerak turun ke tengah masyarakat untuk berbagi kupon sembako paket lebaran, Minggu, 3 April 2022.

Jika menjalani kehidupan dengan penuh welas asih, maka hasil pelatihan diri akan segera berbuah dengan sendirinya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -