Aksi Donor Darah Mengawali Rangkaian Perayaan HUT DAAI TV ke-15

Jurnalis : Anand Yahya, Fotografer : Anand Yahya

Darwan Efendi menjalani pemeriksaan darah dan kesehatan umum di lobby Gd. Daai sebelum menjalani donor darah. Kegiatan donor darah DAAI TV Jakarta adalah salah satu rangkaian menyambut HUT ke-15 DAAI TV Indonesia.

Kebutuhan darah di Indonesia sangat tinggi. Apalagi di masa pandemi Covid-19 dan menjelan bulan puasa 2022 kemarin, permintaan darah meningkat namun persediaan minim. Menanggapi hal ini, DAAI TV Indonesia yang bertepatan dengan rangkaian perayaan HUT ke-15 menyelenggarakan donor darah bersama PMI Jakarta Pusat di lobby Gedung DAAI TV, Tzu Chi Center PIK Jakarta Utara pada Selasa 17 Mei 2022.

Pada kegiatan donor darah ini pendonor harus melalui beberapa proses pemeriksaan medis sebelum dinyatakan bisa mendonorkan darahnya. Di antaranya, mengisi formulir pendaftaran dan kuisioner kesehatan, pengukuran berat badan, pemeriksaan kadar hemoglobin darah, pemeriksaan golongan darah bagi pendonor pemula, pemeriksaan kesehatan oleh dokter, tekanan darah, sudah di vaksin Covid-19 lengkap, dan mengisi data pada formulir donor darah yang sudah disiapkan oleh PMI.

Petugas PMI Jakarta Pusat sedang membawa kantong darah yang berhasil dikumpulkan dari staf badan misi Tzu Chi dan DAAI TV. Ada 110 kantong darah berhasil didapat oleh PMI Jakarta Pusat.

Petugas PMI Jakarta Pusat sedang menjalani proses pengambilan darah dari salah satu peserta donor darah.


Salah satu donor adalah staf DAAI TV Divisi Editing, Darwan Efendi yang sudah rutin mendonorkan darahnya. Ia mengatakan bahwa donor darah sangat membantu menyehatkan tubuh. Selain itu juga bisa menyelamatkan kehidupan seseorang sekaligus meningkatkan kepedulian dan rasa kemanusiaan kita terhadap sesama. “Donor darah penting untuk membantu menyelamatkan kehidupan orang. Setetes darah para pendonor sangat berarti untuk mereka yang dalam kondisi sakit,” ujar Darwan sesaat setelah selesai mendonorkan darah.

Pada kesempatan ini, Darwan juga mengungkapkan bahwa donor darah yang diadakan oleh DAAI TV Jakarta ini merupakan kegiatan rutin tahunan. “Hari ini saya sudah yang ketiga kali ikut donor darah yang diadakan oleh DAAI TV,” tuturnya.

Darwan berharap lebih banyak peserta donor agar stok bank darah untuk DKI Jakarta dan sekitarnya tercukupi. “Semoga lebih banyak lagi peserta dari DAAI TV Jakarta khususnya, dan umumnya yang di bawah naungan Badan Misi Yayasan Tzu Chi Indonesia, sekarang ini pesertanya ada dari staf DAAI TV, staf Tzu Chi school, staf building menagemen, staf Tzu Chi Hospital dan warga umum yang sudah mendaftar sebelumnya” harap Darwan.

Darwan adalah salah satu peserta donor dari 170 orang yang mendaftar. Pada hari itu DAAI TV Jakarta berhasil menggalang donor darah 110 kantong darah yang diserahkan ke PMI Jakarta Pusat.

Darwan Efendi Divisi Editing DAAI TV Indonesia sedang menjalani donor darah yang didampingi oleh seorang petugas medis dari PMI Jakarta Pusat. Darwan berharap lebih banyak peserta donor agar stok bank darah untuk DKI Jakarta dan sekitarnya tercukupi.

Adi Saputro staf DAAI TV Jakarta sekaligus koordinator penyelenggara donor darah menandatangani surat penyelenggaraan donor darah.

Adi Saputro staf DAAI TV Jakarta sekaligus koordinator penyelenggara donor darah DAAI TV Jakarta mengatakan penyelenggaraan donor darah kali ini memang salah satu rangkaian dari HUT DAAI TV Indonesia ke-15. “Ini bukan kali pertama kegiatan donor darah dilakukan DAAI TV Jakarta. Semoga kegiatan ini terus lanjut menjadi agenda tahunan dan saya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung kegiatan donor darah ini,” ujar Adi.

Adi melanjutkan, kegiatan donor darah hari ini diikuti 170 orang dan pesertanya dari staf DAAI TV Jakarta, Tzu Chi School, Tzu Chi Hospital, dan badan misi di Yayasan Tzu Chi. Adi juga berharap, peserta donor darah ini bisa diikuti oleh banyak peserta.

Suasana pengambilan darah berlangsung di ruang lobby DAAI lantai 1 gedung DAAI. Ada 12 tempat tidur yang disiapkan oleh panitia untuk melayani para peserta donor.

Selain donor darah, rangkaian perayaan HUT DAAI TV juga dimeriahkan dengan beberapa kegiatan lain, yakni kegiatan bersih-bersih lingkungan, Tik Tok Challenge, Baksos Penyaluran Makanan Dalam Rangka Hari Lingkungan Hidup, DAAI Night, Traning Pendalaman Budaya Humanis, Tantangan 15 Hari Bervegetaris, serta Traning Pendalaman Budaya Humanis. Rangkaian kegiatan ini juga dilaksanakan oleh DAAI TV Medan hingga bulan Agustus 2022.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Bersumbangsih di Tengah Pandemi Melalui Donor Darah dan Donor Plasma Konvalesen

Bersumbangsih di Tengah Pandemi Melalui Donor Darah dan Donor Plasma Konvalesen

18 Juni 2021

Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, Kamis 17 Juni 2021, Tzu Chi Sinar Mas bersama Palang Merah Indonesia, Sinar Mas, dan Pengusaha Peduli NKRI menggelar Bakti Sosial Donor Darah dan Donor Plasma Konvalesen.

Menanam Benih Kasih dari Donor Darah

Menanam Benih Kasih dari Donor Darah

24 April 2018
Sabtu, 21 April 2018, relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 2, Hu Ai Tangerang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) mengadakan kegiatan donor darah. Kegiatan ini adalah satu hal sederhana yang bisa dilakukan diri sendiri namun bisa memberikan kontribusi yang besar bagi kehidupan orang lain.
Donor untuk Keselamatan Jiwa

Donor untuk Keselamatan Jiwa

31 Mei 2017

Dalam memeperingati Hari Waisak, Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi Sedunia, relawan Tzu Chi Aceh  mengadakan kegiatan donor darah yang berlokasi di Vihara Dewi Samudera Banda Aceh pada tanggal 14 Mei 2017. Sebanyak 64 kantong darah berhasil dikumpulkan.

Hakikat terpenting dari pendidikan adalah mewariskan cinta kasih dan hati yang penuh rasa syukur dari satu generasi ke generasi berikutnya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -