Aksi Nyata Bagi Bumi melalui Pelestarian Lingkungan

Jurnalis : Sphatika Winursita, Vincent Salimputra (He Qi Utara 2), Fotografer : Vincent Salimputra, Lestin Trisiati (He Qi Utara 2)

Sebelum gathering dimulai, terlihat relawan bertegur sapa dan berinteraksi dengan para Gan En Hu yang telah bersiap mengikuti acara.

Polusi udara yang sangat buruk di ibukota menjadi pembicaraan hangat dan ramai akhir-akhir ini. Komunitas relawan Tzu Chi di He Qi Utara 2 pada gathering Gan En Hu kali ini, Minggu 3 September juga mengangkat tema tentang peduli lingkungan dengan tajuk “Marilah Kita Mencintai Bumi dengan Suatu Tindakan yang Bisa Melindungi Dunia Ini”.

Dengan menyosialisasikan materi seputar kerusakan lingkungan dan dampak yang sudah timbul di sekeliling mereka, diharapkan ada perubahan sekecil apapun itu, yang dapat dimulai dari diri mereka sendiri serta lingkungan keluarga mereka. Pada gathering ini, ada sebanyak 42 penerima bantuan khusus Tzu Chi atau Gan En Hu yang hadir.

Dalam salah satu misi Tzu Chi, Misi Pelestarian Lingkungan, para relawan juga melatih diri mereka agar dapat memberikan kontribusi positif bagi bumi. Di Taiwan, para relawan yang sudah senior sangat senang saat berkegiatan mendaur ulang di depo karena mereka dapat berkumpul untuk bertukar cerita, bersosialisasi sekaligus melakukan hal yang bermanfaat.

The Hany memandu jalannya acara gathering sehingga dapat berjalan lancar dari awal hingga akhir.

Master Cheng Yen berkata bahwa Buddha mengajarkan kita untuk membimbing semua makhluk, bukan semata-mata mencari pencapaian pribadi. Ladang berkah terbuka bagi para relawan yang ingin memberi contoh kepada masyarakat umum yang tertarik mampir ke depo untuk mendaur ulang. Hal positif ini merupakan langkah kecil yang telah diinisiasi oleh Tzu Chi untuk mengawali perubahan.

Memberi Contoh Bagi Sesama
Seiring semakin parahnya perubahan iklim, Master Cheng Yen berpesan agar kita harus terus meningkatkan kesadaran lingkungan. Banyak orang yang malas untuk melakukan pelestarian lingkungan karena belum mengetahui caranya dan tidak memiliki teman. Mariana Mimi, seorang relawan di Indonesia, bahkan mulai melakukan daur ulang dan mengajak kerabat-kerabatnya dengan hanya menonton tayangan DaAi TV.

Willy dan Auliani menjelaskan materi pelestarian lingkungan.

Relawan Tzu Chi asal Sanxia, Taiwan, yang bernama Lin Zong-zhen, rela mendirikan titik pemilahan daur ulang, yang dapat menghimpun 30 hingga 40 relawan untuk bersumbangsih bagi Bumi. Menurut Master Cheng Yen, sesuatu yang disebut “sampah” bagi orang lain, bisa menjadi “sumber daya alam”. Sampah dapat diubah menjadi emas, bahwasanya bagaimana cara membuat orang mengerti bahwa sampah dapat memiliki nilai yang bermanfaat bagi dunia.

Dalam sesi sharing, Auliany dan Willy Hutama, dua relawan dari He Qi Utara 2, memulainya dengan menampilkan berbagai pemandangan alam yang indah di layar. Semua peserta yang hadir menjadi ikut merindukan bagaimana nikmatnya hidup beralaskan bumi yang hijau dan beratapkan langit yang cerah, tidak seperti di Jakarta saat ini. Hal ini merupakan dampak pencemaran lingkungan yang telah terjadi menahun dari masa ke masa dan harus segera diselesaikan.

Para Gan En Hu tampak antusias mendengarkan materi yang disampaikan dan berebut menjawab pertanyaan kuis yang diajukan oleh Kelly.

Tak hanya bagi manusia, semua makhluk hidup termasuk hewan dan tumbuhan pun ikut menderita. Seperti halnya biota laut, yang banyak terjerat sampah hasil ulah manusia yang tercela. Hal sederhana seperti membuang sampah sembarangan dan tidak pada tempatnya pun dapat membawa dampak besar. Tak hanya itu, lingkungan yang tercemar pun akan menjadi sarang penyakit.

Konsep 5R Pelestarian Lingkungan
Para Gan En Hu juga diberi tahu bahwa ada konsep 5R yang dapat mengubah pola pikir seseorang dalam kehidupan sehari-hari. 5R merupakan singkatan dari Rethink, Reduce, Repair, Reuse, Recycle. Untuk mengeksekusi tindakan yang terakhir, yaitu Recycle (daur ulang), dihimbau bagi semua orang mulai memisahkan sampah menjadi sampah organik, sampah anorganik serta barang daur ulang bersih dan dapat diterima di depo daur ulang Tzu Chi.

Dengan hati penuh rasa hormat dan cinta kasih yang murni tanpa pamrih, relawan membagikan bantuan kepada para Gan En Hu.

Kegiatan hari itu sangat bermanfaat baik bagi relawan maupun Gan En Hu yang ingin memulai hidup lebih baik dan bijak. Seperti yang pernah dikatakan oleh Jhonny Chandrina, relawan Tzu Chi, kita semua dapat menjadi contoh bagi yang belum tahu dan ingin belajar mengenai pelestarian lingkungan.

Sebagai penutup sharing, Auliany dan Willy membagikan kata-kata mutiara “Karena yakin maka kita bertindak. Karena bertindak, maka kita akan membawa perubahan. Karena perubahan, maka kita akan membawa harapan.” Semoga Bumi semakin membaik dan menyelaraskan 4 elemen, sehingga dunia ini terbebas dari bencana.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Gathering Penerima Bantuan

Gathering Penerima Bantuan

17 September 2015
Jika biasanya relawan yang mengunjungi mereka, kini para penerima bantuan yang datang ke rumah insan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun. Diadakan pada Minggu, 6 September 2015, kegiatan ini bertujuan untuk lebih saling mengenal satu sama lain.
Syukuran Akhir Tahun untuk Para Gan En Hu di Tzu Chi Medan

Syukuran Akhir Tahun untuk Para Gan En Hu di Tzu Chi Medan

12 Januari 2024

Komunitas relawan Tzu Chi di He Qi Cemara mengadakan syukuran akhir tahun bagi para penerima bantuan Tzu Chi jangka panjang dan anak asuh Tzu Chi, Minggu 7 Januari 2024.

Penerima Bantuan Tzu Chi Di Palembang Berkenalan Dengan Menu Vegetaris

Penerima Bantuan Tzu Chi Di Palembang Berkenalan Dengan Menu Vegetaris

07 September 2022

Tzu Chi Palembang mengadakan kegiatan Gathering Gan En Hu (penerima bantuan Tzu Chi) yang sedikit berbeda dari sebelumnya karena pada kesempatan ini para relawan juga memperlihatkan demo memasak vegetaris kepada para Gan En Hu

Kita sendiri harus bersumbangsih terlebih dahulu, baru dapat menggerakkan orang lain untuk berperan serta.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -