Aksi Sehat Donor Darah

Jurnalis : Jia Hui (Tzu Chi Batam), Fotografer : Jia Hui, Carmen (Tzu Chi Batam)
Tzu Chi Batam rutin mengadakan kegiatan donor darah 3 bulan sekali.

Minggu pagi, 17 Juli 2022, Aula Jing Si Batam kembali diramaikan para insan Tzu Chi yang mengadakan kegiatan donor darah di halaman logistik. Baksos Donor Darah ini diadakan setiap 3 bulan sekali. Aksi donor darah kali ini berhasil mengumpulkan 210 orang calon donor, namun yang dapat mendonorkan darahnya berjumlah 147 orang. Beberapa peserta yang gagal mendonorkan darahnya karena kadar Hb dan tensi yang terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Jarak yang jauh tidak menyurutkan niat baik untuk bersumbangsih menyalurkan darah bagi sesama yang membutuhkan. Caryn (35), asli Medan yang kini merantau ke Batam 8 bulan lalu, ikut serta untuk menjadi calon pendonor.

“Selama ini saya rutin donor darah selama di Medan dari umur 20-an dan ini kedua kalinya ikut donor darah di Tzu Chi Batam,” ujarnya. Namun Caryn belum berjodoh untuk mendonorkan darahnya pada hari itu dikarenakan kadar Hb yang relatif rendah.

Caryn saat cek tekanan darah, sebagai salah satu syarat untuk donor darah.

Sui Khiang A. Rusdianto terlihat semangat sepanjang proses donor darah.

Di sisi lain tampak seorang pria paruh baya bernama Sui Khiang A. Rusdianto. Di umur yang ke-59 ini beliau terlihat semangat dan antusias sepanjang proses donor darah. Beliau mengatakan bahwa ini sudah ke-20 kalinya ia berpartisipasi dalam kegiatan donor darah.

“Selain bisa menolong orang, dengan donor darah saya juga merasakan kalau kesehatan saya sendiri juga lebih baik. Jadi saya selalu rutin untuk donor darah, selain di sini juga ada donor di organisasi lain yang kebetulan menyelenggarakan,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, beliau juga mengajak sang Istri, anak, serta menantunya untuk ikut serta mendonorkan darah pada hari itu. Semangat dan sukacita Pak Sui Khiang luar biasa untuk turut membantu sesama melalui donor darah. Seperti Kata Perenungan Master Cheng Yen, “Orang yang selalu bersumbangsih akan senantiasa diliputi pikiran bahagia (sukhacitta), orang yang selalu bersyukur akan selalu senantiasa dilimpahi berkah.”

Alexander Prayoga sebagai Koordinator Kegiatan Bakti Sosial Donor Darah Minggu, 17 Juli 2022.

Dr Franky Goni, salah satu dokter merasa senang dan bersyukur dapat turut serta pada donor darah yang diselenggarakan Tzu Chi. Ini juga merupakan pengalaman pertamanya dalam kegiatan bakti sosial Tzu Chi setelah dilantik menjadi anggota TIMA.

“Sebelumnya saya juga sempat search Google dan menanyakan kepada dokter-dokter lain mengenai syarat pendonor. Karena ini juga merupakan pengalaman pertama saya, jadi saya harus buat persiapan.” Ujar dr. Franky sembari menunjukkan catatannya. Ia juga menceritakan adanya jalinan jodoh yang baik hingga hari ini bisa menjadi bagian dari anggota TIMA dan turut serta menjadi bagian dari relawan Tzu Chi.

Kegiatan donor darah ini didukung oleh sebanyak 69 relawan dan sukarelawan.

Sebagai koordinator acara hari itu, Alexander Prayoga atau akrab dipanggil Yoga, merasa menjadi seorang koordinator sebuah kegiatan, selain merupakan ladang berkah juga memberikan pembelajaran istimewa.

“Dalam kegiatan ini sebagai PIC, saya belajar banyak sekali. Mulai dari proses pendaftaran sampai galang Bodhisatwa. Dari situ saya belajar di bagian pendaftaran butuh apa saja, di bagian konsumsi, pelayanan konsumsi apa saja yang dibutuhkan dan berapa relawan yang dibutuhkan. Dalam pencarian relawan untuk setiap bagian, di situlah kita belajar dan menjalin jodoh baik dengan sesama relawan. Selama proses ini (pencarian relawan) pastinya ada hambatan, tetapi tidak menjadi sebuah masalah yang tidak bisa kita atasi,”terang Yoga mensyukuri kesungguhan relawan di fungsi mereka masing-masing.

Kelancaran dari kegiatan donor darah yang berlangsung dari pukul 10.00- 15.00 WIB ini merupakan  hasil kerja sama dari berbagai pihak, dari pendonor, petugas PMI dan relawan. Kegiatan donor darah ini didukung oleh 69 relawan dan sukarelawan.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Membangkitkan Cinta Kasih Melalui Sosialisasi Donor Darah

Membangkitkan Cinta Kasih Melalui Sosialisasi Donor Darah

15 Juni 2017

Relawan Tzu Chi di Pekanbaru turut menyukseskan kegiatan donor darah yang digelar Unit transfusi darah (UTD) PMI Kota Pekanbaru selama bulan puasa. Kegiatan ini merupakan lahan pelatihan bagi relawan Tzu Chi.

Tzu Chi Medan dan Palang Merah Indonesia Teken MoU Soal Donor Darah

Tzu Chi Medan dan Palang Merah Indonesia Teken MoU Soal Donor Darah

25 Oktober 2018

Palang Merah Indonesia Provinsi Sumatera Utara dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Medan menandatangani MoU dalam hal donor darah. Penandatanganan MoU diadakan pada 18 Oktober 2018, di mana Palang Merah Indonesia akan mendukung Yayasan Buddha Tzu Chi dengan menyediakan tim medis dan juga bersedia memberikan sosialisasi atau edukasi tentang donor darah ke masyarakat.

Mengajak Warga Bogor Besumbangsih Lewat Donor Darah

Mengajak Warga Bogor Besumbangsih Lewat Donor Darah

20 Oktober 2023

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat (Xie Li Bogor) bekerja sama dengan Mall BTM Bogor mengadakan kegiatan donor darah pada Sabtu, 7 Oktober 2023.

The beauty of humanity lies in honesty. The value of humanity lies in faith.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -