Antusiasnya Siti Ma’rifah, Putri Wakil Presiden RI Mengunjungi Tzu Chi Center

Jurnalis : Khusnul Khotimah, Fotografer : Khusnul Khotimah

Ibu Siti Ma’rifah saat tur Aula Jing Si. Sebagai seorang dosen yang aktif mengajar, beliau sangat related dengan nilai-nilai dan cinta kasih yang diterapkan dalam penyaluran bantuan Tzu Chi kepada masyarakat.

Ibu Siti Ma’rifah sudah lama mendengar tentang kiprah Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang sangat peduli pada masyarakat yang dilanda kesusahan. Bagi putri Wakil Presiden RI Maruf Amin ini, apa yang dipraktikkan Tzu Chi sejalan dengan apa yang diajarkan dalam Islam bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak memberikan manfaat bagi orang lain.

“Ini sesuai dengan yang kami pahami, dengan yang dilaksanakan oleh Tzu Chi,” katanya. Berkunjung ke Tzu Chi Center Pantai Indah Kapuk, pada Senin 18 Desember 2023 untuk yang pertama kalinya, Ibu Siti Ma’rifah mengaku sangat antusias.

“Ini adalah Tzu Chi Center yang merupakan kantor pusat Yayasan Buddha Tzu Chi di Indonesia yang mana ada 18 kantor cabang, tapi ini adalah pusat utamanya. Kegiatan pelatihan training yang terpusat ada di sini, juga donasi, administrasi, dan rancangan kegiatan yang berskala nasional,” terang Hong Tjhin Sekretaris Umum Tzu Chi Indonesia pada Siti Ma’rifah.

Ibu Siti Ma’rifah sangat antusias ketika berkeliling Tzu Chi Center, mulai Aula Jing Si, Tzu Chi School, hingga Tzu Chi Hospital.

Diajak tur berkeliling Aula Jing Si tepatnya di Exhibition Hall, Ibu Siti Ma’rifah akhirnya tahu bagaimana sejarah Tzu Chi, hingga kini sudah tersebar di 54 negara. Selain tur Aula Jing Si, beliau juga diajak mampir ke Tzu Chi School dan Tzu Chi Hospital.

“Luar biasa berkunjung ke sekolah, melihat fasilitasnya dan ke rumah sakit. Kami dari Yayasan Al Jihad Shalahuddin Al Ayyubi kebetulan lokasinya tidak terlalu jauh, sudah tentu ingin melihat dari dekat, bagaimana Yayasan Buddha Tzu Chi ini mengembangkan visi misinya dalam membangun dan juga memberikan kasih sayang untuk membantu banyak orang,” katanya.

Dalam kunjungannya ini, Ibu Siti Ma’rifah datang bersama para pengurus Yayasan Al Jihad Shalahuddin Al Ayyubi yang diketuainya. Yayasan ini merupakan lembaga pendidikan yang berpusat di Jalan Papanggo, Tanjung Priok Jakarta Utara.

Ibu Siti Ma’rifah melihat fasilitas rumah sakit yang sangat canggih juga tenaga medis yang begitu humanis.

Sebagai seorang pendidik, Ibu Siti Ma’rifah salut dengan pelajaran dan praktik budi pekerti yang sangat ditekankan di Tzu Chi School. Di zaman yang kian modern, budi pekerti atau akhlak memang harus terus diperkuat.

“Kan memang sekarang ini materi agama, materi budi pekerti ini semakin minim, saya rasa fungsi sekolah, fungsi keluarga ini harus disinergikan untuk membangun ketahanan dari anak-anak kita. Ketahanan itu kan tidak hanya ketahanan pangan ya, tapi ketahanan mental, ini harus dibangun dan itu dimulai dari pendidikan dini,” tambah Ibu Siti Ma’rifah.

Ibu Siti Ma’rifah juga berharap ke depan, Yayasan Al Jihad Shalahuddin Al Ayyubi bisa berkolaborasi dengan Tzu Chi Indonesia. “Di Indonesia ini banyak sekali yang perlu kita bantu, yang harus kita berikan kesempatan untuk mengembangkan potensi diri, misalnya di pendidikan untuk kalangan tidak mampu. Juga kesehatan, bagaimana menjangkau fasilitas atau sarana kesehatan yang diperlukan masyarakat kita, tidak hanya kesehatan dalam arti pengobatan, tapi juga preventif,” pungkasnya.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Koin Cinta Kasih Perdana dari Tzu Chi Hospital

Koin Cinta Kasih Perdana dari Tzu Chi Hospital

30 Desember 2021

Keluarga besar Tzu Chi Hospital mengadakan kegiatan penuangan celengan bambu Tzu Chi untuk pertama kalinya yang diselenggarakan di lobi utama Tzu Chi Hospital.

Peresmian Ruang Paliatif Tzu Chi Hospital

Peresmian Ruang Paliatif Tzu Chi Hospital

18 Oktober 2022

Tzu Chi Hospital terus mengembangkan layanan kesehatan untuk masyarakat dengan membuka Layanan Perawatan Paliatif. Salah satu layanan unggulan Tzu Chi Hospital ini bertujuan agar pasien dan keluarganya mendapatkan kualitas hidup yang prima dan kenyamanan hidup yang optimal.

Tzu Chi Hospital Siap Melayani Anda

Tzu Chi Hospital Siap Melayani Anda

01 Oktober 2021

Hari ini, 1 Oktober 2021, Tzu Chi Hospital Pantai Indah Kapuk memulai membuka layanan rawat jalan dengan 27 Poliklinik yang sudah bisa melayani pasien ditambah dengan layanan penunjang lainnya.

Tiga faktor utama untuk menyehatkan batin adalah: bersikap optimis, penuh pengertian, dan memiliki cinta kasih.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -