Berbagi Berkah dan Perhatian menyambut Imlek di Tzu Chi Hospital

Jurnalis : Arimami Suryo A, Fotografer : Arimami Suryo A

Aron Hong, pasien rawat inap Tzu Chi Hospital dan salah satu staf Tzu Chi Hospital yang berpakaian seperti Dewa Rezeki saling bercanda setelah pemberian bingkisan Imlek.

Siang itu Aron Hong (11), pasien rawat inap di Tzu Chi Hospital asal Gunung Sindur, Kabupaten Bogor kaget sekaligus senang. Salah satu staf Tzu Chi Hospital yang berpakaian seperti Dewa Rezeki menghampirinya bersama relawan pemerhati. Setelah menyapa, kemudian sebuah angpau, jeruk, dan lampion mini satu persatu diserahkan kepada Aron dalam rangka menyambut Imlek.

Dibawain angpau, trus jeruk. Senang dan terharu, karena ramah dan baik sekali dikasih ginian,” kata Aron. Walaupun sedang sakit, tapi Aron tetap terlihat ceria dan menjawab semua pertanyaan dari relawan pemerhati dan staf Tzu Chi Hospital. Sesekali celetukannya membuat seisi ruangan terasa hangat dan penuh canda.

Selain angpau dan jeruk, Aron juga senang mendapatkan lampion hasil kreativitas dari para relawan pemerhati Tzu Chi Hospital. Sesekali ia memainkan lampion mini. “Ini bagus dan kreatif, dikasih tali jadi bisa buat gantungan. Dokter disini juga baik, ramah, dan perhatian,” ungkap Aron.

Relawan pemerhati dan manajemen Tzu Chi Hospital mengunjungi kamar pasien rawat inap Tzu Chi Hospital untuk memberikan bingkisan Imlek.

Nancy (42), ibu dari Aron juga terharu melihat para relawan pemerhati dan staf Tzu Chi Hospital yang memberikan bingkisan menyambut Imlek kepada anaknya. “Terharu, jarang seperti ini. Kalau di tempat lain pasien ya pasien aja. Kalau disini lain sih, kita diperhatiin banget,” ucap Nancy. Ia pun merasa perhatian yang diberikan Tzu Chi Hospital kepada keluarganya begitu sarat makna.

“Bukan dilihat dari nilainya, tapi perhatiannya walaupun sederhana. Ternyata hal-hal yang kecil itu bisa membuat senang dan kita jadi teringat manusia itu ya seperti ini,” terang Nancy.

Begitu pula dengan Antony (40), yang juga salah satu pasien rawat inap di Tzu Chi Hospital yang kaget dan senang saat dikunjungi relawan pemerhati dan manajemen Tzu Chi Hospital. Saat disapa, ia sedang ditemani istrinya. Setelah dijelaskan maksud dan tujuan kedatangan, dengan penuh sukacita Antony menerima bingkisan Imlek. “Kaget dan surprise dibawain jeruk, lampion, dan angpau dari Taiwan. Pokoknya senang,” jelas Antony singkat.

Dr. Gunawan Susanto, Direktur Utama Tzu Chi Hospital ikut memberikan langsung bingkisan Imlek kepada pasien berupa Angpau Berkah dan Kebijaksanaan dari Master Cheng Yen. 

Sederhana Tapi Syarat Makna
Menyambut Imlek 2024, relawan pemerhati dan manajemen Tzu Chi Hospital membagikan bingkisan Imlek kepada para pasien rawat inap pada Selasa, 6 Februari 2024. Bingkisan tersebut berupa Angpau Berkah dan Kebijaksanaan dari Master Cheng Yen, jeruk, dan lampion mini dari kertas hasil kreasi dari relawan pemerhati Tzu Chi Hospital.

“Dua minggu buatnya. Rencana dibagi untuk pasien-pasien dalam rangka Imlek. Ini ide dari relawan-relawan pemerhati semuanya. Lalu saya bikin lampion dan akhirnya kita bikin sama-sama dengan relawan pemerhati lainnya. Semoga pasiennya bisa ikut happy mendapatkan lapion buatan relawan-relawan dan semoga pasiennya cepat sembuh,” ungkap Weny, salah satu relawan Tzu Chi yang menjadi relawan pemerhati Tzu Chi Hospital.

Weny, relawan pemerhati Tzu Chi Hospital didampingi dr. Dewi Mustika dan staf Tzu Chi Hospital yang berpakaian seperti dewa menyerahkan bingkisan Imlek kepada Antony, pasien rawat inap Tzu Chi Hospital.

Tentunya kolaborasi dengan para relawan pemerhati dalam rangka menyambut Imlek ini juga disambut baik oleh manajemen Tzu Chi Hospital. Kepala Bidang Penunjang Medis Tzu Chi Hospital, dr. Dewi Mustika yang ikut berkeliling ke pasien rawat inap untuk membagikan bingkisan Imlek juga merasa senang dapat berbagi dengan para pasien. 

“Jadi kita ingin memberikan sedikit perhatian sehingga mereka juga merasa senang. Meskipun di satu sisi mereka menderita karena sakit, tetapi di sisi lain mereka mendapat perhatian dari pihak Tzu Chi Hospital,” ungkap dr. Dewi Mustika.

Relawan pemerhati dan manajemen Tzu Chi Hospital yang berpartisipasi dalam kegiatan ini berfoto bersama di lobi Tzu Chi Hospital dengan membawa bingkisan Imlek yang dibagikan kepada pasien.

Hampir semua pasien yang didatangi relawan pemerhati dan manajemen Tzu Chi Hospital terlihat senang dan kaget. Tak lupa para pasien dan keluarga mengucapkan terima kasih untuk perhatian yang diberikan Tzu Chi Hospital.

“Setelah tahu bahwa kita membagikan bingkisan mereka juga merasa senang dan kebetulan semuanya juga merayakan Imlek. Mereka juga mungkin merasa ini sebagai suatu berkah yang mereka dapatkan dan terharu karena perhatian dari Tzu Chi Hospital cukup besar,” kata dr. Dewi Mustika.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Paket Cinta Kasih di Hari Imlek

Paket Cinta Kasih di Hari Imlek

13 Februari 2024

Menyambut hari Raya Imlek 2024 Tzu Chi Singkawang menyiapkan sejumlah paket Imlek dan angpau untuk para Lansia di Yayasan Panti Werdha Sinar Abadi dan penerima bantuan Tzu Chi Singkawang.

Paket Cinta Kasih Imlek di Tualang, Riau

Paket Cinta Kasih Imlek di Tualang, Riau

26 Januari 2023

Menjelang Imlek, 35 warga kurang mampu di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau mendapatkan bantuan paket sembako dari relawan Tzu Chi APP Sinar Mas pada Kamis, (19/1/23). 

Menyambut Imlek, Tzu Chi Makassar Bagikan 579 Paket Cinta Kasih

Menyambut Imlek, Tzu Chi Makassar Bagikan 579 Paket Cinta Kasih

05 Februari 2024

Menyambut Imlek, Tzu Chi Makassar membagikan paket cinta kasih bagi warga prasejahtera Tionghoa. Selama pembagian paket, terlihat senyum kebahagiaan terpancar dari wajah para penerima. Mereka merasa dihargai dan dicintai.

Kita sendiri harus bersumbangsih terlebih dahulu, baru dapat menggerakkan orang lain untuk berperan serta.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -