Apotik Hidup untuk Jaga Kesehatan Keluarga

Jurnalis : Elen Maizar (Tzu Chi Cabang Sinar Mas) , Fotografer : Dokumentasi Xie Li Ketapang 1

Relawan Tzu Chi menanam berbagai jenis rempah di sekitar perumahan Emplasmen Kayung.

Menjaga kesehatan keluarga bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya dengan menyediakan tanaman obat keluarga (TOGA) di pekarangan rumah. Inilah yang dilakukan para relawan Tzu Chi di Xie Li Ketapang 1 yang tinggal di Perumahan Staf Emplasmen Kayung, Desa Sungai Kelik, Kecamatan Nanga Tatap, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, pada Rabu (24/1/24).

Penanaman TOGA ini merupakan kegiatan perdana bagi relawan Dharma Wanita di Xie Li Ketapang 1 yang mulai aktif kembali. Ada beberapa tanaman apotik hidup yang ditanam, seperti kunyit, jahe,  daun kemangi,  kencur, daun katuk, belimbing wuluh, temulawak, bawang dayak, lidah buaya, dan lain sebagainya.

Tanaman TOGA tidak hanya untuk obat tetapi juga bisa dijadikan bumbu masak. Relawan berharap tanaman TOGA ini bisa menciptakan lingkungan yang asri.

“Saya senang hari ini kita bareng-bareng menanam tanaman toga. Meski sederhana tapi kita tahu banyak manfaat dari rempah-rempah ini,” ujar Farrah, Pembina relawan Dharma Wanita Xie Li Ketapang 1.

“Dengan adanya apotik hidup yang tak jauh dari tempat tinggal kita, tentu saja akan sangat bermanfaat, baik nantinya digunakan sebagai obat tradisional yang sifatnya mencegah atau mengobati berbagai penyakit akut hingga kronis sekalipun, sebagai bumbu pelengkap masakan atau menambah nilai estetika tersendiri jika tertanam dengan tertata rapi,” sambungnya.

Lidah buaya yang memiliki banyak manfaat juga ditanam relawan.

Pemanfaatan lahan sekitar perumahan dengan tanaman TOGA ini diharapkan bisa memicu kreativitas relawan dalam pengolahan hasil rempah sekaligus menciptakan lingkungan yang asri dan sehat.

"Dengan membaur di dalam kehidupan bermasyarakat dan melakukan sesuatu secara nyata, baru kita mengenal kehidupan yang sesungguhnya" (Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

 Semangat Pelestarian Lingkungan di Festival Tzu Chi Xie Li Kampar

Semangat Pelestarian Lingkungan di Festival Tzu Chi Xie Li Kampar

14 Agustus 2019

Festival Tzu Chi Xie Li Kampar, merupakan kegiatan perlombaan yang dibalut suasana pameran karya-karya yang terkait dengan pelestarian lingkungan. Antusiasme peserta terlihat dengan hadirnya 16 stan makanan vegetarian dan tanaman obat keluarga serta 18 stan produk daur ulang.

Berbagi Berbagi Hasil Tanaman Obat Keluarga kepada Masyarakat

Berbagi Berbagi Hasil Tanaman Obat Keluarga kepada Masyarakat

11 Desember 2020
Para relawan Tzu Chi di Xie Li Kalimatan Timur 1 memanen kunyit yang merupakan hasil TOGA, Tanaman Obat Keluarga. Kunyit yang dipanen ini menghasilkan 150 botol jamu yang kemudian dibagikan pada masyarakat sekitar. Dalam kegiatan ini relawan juga membagikan 250 masker kain. 
Melestarikan Lingkungan dengan Tanaman Obat Keluarga

Melestarikan Lingkungan dengan Tanaman Obat Keluarga

10 April 2019

Lingkungan yang dijaga dengan baik akan membawa kebaikan pula. Berbagai manfaat dapat diperoleh dengan pemanfaatan lahan di lingkungan sekitar, salah satunya melalui toga, atau Tanaman Obat Keluarga. Melalui kegiatan penanaman toga, relawan bergerak menjaga kelestarian lingkungan sekitarnya dan memanfaatkannya untuk kesehatan.

Umur kita akan terus berkurang, sedangkan jiwa kebijaksanaan kita justru akan terus bertambah seiring perjalanan waktu.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -