Bahu-membahu Meringankan Kesulitan Masyarakat Pekanbaru yang Terdampak Covid-19

Jurnalis : Kho Ki Ho (Tzu Chi Pekanbaru), Fotografer : Tommy Sulianto, Mikey (Tzu Chi Pekanbaru)


Tzu Chi Pekanbaru menyerahkan secara simbolis 3.320 paket sembako kepada Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya, Kapolresta Pekanbaru, dan Kol. Inf Edi Budiman, Dandim 0301/Pekanbaru. Penyerahan bantuan ini berlangsung di Kantor Tzu Chi Pekanbaru, Jl Rajawali pada sore 29 April 2020.

Dalam kerjasamanya bersama POLRI dan TNI untuk penyaluran bantuan paket sembako, Tzu Chi Pekanbaru menyerahkan secara simbolis 3.320 paket sembako kepada Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya, Kapolresta Pekanbaru, dan Kol. Inf Edi Budiman, Dandim 0301/Pekanbaru yang berlangsung di Kantor Tzu Chi Pekanbaru, pada sore 29 April 2020. Paket sembako terdiri dari beras 10 Kg, Minyak 1 Liter, Gula 1 Kg, Bihun 1 bungkus, Mi Telur 3 bungkus, DAAI Mi 5 bungkus, dan Masker 2 buah. Sembako ini dikemas dalam kotak dengan rapi sehingga mudahk dibawa.


Untuk Polsek Sukajadi, bantuan langsung disalurkan kepada warga terdampak Covid-19 setelah acara serah terima oleh pasukan Babinsa dan Babinkamtibnas.


Penyerahan kepada warga oleh Kapolres Pekanbaru, Dandim Pekanbaru, dan relawan Tzu Chi Pekanbaru. Ibu Murse bersyukur menerima paket sembako dan berharap wabah segera berlalu, sehingga bisa kembali bekerja. 

Paket ini mulai disalurkan sejak 21 April 2020 (saat acara gerakan Bakti Sosial POLDA Riau peduli Covid19) hingga saat ini kepada masyarakat secara langsung dari rumah ke rumah warga yang terdampak Covid-19 oleh personil Bhabinkamtibnas dan Babinsa serta ojek online. Kapolresta Pekanbaru yang menyerahkan langsung ke rumah warga menyampaikan apresiasi kepada Yayasan Buddha Tzu Chi.


Paket sembako terdiri dari beras 10 Kg, Minyak 1 Liter/ Gula 1 Kg, Bihun 1 bungkus, Mi Telor 3 bungkus, Daai Mie 5 bungkus, dan 2 lembar masker. 

“Ini merupakan hal yang luar biasa, kita harus memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Yayasan Tzu Chi atas inisiatif dan niatnya membantu warga kita di kota Pekanbaru dalam rangka mengurangi beban masyarakat yang saat ini terkena dampak pademi covid,” sambutan Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya, Kapolresta Pekanbaru.

Sedangkan Kol. Inf Edi Budiman, Dandim 0301/Pekanbaru berharap apa yang dilakukan Yayasan Buddha Tzu Chi ini menjadi inspirasi bagi semua orang.

“Semoga inisiatif ini menjadi motor atau inspirasi bagi warga pekanbaru yang sudi kiranya mengikuti jejak dari Buddha Tzu Chi ini untuk berbagi kepada masyarakat Pekanbaru yang terdampak Covid-19”, ujar Kol. Inf Edi Budiman, Dandim 0301/Pekanbaru.

 

Pembagian paket saat Gerakan Bhakti Sosial Serentak tanggal 21 April 2020.

Penerima paket, Ibu Murse (53) terdampak wabah covid19, karena selama ini ia bersama anaknya berjualan di sekolah. Karena sekolah diliburkan maka ia tidak bisa berjualan. Ia bersyukur menerima paket sembako dan berharap wabah segera berlalu, sehingga bisa kembali bekerja.

Alhamdullilah, Awak berterima kasih banyak atas bantuan ini, semoga Covid-19 segera berlalu,” tuturnya.


Indra, anggota Bhabinkamtibnas yang sudah enam tahun bertugas di Kelurahan Pulau Karomah, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru. Saat menjalankan tugas penyaluran bantuan ini, ikut merasakan sukacita.

Indra, anggota Bhabinkamtibnas yang sudah enam tahun ditempatkan di Kelurahan Pulau Karomah, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru mengatakan bahwa dalam penentuan warga yang berhak menerima, ia berkoordinasi dengan Babinsa, dan RW sehingga bisa lebih tepat sasaran. Bantuan tidak dibagi rata ke tiap RW tapi diprioritaskan kepada warga yang lebih membutuhkan. Saat menjalankan tugas penyaluran bantuan ini, ia merasakan suka cita.

“Melihat warga senang, antusias, kami ikut senang, bahkan mungkin kami lebih senang dari mereka, walaupun kami menyerahkan untuk dia, mereka senang, kami pun ikut senang” ujar Indra dengan senyum yang lebar.

Editor: Khusnul Khotimah


Artikel Terkait

Bahu-membahu Meringankan Kesulitan Masyarakat Pekanbaru yang Terdampak Covid-19

Bahu-membahu Meringankan Kesulitan Masyarakat Pekanbaru yang Terdampak Covid-19

05 Mei 2020

Tzu Chi Pekanbaru menyerahkan 3.320 paket sembako kepada Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya, Kapolresta Pekanbaru, dan Kol. Inf Edi Budiman, Dandim 0301/Pekanbaru, secara simbolis, pada 29 April 2020. Dalam penyaluran bantuan ini, Tzu Chi Pekanbaru bekerjasama dengan POLRI dan TNI.

Memiliki sepasang tangan yang sehat, tetapi tidak mau berusaha, sama saja seperti orang yang tidak memiliki tangan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -