Baksos Donor Darah di Penghujung Tahun

Jurnalis : Pipi (Tzu Chi Padang), Fotografer : Pipi (Tzu Chi Padang)

Tzu Chi Padang bekerja sama dengan PMI Kota Padang mengadakan baksos donor darah. Dalam kegiatan ini berhasil terhimpun 203 kantong darah.

Di penghujung tahun 2023 tepatnya pada Minggu, 3 Desember 2023, Tzu Chi Padang kembali mengadakan bakti sosial donor darah yang diadakan di Kantor Tzu Chi Padang. Kegiatan ini selalu rutin diadakan setiap tiga bulan sekali dan bekerja sama dengan PMI Kota Padang.

Sejak pagi, para relawan Tzu Chi Padang sudah datang untuk mempersiapkan konsumsi untuk para calon peserta donor darah. Konsumsi tersebut merupakan donasi dari para relawan seperti Irwan Tjioe Shixiong yang pagi pagi sekali sudah merebus telor sebanyak 300 butir. Begitu pula dengan Christianto Wimarho Shixiong yang setiap kegiatan donor selalu menyiapkan bakmi jawa sebanyak 9 kg yang mana mi tersebut di masak langsung di tempat yang sudah disediakan oleh Tzu Chi Padang.

M. Rusdi, peserta donor darah yang berasal dari Kota Pariaman mendapat bingkisan berupa beras 5 kg dari Tzu Chi dan bingkisan dari PMI yang juga diterima oleh para peserta donor darah lainnya dalam kegiatan ini.

Pada pukul 07.30 WIB, para peserta donor darah sudah mulai datang untuk pendaftaran. Para peserta ini bukan hanya berasal dari Kota Padang tetapi juga dari luar kota seperti M. Rusdi (48) yang berasal dari Kota Pariaman. M. Rusdi sudah lama tinggal di Kota Pariaman dan bekerja sebagai sekuriti di sebuah bank. Bersama dengan 31 orang lainnya, M. Rusdi berangkat dari Kota Pariaman ke ke Kantor Tzu Chi Padang dengan didamping relawan Tzu Chi.

“Sejak tau dengan Yayasan Buddha Tzu Chi, hati saya tergerak selalu untuk ikut mendonorkan darah. Setiap dapat kabar dari Tzu Chi untuk donor saya sangat senang meskipun jarak tempuh dari tempat saya ke Kota Padang lumayan jauh. Jadi saya sangat senang bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah untuk membantu orang lain,” ungkap M. Rusdi.

Christianto Wimarho Shixiong dibantu relawan Tzu Chi Padang lainnya menyiapkan konsumsi untuk para peserta donor darah yang diadakan Tzu Chi Padang.

Dalam kegiatan ini, sebanyak 203 orang berhasil mendonorkan darahnya. Selain disediakan konsumsi, Tzu Chi Padang juga menyiapkan beras berukuran 5 kg yang nantinya akan dibagikan kepada masing-masing peserta yang sudah selesai mendonorkan darahnya.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Membangkitkan Cinta Kasih Melalui Sosialisasi Donor Darah

Membangkitkan Cinta Kasih Melalui Sosialisasi Donor Darah

15 Juni 2017

Relawan Tzu Chi di Pekanbaru turut menyukseskan kegiatan donor darah yang digelar Unit transfusi darah (UTD) PMI Kota Pekanbaru selama bulan puasa. Kegiatan ini merupakan lahan pelatihan bagi relawan Tzu Chi.

Bermanfaat untuk Masyarakat Umum

Bermanfaat untuk Masyarakat Umum

27 Mei 2014 Darah merupakan cairan tubuh yang memiliki peranan penting dalam tubuh manusia. Jika tubuh kita sedang mengalami pendarahan hebat, baik karena kecelakaan maupun operasi, tubuh kita akan memerlukan transfusi darah. Tetapi seringkali persediaan darah tidak seimbang dibandingkan dengan permintaan darah yang diperlukan oleh pasien di berbagai rumah sakit setempat.
Donor Darah di Masa Pandemi

Donor Darah di Masa Pandemi

01 April 2021

Tzu Chi Singkawang bekerja sama dengan PMI dan PFKPM Singkawang menyelenggarakan Baksos Kesehatan Donor Darah, Minggu, 28 Maret 2021.

Jangan takut terlambat, yang seharusnya ditakuti adalah hanya diam di tempat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -