Donor Darah di Tzu Chi Palembang, Melayani dengan Cinta Kasih

Jurnalis : Christine Yuliana (Tzu Chi Palembang) , Fotografer : Christine Yuliana, Albert, Carsya (Tzu Chi Palembang)
Tampak para donor rileks saat proses pengambilan darah.

“Cinta kasih bukan didapat dari orang lain, melainkan harus dari tindakan nyata diri sendiri, yaitu bersumbangsih tanpa syarat dan melakukan segala sesuatunya sebaik mungkin”
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Kegiatan donor darah merupakan ladang berkah yang luar biasa, baik untuk donor maupun relawan yang ikut bersumbangsih. Dengan mendonorkan darah, kita bisa ikut menyelamatkan nyawa orang lain. Apalagi permintaan akan darah semakin hari semakin banyak, sehingga kegiatan donor darah ini telah menjadi agenda rutin dari misi kesehatan Tzu Chi.

Komunitas relawan Tzu Chi di Tamken bekerja sama dengan PMI Kota Palembang kembali mengadakan donor darah, Minggu 7 Januari 2024. Donor darah ini berlangsung di Sekolah Kusuma Bangsa Kota Palembang yang berlangsung dari pukul 08.00 – 12.00 WIB. Sebanyak 32 relawan bergotong-royong menyukseskan donor darah ini dengan penuh semangat dan sukacita.

Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Dr. Harryo Sugihartono SIK. MH. di sela kunjungannya.

Kapolrestabes Kombes Pol Dr. Harryo Sugihartono SIK MH menyempatkan diri datang meninjau langsung donor darah ini. Ia menyampaikan apresiasinya kepada Tzu Chi yang rutin melakukan kegiatan sosial yang berguna untuk masyarakat.

Warga Palembang juga sangat antusias dengan donor darah ini. Sebanyak 176 calon donor datang mendaftarkan diri. Sebelum mendonorkan darah, calon donor diarahkan ke pos pengecekan kadar HB (Hemoglobin) untuk memastikan bahwa kadar HB sesuai dengan standar.

Melayani Dengan Cinta Kasih
Dari donor darah ini, PMI berhasil mengumpulkan 145 kantong darah. Dedi Yusmantoro yang merupakan seorang pendonor aktif sudah beberapa kali mengikuti kegiatan Tzu Chi yang diakan di sekolah ini. Ia memuji pelayanan yang diberikan relawan Tzu Chi.  “Pelayanannya bagus, sangat baik. Relawannya juga sangat baik,” ujarnya.

Dedi Yusmantoro bersama sang istri mendaftarkan diri untuk donor darah.

Anderson Jamil terlihat tenang dan nyaman saat proses pengambilan darah.

Sikap relawan yang ramah dan perhatian juga membuat Anderson Jamil merasa nyaman. “Sangat bagus, sangat maksimal ya. Kami sebagai pendonor merasa terlayani dan dihargai,” ungkapnya.

Koordinator kegiatan, Andi Sudarwi mengungkapkan pengalaman pertamanya ini. “Yang paling berkesan adalah tim relawan yang sangat semangat dalam bekerja sama untuk membagikan cinta kasih kepada semua, khususnya kepada pendonor. Harapan saya relawan terus bisa bertambah yang baru, yang bisa terus membangun kebersamaan,” sambungnya.

Relawan dengan sigap dan penuh kesabaran memberikan minum kepada seorang donor yang merasa pusing setelah selesai diambil darahnya.

Sama halnya dengan Lusiana Lie, yang merasa bahagia dapat bersumbangsih waktu dan tenaga pada donor darah ini. “Bagi saya mengikuti kegiatan donor darah di Tzu Chi membuat saya bangga dan happy. Saya merasa enak dan nyaman, dan dapat banyak ilmu dalam kegiatan tersebut,” ucapnya dengan penuh semangat.

Dengan bersumbangsih melalui setetes darah dan melayani dengan cinta kasih, maka tanpa kita sadari telah menyelamatkan serta memberikan kebahagian kepada orang lain yang menerimanya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Menyehatkan Tubuh dan Menolong Sesama

Menyehatkan Tubuh dan Menolong Sesama

12 Juni 2023

Donor darah yang digelar Tzu Chi Lampung pada Sabtu 3 Juni 2023 berhasil menghimpun 76 kantong darah.  Alesius Bunawan, koordinator kegiatan mengatakan ada peningkatan.

Sukacita Bersumbangsih

Sukacita Bersumbangsih

17 Maret 2015 Hari Minggu, 8 Maret 2015 Tzu Chi Bali mengadakan acara donor darah yang  rutin diadakan setiap 3 bulan sekali. Pada kesempatan ini, donor darah diadakan di lantai 1 kantor Tzu Chi Bali Lantai 1. Walaupun cuaca pagi itu gerimis namun tidak menyurutkan niat relawan dan pendonor untuk mengikuti acara donor darah.
Donor Darah di Masa Pandemi Covid-19

Donor Darah di Masa Pandemi Covid-19

25 Juni 2021

Pada Minggu 20 Juni 2021, Komunitas Xie Li Kemuning bersama dengan PMI Kota Palembang mengadakan donor darah di Depo Pendidikan Pelestarian Lingkungan Tzu Chi yang bertempat di Jl. Sungai Sedapat RT.41 Kelurahan Sukajaya, Palembang.

Bertambahnya satu orang baik di dalam masyarakat, akan menambah sebuah karma kebajikan di dunia.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -