Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-140: Memberi Terang di Tanah Minang

Jurnalis : Arimami Suryo A, Fotografer : Arimami Suryo A

Dalam setiap Baksos Kesehatan Tzu Chi, para pasien katarak yang sebelumnya penglihatannya buram kembali menjadi terang setelah menjalani operasi.

Hendri Satria Leksana (23), kakak dari Agus Rianto (9) pasien bibir sumbing asal Kabupaten Pasaman dalam Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-140 di Kota Padang, Sumatera Barat tampak bersukacita setelah adiknya keluar dari ruang operasi. Sambil dibantu oleh para relawan Tzu Chi Padang, Hendri pun terus mendampingi adiknya saat akan dibawa menuju ruang pemulihan di RS Tentara Dr. Reksodiwiryo, Padang.

Agus sejak lahir sudah mengalami bibir sumbing sebelah kanan dan kiri. Ayahnya Bustama (67) dan ibunya Sariale (50) pun tak pernah mengira anak kelimanya akan terlahir dengan kelainan (sumbing). Begitu pula dengan kakak-kakaknya. “Kalau namanya keluarga, waktu Agus lahir ya sedih. Ibaratnya kok nggak normal, sedangkan keluarga yang lainnya normal,” ungkap Hendri.

Hendri mendampingi Bustama dan Sariale melihat kondisi Agus dari dekat di ruang pemulihan. Mereka pun terharu dan bersukacita karena bibir sumbing Agus dapat ditangani oleh Tim Medis Tzu Chi Indonesia.

Sebelum bersekolah, keluarga Agus pun mencoba untuk mengoperasinya, namun saat itu operasinya gagal dan Agus menjadi trauma. Setelah bersekolah, keinginan dari diri Agus untuk mengoperasi kembali bibir sumbingnya kembali muncul. “Sekarang sudah kelas 3 sekolah dasar, dia tuh minta sendiri operasi dan suka bilang. ‘Nanti kalau sudah bisa, operasi saja’, gitu,” kata Hendri menceritakan adiknya.

Ternyata harapan Agus agar bibir sumbingnya dapat dioperasi pun terjawab dengan adanya informasi dari Babinsa di wilayah tempat tinggalnya. Berkat informasi tersebut, akhirnya Agus mengikuti proses screening pasien yang diadakan pada 9 September 2023 di SMA Negeri 1 Padang oleh Tim Medis Tzu Chi International Medical Association (TIMA) Indonesia dan lolos untuk dioperasi.

Pada saat pelaksanaan baksos kesehatan, Agus dan Hendri sebagai pendamping mengikuti prosedur pelaksanaan yang dimulai dari tes antigen, pendaftaran, kemudian menuju ruang transit untuk mengganti pakaian untuk operasi dan dipasangkan cairan infus. Hendri yang menunggu di luar ruangan operasi pun harap-harap cemas dan berdoa untuk adik bungsunya tersebut. “Bersyukur sekali sudah bisa sampai sini, jadi keluar dari ruang operasi Insya Allah sudah ganteng… haha,” tandas Hendri.

Tim Medis Tzu Chi Indonesia sedang menangani pasien di ruang operasi bedah pada Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-140 di Kota Padang, Sumatera Barat

Setibanya di ruang pemulihan, Sariale langsung mengucap syukur karena anak bungsunya telah berhasil dioperasi. “Alhamdulillah hirabbil 'alamin, senang melihatnya, sudah bagus, hasil kerja keras dokter,” ucap Sariale dengan mata berkaca-kaca. Bustama, Sariale, dan Hendri kemudian mendekati Agus yang sudah mulai siuman. Dengan seksama mereka melihat kondisi bibir sumbing Agus yang telah selesai ditangani Tim Medis Tzu Chi Indonesia.

“Mewakili keluarga, saya mengucapkan terima kasih untuk Yayasan Budha Tzu Chi telah mengoperasi adik saya. Terima kasih banyak,” kata Hendri.

Katarak Hilang, Melihat Lebih Terang
Rasa bahagia juga menyelimuti pasien lainnya yang telah dioperasi Tim Medis Tzu Chi Indonesia. Rismawati (49) pasien katarak asal Kabupaten Pasaman Barat sangat bersemangat saat perawat TIMA Indonesia akan melepas cangkup dan perban penutup mata pascaoperasi katarak. Sudah tiga tahunan Risamawati menunggu pengelihatannya normal kembali.

Pada saat post-op, kondisi mata kanan Rismawati diperiksa oleh perawat. Setelah dibersihkan, kemudian diganti kembali dengan cangkup dan perban yang baru untuk melindungi mata.

“Dulu sebelum dioperasi pengelihatannya kabur, lama-lama lihatnya kaya berkabut aja,” jelas Rismawati. Sejak pengelihatannya mulai terganggu, ada keinginan untuk mengobati mata kanannya. Namun apa daya, penghasilan suaminya yang bekerja menjadi petani diprioritaskan untuk menafkahi kelima anak Rismawati. “Ada (keinginan operasi), tapi lantaran biayanya nggak ada, jadi ya belum,” ungkap wanita yang sehari-hari menjadi ibu rumah tangga ini.

Saat Babinsa di wilayahnya memberikan informasi akan adanya baksos kesehatan Tzu Chi yang melayani operasi katarak, Rismawati pun tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Ia segera menyiapkan berkas-berkas untuk mendaftar sebagai pasien baksos kesehatan. Saat screening pasien, Rismawati juga lolos dan dapat dioperasi katarak di mata kanannya.

Dengan didampingi relawan Tzu Chi, para pasien katarak menunggu giliran untuk masuk ke ruang operasi mata.

Kebahagiaan Rismawati pun memuncak saat post-op, setelah cangkup dan perban penutup mata kanannya dibuka, ia pun membuka mata dan mengikuti instruksi untuk melihat jari perawat TIMA Indonesia dari jarak tertentu. “Ini berapa?” kata perawat. “Satu…,” jawab Rismawati. “Ini?” lanjut perawat. “Dua..,” sahut Rismawati dengan tegas. Setelah tes mata selesai, lalu perawat memberikan obat kemudian menutup kembali mata kanan Rismawati untuk pemulihan.

“Senanglah (bisa melihat), alhamdulillah. Terima kasih yang sebesar-besarnya buat Buddha Tzu Chi atas pertolongannya sama kami. Kalau bukan karena Buddha Tzu Chi sampai sekarang ya belum operasi,” kata Rismawati.

Terus Membantu Masyarakat yang Membutuhkan
Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia kembali mengadakan Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-140 di Kota Padang, Sumatera Barat. Kegiatan yang bekerja sama dengan Korem 032/Wirabraja, Dinkes Sumatera Barat, dan pihak-pihak lainnya ini juga dalam rangka HUT TNI ke-78 tahun 2023 serta dilaksanakan pada Sabtu-Minggu (23-24 September 2023) di RS Tentara Dr. Reksodiwiryo, Padang.

Ketua Tzu Chi Padang, Widya Kasuma Laurenzi menyerahkan cindera mata kepada Karumkit RS. Tentara Dr. Reksodiwiryo, Padang didampingi Kasi Ter Korem 032/Wirabraja, Kolonel Inf. Indra Padang, S.Sos., M.I. Pol dan perwakilan dari Dinas Kesehatan Sumatera Barat.

Dalam kegiatan ini Tim Medis Tzu Chi Indonesia berhasil melayani pengobatan 75 pasien katarak, 22 pasien pterygium, 21 bibir sumbing, 14 hernia, 19 minor GA, dan 8 minor lokal yang berasal dari wilayah-wilayah di Sumatera Barat seperti: Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Solok, dan lain-lainnya.

Kasi Ter Korem 032/Wirabraja, Kolonel Inf. Indra Padang, S.Sos., M.I. Pol yang mewakili Danrem 032/ Wirabraja sangat menyambut baik kegiatan ini. “Saya sangat mengapresiasi keikutsertaan Buddha Tzu Chi dalam kegiatan ini. Ini adalah merupakan wujud solidaritas kepada sesama. Harapan saya kiranya dapat meringankan beban masyarakat, terlepas dari penderitaaan dan ke depannya kerja sama ini dapat terus berlanjut,” kata Kolonel Inf. Indra Padang, S.Sos., M.I. Pol.

Screening pasien yang dilakukan untuk Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-140 di Kota Padang, Sumatera Barat. Koordinator Baksos Kesehatan Tzu Chi, Dr. Ruth O. Anggraeni juga ikut memeriksa pasien dengan keluhan benjolan di leher.

Setelah acara pembukaan baksos kesehatan, para pasien yang sudah mendaftar juga segera diproses penanganan medisnya. Selain itu dalam kegiatan ini juga diadakan pertukaran cindera mata dari Tzu Chi kepada Korem 032/Wirabraja, RS Tentara Dr. Reksodiwiryo, dan Dinkes Sumatera Barat. Selain itu juga ada penyerahan bantuan kursi roda dan peralatan medis lainnya kepada warga yang membutuhkan.

Ketua Tzu Chi Padang, Widya Kasuma Laurenzi juga sangat bersyukur karena Tzu Chi bisa terus konsisten memberikan bantuan berupa layanan kesehatan khususnya bagi warga yang membutuhkan di wilayah Kota Padang dan sekitarnya.

“Bakti sosial kesehatan ini bertujuan supaya masyarakat terbantu, terutama katarak. Selain itu kita juga ada pelayanan operasi bibir sumbing, hernia, dan minor. Harapan saya masyarakat yang kesulitan dan membutuhkan bisa lebih sehat dan terbantu dengan adanya baksos kesehatan ini,” jelas Widya Kasuma Laurenzi disela-sela kegiatan baksos kesehatan.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-140: Memberi Terang di Tanah Minang

Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-140: Memberi Terang di Tanah Minang

26 September 2023

Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-140 di Tanah Minang berhasil melayani pengobatan 75 pasien katarak, 22 pasien pterygium, 21 bibir sumbing, 14 hernia, dan 27 bedah minor  yang berasal dari Kota Padang dan sekitarnya.

Berbicaralah secukupnya sesuai dengan apa yang perlu disampaikan. Bila ditambah atau dikurangi, semuanya tidak bermanfaat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -