Bakti Kesehatan Donor Darah dan Perawatan Gigi dalam Rangka HUT TNI Angkatan Laut ke-77

Jurnalis : Calvin (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : - Calvin, Beverly Clara (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)

Relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Tanjung Balai Karimun turut menghadiri rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Angkatan Laut ke-77, di Aula Yos Sudarso Markas Komando (Mako) Lanal TBK.

Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Angkatan Laut ke-77 yang jatuh pada 10 September 2022 mendatang. Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) mengadakan kegiatan bakti sosial kesehatan berupa donor darah, dan perawatan Gigi. Kegiatan baksos kesehatan ini dilaksanakan di sejumlah Kapal Perang Repubilk Indonesia (KRI) dan Pangkalan-pangkalan TNI AL di seluruh Indonesia secara serentak.

Yayasan Buddha Tzu Chi Tanjung Balai Karimun pada Selasa, 06 September 2022, menerima undangan dari Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Karimun untuk ikut serta dalam kegiatan Bakti Kesehatan yang bertempat di Aula Yos Sudarso Markas Komando (Mako) Lanal TBK.

Pukul 08.00 WIB, ada enam orang relawan Tzu Chi sudah hadir mengikuti acara. Serangkaian acara dari TNI Angkatan Laut mulai diikuti oleh relawan Tzu Chi, mulai dari Video Conference (Vicon) bersama Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dan menyaksikan baksos kesehatan yang diadakan oleh TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Karimun.

Kepala Balai Pengobatan Lanal TBK, Letda Laut (K/W) dr. Sari Ekawati sedang melakukan pengecekan tensi darah terhadap warga Karimun.

Kepala Balai Pengobatan Lanal TBK, Letda Laut (K/W) dr. Sari Ekawati menjelaskan tujuan kegiatan baksos kesehatan dalam memperingatai HUT TNI Angkatan Laut ke-77. “Untuk memperingati HUT TNI Angkatan Laut ke-77, Pangkalan TNI AL Tanjung Balai Karimun mengadakan donor darah dengan target 50 orang pendonor dan perawatan gigi ada 20 orang yang nantinya dilaksanakan di Balai Pengobatan (BP),” jelas dr. Sari.

Sukmawati Ketua Harian Tzu Chi Tanjung Balai Karimun sangat bahagia karena bisa mendonorkan darah pada HUT TNI Angkatan Laut ke-77. Selama ini ia selalu belum bisa  mendonorkan darahnya karena HB yang tidak normal dan tensi darah yang tidak stabil.

Sukmawati ketua harian Tzu Chi Tanjung Balai Karimun pada kegiatan baksos kesehatan ini sangat bahagia karena bisa mendonorkan darahnya. Pasalnya baru kali pertama Sukma bisa mendonorkan darah. Selama ini sukma selalu terkendala pada Hemoglobin (HB) yang rendah dan tensi darah yang tidak normal.

“Donor darah bagi saya adalah suatu tindakan yang paling nyata untuk dapat membantu orang. Sangat senang bagi saya dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini, apalagi diadakan di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) di seluruh Indonesia. Ini pertanda bahwa ada perhatian terhadap kesehatan masyarakat. Perasaannya sangat senang,” tutur Sukma.

Pada kegiatan donor darah ini Balai Pengobatan Lanal TBK  berhasil mengumpulkan 36 kantung darah dari 51 orang yang telah mendaftar.

Pada kegiatan donor darah ini panitia berhasil  ini sebanyak 51 orang yang mengikuti pemeriksaan donor darah, yang berhasil lolos untuk mendonorkan darahnya ada 36 orang. “Berharap darah yang terkumpul benar-benar bisa bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkan. Semoga semua yang belum lolos untuk mendonorkan darah mesti sehat-sehat untuk bisa mendonor lagi di kesempatan berikutnya,” ungkap Sukmawati.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Donor Darah Di tengah Banjir

Donor Darah Di tengah Banjir

29 Januari 2014 Walaupun jumlah pendonor lebih sedikit dibanding kegiatan donor darah  sebelumnya karena kondisi banjir, tetapi peserta merasa bersyukur donor darah dapat dilakukan dan telah bersumbangsih untuk membantu orang lain yang membutuhkan.
Donor Darah Membantu Sesama

Donor Darah Membantu Sesama

25 November 2021

Minggu, 21 November 2021, Yayasan Buddha Tzu Chi Tanjung Balai Karimun akan kembali mengadakan kegiatan Donor Darah yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) setiap tiga bulan sekali.

Donor Darah, Penyelamat Hidup

Donor Darah, Penyelamat Hidup

21 Agustus 2023

Relawan Tzu Chi Komunitas Xie Li Radial Palembang menjalankan program Kesehatan dalam kegiatan Donor Darah di Kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Palembang pada Minggu, 13 Agustus 2023.

Kesuksesan terbesar dalam kehidupan manusia adalah bisa bangkit kembali dari kegagalan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -