Donor Darah, Sebuah Wujud Kepedulian

Jurnalis : Eli (Tzu Chi Sinar Mas), Fotografer : Dok. Tzu Chi Sinar Mas

Ada 65 orang yang berhasil mendonorkan darahnya.

“Genggamlah kesempatan untuk berbuat kebajikan. Bila hanya menunggu, kesempatan itu akan berlalu dan semuanya akan terlambat.”
(Master Cheng Yen)

Hari Kamis, 18 Juli 2018, Tzu Chi Perwakilan Sinar Mas Xie Li Downstream Marunda bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) unit Bekasi kembali mengadakan kegiatan donor darah. Kegiatan ini telah secara rutin dilaksanakan oleh relawan Tzu Chi Perwakilan Sinar Mas, Xie Li Downstream Marunda sekali dalam empat bulan. Ini merupakan wujud kepedulian para relawan terhadap kebutuhan darah di PMI— untuk para pasien— yang terus meningkat.

Kegiatan donor darah ini diadakan di Auditorium Filma, dimulai dari pukul 08.30 WIB hingga 12.30 WIB. Dengan antusias para karyawan Sinar Mas Agribusiness and Food Refinery Marunda dan pengunjung lainnya yang secara kebetulan berada di lokasi turut serta mendonorkan darah mereka.


Para donor diperiksa lebih dulu kondisi kesehatannya.

Sebanyak 9 orang relawan bahu membahu untuk melaksanakan kegiatan. Relawan bertugas dari tahap registrasi hingga tahap para donor selesai mendonorkan darahnya. Ada 135 orang peserta yang menyumbangkan darah mereka. Banyak diantara mereka yang baru kali pertama mendonorkan darahnya, namun tidak sedikit  juga yang telah rutin mendonorkan darah mereka.

Setiap donor memiliki motivasi masing-masing dalam berdonor, mulai dari rasa ingin tahu, ingin beramal, demi kesehatan, dan bahkan ada yang beralasan untuk menghilangkan rasa takut dari jarum suntik.


Kegiatan ini telah secara rutin dilaksanakan oleh relawan Tzu Chi Perwakilan Sinar Mas, Xie Li Downstream Marunda sekali dalam empat bulan.

Salah satu donor yang baru pertama kali mendonorkan darahnya salah satunya adalah Taufik Ibnu Azis. “Sebenarnya sudah kepengen beberapa kali kalau kantor ngadain donor, tapi baru kali ini kesempatannya dan Alhamdulillah kali pertama dan berhasil. Semoga bisa bermanfaat buat yang membutuhkan,” ungkapnya.

Dari kegiatan donor darah kali ini terkumpul 69 kantong darah. Memang tidak semua pendaftar berhasil mendonorkan darahnya, ada berbagai alasan yang melatarbelakangi hal tersebut mulai dari kurang kurang sehatnya kondisi tubuh donor, tensi dan Hb yang terlalu tinggi ataupun rendah, sedang menyusui, dan berat badan yang kurang dari yang ditetapkan.

Editor: Hadi Pranoto


Artikel Terkait

Sumbangsih Para Pencari Suaka pada Kegiatan Tzu Chi

Sumbangsih Para Pencari Suaka pada Kegiatan Tzu Chi

11 Oktober 2016

Tak ada alasan untuk tidak berbuat baik sekalipun dalam masa sulit. Hal itu dibuktikan para pencari suaka dari Afghanistan yang berada di Jakarta. Mereka ikut bersumbangsih dalam kegiatan donor darah yang digelar oleh Tzu Chi Cabang Sinar Mas, Selasa 4 Oktober 2016 lalu.

Sebersit Niat Baik dan Mengenggam Setiap Kesempatan

Sebersit Niat Baik dan Mengenggam Setiap Kesempatan

05 Maret 2015Sehabis operasi, papa membutuhkan  banyak darah," tambahnya. Pendonor berusia 41 tahun itu menceritakan pengalaman pahit kehilangan keluarga terdekat akibat dari keterlambatan pasokan darah. Pengalaman itulah yang mendorong niat dan tekad Rosanna untuk mendonorkan darahnya. “Selama masih diberi kesempatan untuk donor, saya akan terus melakukannya,” ujarnya.
Donor untuk Keselamatan Jiwa

Donor untuk Keselamatan Jiwa

31 Mei 2017

Dalam memeperingati Hari Waisak, Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi Sedunia, relawan Tzu Chi Aceh  mengadakan kegiatan donor darah yang berlokasi di Vihara Dewi Samudera Banda Aceh pada tanggal 14 Mei 2017. Sebanyak 64 kantong darah berhasil dikumpulkan.

Orang yang memahami cinta kasih dan rasa syukur akan memiliki hubungan terbaik dengan sesamanya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -