Bakti Sosial Donor Darah Ke-2 Tzu Chi Palu

Jurnalis : Sela (Tzu Chi Palu), Melissa (Tzu Chi Jakarta), Fotografer : Ninin Arifin, Ricky Tjui (Tzu Chi Palu)

Untuk kedua kalinya, Tzu Chi Palu melaksanakan kegiatan donor darah yang berlokasi di Kompleks Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako, Palu. Kegiatan ini pun diikuti 37 peserta baik dari masyarakat umum dan relawan.

Tzu Chi Palu bekerja sama dengan PMI Sulawesi Tengah kembali melaksanakan bakti sosial donor darah yang dilaksanakan pada Minggu, 05 Februari 2023 di Kompleks Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako, Palu. Sebanyak 37 peserta yang mendaftarkan diri tidak hanya masyarakat umum, para relawan pun juga ikut serta dalam mendonorkan darahnya dengan harapan dapat membantu orang yang membutuhkan.

Selain donor darah, diadakan pula penyuluhan kesehatan bagi masyarakat dari Kimia Farma.

Kegiatan donor darah ini juga dibarengi dengan penuangan celengan bambu. Para relawan juga menghitung kin-koin cinta kasih yang didapat dari celengan bambu.

Salah satu peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah Alma Adis Pratiwi yang tinggal di Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako. Kegiatan donor darah ini pun menjadi pengalaman pertama baginya. “Senang, karena sebelumnya memang pernah mau donor darah tapi selalu kehalang, terus jadi nggak bisa,ungkap Alma.

Baik peserta donor maupun relawan Tzu Chi merasa sangat terkesan dengan terlaksananya kegiatan donor darah yang tertata rapi dan baik ini. Para pendonor juga senang dengan sambutan relawan yang hangat dan ramah sehingga meningkatkan antusias mereka untuk turut serta pada kegiatan-kegiatan berikutnya.

Setelah kegiatan domor darah selesai, relawan Tzu Chi Palu, sukarelawan, staf Kimia Farma, dan staf PMI Sulawesi Tengah berfoto bersama.

Kegiatan donor darah ini semakin lengkap dengan adanya penuangan celengan bambu dari para peserta dan relawan. Sedikit demi sedikit koin cinta kasih yang dikumpulkan dalam celengan bambu diharapkan dapat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan. Selain itu juga diadakan pemeriksaan kesehatan gratis dari pihak Kimia Farma bagi masyarakat untuk mengetahui penyakit mereka dan informasi pencegahannya. Kegiatan bakti sosial donor darah ini rencananya akan rutin dilaksanakan oleh Kantor Penghubung Tzu Chi Palu setiap tiga bulan sekali pada minggu pertama.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Butuh Tekad untuk Membantu Orang Lain

Butuh Tekad untuk Membantu Orang Lain

13 Desember 2019

Relawan Tzu Chi dari komunitas He Qi  Utara 1 bekerja sama dengan PMI dan Sekolah Permai di Pluit, Jakarta Utara mengadakan kegiatan donor darah. Sebanyak 60 datang untuk mendonorkan darah mereka.

Bersumbangsih Melalui Donor Darah

Bersumbangsih Melalui Donor Darah

16 September 2013 Setetes darah itu juga wujud harapan dari pendonor, agar nantinya semakin banyak orang yang terbantu dengan darah yang mereka berikan. Dan setetes darah itu bukan lagi hanya setetes darah, tapi setetes darah itu merupakan harapan hidup bagi seseorang di luar sana.
Semangat Berdonor Darah Bantu Selamatkan Nyawa Orang Lain

Semangat Berdonor Darah Bantu Selamatkan Nyawa Orang Lain

09 September 2016
Relawan Tzu Chi komunitas KJ2 bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) kembali menggelar kegiatan donor darah. Kegiatan pada Sabtu, 27 Agustus 2016 ini diikuti oleh 83 peserta.
Bertuturlah dengan kata yang baik, berpikirlah dengan niat yang baik, lakukanlah perbuatan yang baik.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -