Aksi 1.000 Kantong Darah

Jurnalis : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung) , Fotografer : Muhammad Dayar (Tzu Chi Bandung)

Yulistina, relawan Tzu Chi mendampingi salah satu donor.

Tzu Chi Bandung kembali mengadakan donor darah bersama PMI Kota Bandung, Senin 10 Juli 2023. Kali ini donor darah diadakan dalam rangka hari jadi Favehotel Hyper Square Bandung yang ke -9 bertempat di Jalan Pasir Kaliki No. 25-27 Bandung. Donor darah ini mengusung tema “Aksi 1.000 Kantong Darah”.

Donor darah ini dimulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Sebelum mendonorkan darahnya calon donor harus melalui menjalani proses registrasi. Lalu dilakukan pemeriksaan fisik mulai dari tinggi badan,  berat badan, dan pemeriksaan hemoglobin (HB) dan golongan darah. Para relawan berbagi tugas mendampingi para donor menjalani pemeriksaan kesehatan agar tetap tertib dan teratur.

Meylani Artjius salah satu donor yang sangat bersemangat mendonorkan darahnya.

Linna Widjadja dari Favehotel menyambut baik donor darah ini.

Meylani Artjius salah donor mengaku senang dengan kegiatan ini. Ia ia mengetahui informasi kegiatan ini dari sosial media dan sengaja datang untuk mendonorkan darahnya. “Sekaligus mau beramal juga,” ceritanya singkat.

Sebanyak 73 orang yang mendaftar, akan tetapi hanya 43 orang yang bisa mendonorkan darahnya. Sebagai informasi, sepanjang tahun 2023, donor darah yang digelar Tzu Chi Bandung bersama PMI Bandung sejauh ini sudah berhasil mengumpulkan 1.034 kantung darah.

Dengan donor darah ini, gerakan 1.000 kantong darah telah tercapai, kegiatan  ini menyumbang 43 kantong darah, maka total tahun ini telah terhimpun 1.034 kantong darah.

“Senang sekali ya, Gan En untuk semuanya, para relawan yang tidak lelah buat acara donor darah dan buat gerakan seribu kantong darah. Semoga kegiatan ini bisa sangat bermanfaat dan juga bisa menggalang hati,” kata Yulistina, relawan Tzu Chi Bandung

Linna Widjadja dari Favehotel Hyper Squere juga sangat senang dapat berkolaborasi dengan Tzu Chi Bandung menggelar acara yang begitu bermanfaat bagi masyarakat ini. “Sebagai ajang untuk bakti kita kepada masyarakat apa lagi dengan Tzu Chi yang sangat bergerak di misi sosialnya kita bisa berkolaborasi dengan baik.” Ujarnya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Menumbuhkan Kebijaksanaan Diri dan Welas Asih dengan Berdonor Darah

Menumbuhkan Kebijaksanaan Diri dan Welas Asih dengan Berdonor Darah

26 September 2023

Komunitas relawan Tzu Chi di Hu Ai Petisah yang merupakan bagian dari Tzu Chi Medan kembali mengadakan donor darah, yang bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Pirngadi, Kota Medan.

Jalankan Puasa, Lakukan Donor Darah

Jalankan Puasa, Lakukan Donor Darah

07 September 2009
Dr Endang Pratiwi, seorang dokter dari PMI menjelaskan, “Tidak apa-apa. Aman-aman saja. (Donor darah) tidak mengganggu puasa dan tidak mengganggu kesehatan selama dia memenuhi syarat-syarat untuk donor.
“Ayo Donor Darah”

“Ayo Donor Darah”

17 September 2010 Sabtu, 4 September 2010 lalu, bertempat di Jing Si Books and Café Pluit, Jakarta Utara, Tzu Chi mengadakan kegiatan donor darah. Karim Baharuddin, relawan He Qi Utara yang menjadi koordinator kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan ini rutin diadakan setiap 3 bulan sekali.
Orang yang mau mengaku salah dan memperbaikinya dengan rendah hati, akan mampu meningkatkan kebijaksanaannya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -