Bantu Konektivitas Pedesaan, Tzu Chi Bandung Bangun Jembatan di Kabupaten Purwakarta

Jurnalis : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Muhammad Dayar (Tzu Chi Bandung)

Peletakan batu pertama pembangunan jembatan gantung di Desa Wanawali, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 21 Desember 2023.

Sungai Ciherang merupakan sungai yang menjadi sumber mata air untuk berbagai kebutuhan warga seperti air minum, sumber air baku bagi kegiatan industri, irigasi untuk pertanian dan lainnya bagi warga di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Sungai ini membentang  sepanjang 53 Km dan lebar 25 meter yang melalui beberapa kecamatan, salah satunya Kecamatan Cibatu dan Pasawahan.

Warga dua kecamatan ini harus menyeberang Sungai Ciherang untuk berbagai aktifitas seperti bertani, anak bersekolah dan aktifitas lainnya. Namun ketika musim penghujan mereka tidak bisa menyebarang  sungai karena derasnya air bahkan bisa membanjiri sawah warga di sekitar sungai. Hal inilah yang mengetuk hati rewalan Tzu Chi Bandung untuk membangun jembatan yang menjadi urat nadi sosial dan ekonomi warga di dua kecamatan ini.

Pada 21 Desember 2023 relawan Tzu Chi Bandung bersama warga dan pemerintah setempat melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan jembatan gantung.

Trimino Putih (kanan) tengah berbincang dengan aparatur pemerintah setempat untuk perencanaan fondasi jemabatan.

Peletakan batu pertama ini disambut antusias warga, tidak hanya warga setempat namun warga kecamatan pun turut hadir menyasikan.

“Tentunya pada masyarakat yang terhubung karena memang banyak warga yang bersekolah di seberang mereka terkendala dan pengorbanannya  sangat tinggi. Mudah-mudahan dengan adanya jembatan ini selain pendidikan juga berkembang, perekonomian berkembang, dan silaturahmi antar desa dapat terlaksana,” ujar Trimino Putih, relawan Tzu Chi Bandung.

Pembangunan jembatan gantung ini disambut baik oleh pemerintah setempat. Dani Abdurahman selaku Staf Ahli Bupati Bidang  Ekonomi dan Pembangunan Kab. Purwakarta mengatakan, adanya jembatan ini nantinya akan menaikkan taraf sosial di kedua kecamatan.

“Sekarang boleh berkumpul dan meninjau kembali, dan memang di sini juga masyarakat supaya aktivitasnya lebih efisien dan perekonomian bisa bergerak dan lebih baik lagi,” tutur Dani Abdurahman.

Dani Abdurahman mengatakan jembatan gantung ini nantinya akan menaikkan taraf sosial di kedua kecamatan.

Sungai dengan lebar 25 meter ini harus dilalui warga di dua kecamatan untuk aktifitas sehari-hari hingga anak-anak yang pergi ke sekolah.

Sebelumnnya warga dan aparat setempat telah membangun dua kali jembatan, namun karena derasnya aliran Sungai Ciherang, jembatan yang  dibangun secara swadaya kembali hancur. Jalinan jodoh Tzu Chi Bandung dengan warga di dua kecamatan pun menjadi harapan baru bagi warga. Diharapkan pembangunan ini selain bisa menaikkan status sosial serta ekonomi warga, juga membawa manfaat yang besar  bagi warga.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Bangun Asa Lewat Pembangunan Jembatan

Bangun Asa Lewat Pembangunan Jembatan

14 Desember 2021

Tzu Chi Sumatera Utara membangun dan meresmikan dua jembatan, satu berada di Desa Simanosor, satu lagi di Desa Manduamas Lama, Kabupaten Tapanuli Tengah.

Pembagian 650 Paket Sembako Ramadan untuk Warga Jembatan Besi

Pembagian 650 Paket Sembako Ramadan untuk Warga Jembatan Besi

10 April 2023

Sebanyak 650 paket Lebaran diberikan kepada warga Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat. Sekolah Candra Naya menjadi tempat pembagian kupon, juga tempat pembagian paket.

Jembatan Penghantar Cita-Cita

Jembatan Penghantar Cita-Cita

13 Juni 2012 Harapan warga Tarajusari dan Tanjungsari, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung Selatan untuk memiliki jembatan yang menghubungkan dua desa ini tak lama lagi akan segera terwujud.
Jika selalu mempunyai keinginan untuk belajar, maka setiap waktu dan tempat adalah kesempatan untuk mendapatkan pendidikan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -