Bantuan Bagi Korban Kebakaran di Teluk Gong

Jurnalis : Arimami Suryo A., Fotografer : Arimami Suryo A.
Relawan Tzu Chi menyerahkan paket bantuan kebakaran kepada warga RT 01/RW 012, Teluk Gong, Penjagalan, Penjaringan, Jakarta Utara yang menjadi korban kebakaran.

Alhamdulillah, saya sangat bersyukur agak lega, dapat bantuan selimut bisa buat tambahan. Terima kasih banyak Tzu Chi selama ini selalu membantu. Dari dua kali kebakaran (2012) selalu memberikan bantuan. Alhamdulillah, Tzu Chi selalu membantu dalam kemanusiaan,” ungkap Ida Rosida (38) warga RT 01/RW 012 yang menjadi salah satu korban kebakaran di Jl. Lindung Pasar Baru, Teluk Gong, Penjagalan, Penjaringan, Jakarta Utara.

Kebakaran besar yang terjadi pada Sabtu siang, 17 Juli 2021 ini diduga berasal dari salah satu kompor di rumah warga. Ratusan rumah yang berada di RT 01/RW 012, Teluk Gong, Penjagalan pun ludes terbakar. Pada saat kejadian, Ida sedang beristirahat siang di kontrakannya. Tiba-tiba, para tetangganya berteriak kebakaran dan Ida pun spontan berlari dengan dua anaknya tanpa dapat menyelamatkan barang-barang. Akibat peristiwa ini pula, sebanyak 272 keluarga di RT 01/RW 012 harus kehilangan tempat tinggal.

Selain memberikan bantuan, relawan Tzu Chi juga mengunjungi lokasi kebakaran dan berinteraksi dengan warga yang bertahan di reruntuhan bangunan yang habis terbakar.

Pemberian kupon paket bantuan kebakaran Tzu Chi diserahkan kepada perwakilan warga dari 9 titik pengungsian untuk mencegah adanya kerumunan di tengah pandemi Covid-19.

Merespon musibah kebakaran tersebut, Tzu Chi Indonesia menyalurkan paket bantuan untuk para korban pada Rabu, 21 Juli 2021. Sebanyak 5 relawan Tzu Chi komunitas He Qi Utara 2 kemudian melihat langsung ke lokasi kebakaran untuk melihat kondisi warga dan dianjutkan dengan pembagian kupon paket bantuan kebakaran Tzu Chi yang bertempat di Aula Kelurahan Penjagalan kepada perwakilan warga dari 9 titik pengungsian yang telah didata sebelumnya.

Sebanyak 270 paket bantuan kebakaran Tzu Chi berupa selimut, handuk, sarung, perlengkapan mandi, sandal, pembalut, pakaian layak pakai, ember, dan air mineral diserahkan kepada warga dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan terkait Covid-19. Bantuan untuk korban kebakaran ini disambut bahagia oleh para warga yang mengungsi.

Liwan Kho, koordinator pembagian paket bantuan kebakaran di Teluk Gong membantu salah satu warga yang menerima bantuan dari Tzu Chi.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh Ketua RT 01/RW 012 Hengky Sumardi mewakili para warga yang menerima paket bantuan kebakaran dari Tzu Chi. “Saya mewakili warga yang terkena musibah kebakaran mengucapkan terima kasih kepada Tzu Chi yang sudah banyak membantu bahkan sudah banyak peduli kepada warga kami,” ungkap Hengky saat pembagian bantuan.

Ida Rosida (38) warga RT 01/RW 012 yang menjadi salah satu korban kebakaran merasa bersyukur mendapatkan bantuan dari Tzu Chi.

Para relawan Tzu Chi komunitas He Qi Utara 2 yang berkesempatan membagikan paket bantuan kebakaran ini juga berharap agar para warga dapat cepat bangkit setelah musibah yang terjadi. “Kami berharap mereka bisa mensyukuri dengan adanya bantuan ini. Walaupun mendapatkan cobaan yang berat, semoga mereka bisa cepat bangkit. Untuk para warga yang mengungsi juga tetap melaksanakan protokol kesehatan terkait pencegahan Covid-19,” ungkap Liwan Kho, koordinator pembagian paket bantuan kebakaran di Teluk Gong.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Jodoh Baik yang Terus Terjalin

Jodoh Baik yang Terus Terjalin

30 Januari 2019

Api yang melalap asrama putri ini menyebabkan sarana dan prasarana para santriwati mengalami kerusakan, mulai dari tempat tidur, kasur, lemari, pakaian, dan peralatan belajar semuanya ludes. Relawan pun memberikan bantuan ini.

Bergerak Cepat Membantu Korban Kebakaran

Bergerak Cepat Membantu Korban Kebakaran

25 Agustus 2017

Sebanyak 265 paket bantuan dan 155 terpal diberikan kepada korban kebakaran di Kampung Melayu, Jakarta Timur. Bantuan diberikan pada Kamis, 24 Agustus 2017.

Memulihkan Semangat Warga Korban Kebakaran

Memulihkan Semangat Warga Korban Kebakaran

30 Desember 2017

Relawan Tzu Chi Bogor memberikan bantuan bagi korban kebakaran.. di Jl Kampung Gudang RT.05/01, Kelurahan Empang, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat kemarin, Jumat, 29 Desember 2017.  Kebakaran terjadi pada Senin, 25 Desember 2017 lalu dan menghanguskan 33 rumah. Ada 63 Kepala Keluarga (KK) yang menjadi korban.

Hakikat terpenting dari pendidikan adalah mewariskan cinta kasih dan hati yang penuh rasa syukur dari satu generasi ke generasi berikutnya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -