Bantuan Bagi Korban Tanah Longsor di Bogor

Jurnalis : Dewi Margaretha (Tzu Chi Bogor), Fotografer : Dewi Margaretha, Dok. Relawan Tzu Chi Bogor

Relawan Tzu Chi dari komunitas Kota Bogor menyerahkan langsung paket bantuan darurat kepada warga yang terdampak tanah longsor di Kampung Baru, Desa Sinarsari, Kelurahan Empang, Bogor Selatan.  

Relawan Tzu Chi Bogor memberikan bantuan kepada para korban bencana tanah longsor di Kampung Baru, Desa Sinarsari, Kelurahan Empang, Bogor Selatan pada Kamis, 16 Maret 2023. Ada 6 keluarga yang mendapatkan perhatian dari relawan Tzu Chi. Musibah longsor sendiri terjadi pada Selasa, 14 Maret 2023, sekitar pukul 23.00 WIB.
Ririn (34) salah satu korban selamat menceritakan longsor terjadi sekitar pukul 23.00 WIB. Rumah yang menjadi korban longsor adalah satu keluarga besar. Tanah yang menjadi terdampak longsor ini dibagi menjadi empat petak dan berada di area Dinas Perairan Bogor yang berbatasan dengan area Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA).


Relawan komunitas Kota Bogor berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan TNI-Polri untuk penyaluran paket bantuan darurat untuk para korban yang terdampak tanah longsor.


“Malam itu hujan deras, biasanya itu hanya banjir biasa saja, tapi malam itu tanahnya yang longsor, kejadiannya cepet sekali,” ucap Ririn, salah satu korban selamat. Ririn mengalami luka pada bagian punggung belakangnya, sedangkan sang suami luka di kaki, tangan, dan badannya karena terkena reruntuhan bangunan. Ririn bersyukur suaminya selamat.

Prihatin dengan musibah longsor ini, dua hari kemudian relawan Tzu Chi dari komunitas Kota Bogor memberikan bantuan (paket) yang berisi baju layak pakai, selimut, sandal, tempat makan, perlengkapan mandi, ember, dan karpet plastik yang diserahkan langsung kepada warga yang sedang mengungsi di posko gedung SMP Negeri 9 Kota Bogor, Jawa Barat.


Relawan Tzu Chi bersama pemerintah daerah dan TNI Polri berfoto bersama dengan barang bantuan berupa baju layak pakai, selimut belang, sandal, tempat makan, perlengkapan mandi, ember, dan karpet plastik yang diserahkan langsung kepada warga yang mengungsi di posko gedung SMP Negeri 9 Kota Bogor.

Para relawan yang datang untuk memberikan paket bantuan ini juga melihat langsung lokasi kejadian tanah longsor. Di lokasi longsor relawan Tzu Chi melihat langsung kondisi beberapa rumah warga yang hancur roboh dan sudah rata dengan tanah. Relawan Tzu Chi Bogor yang terdiri dari Sukendro, Dewi, dan Aditya dengan didampingi aparat TNI menuju lokasi tanah longsor untuk memberikan 35 lusin minuman ringan untuk tim relawan yang terdiri dari Tim Tagana (Tanggap Bencana), Pramuka, Kepolisian, dan TNI yang sedang bertugas melakukan pencarian korban.

Relawan Tzu Chi datang langsung ke lokasi bencana untuk melihat langsung proses evakuasi korban tanah longsor. Di lokasi bencana tanah longsor relawan memberikan 35 lusin minuman ringan untuk tim relawan yang terdiri dari Tim Tagana, Pramuka, kepolisian, dan TNI yang sedang bertugas melakukan pencarian korban.

Menurut petugas yang sedang melakukan pencarian korban, evakuasi sulit dilakukan karena alat berat seperti beko tidak dapat masuk ke lokasi. Tim SAR dan para relawan bergotong royong menggali reruntuhan dan tanah dengan menggunakan cangkul dan sekop secara manual.

Editor: Anand Yahya, Hadi

Artikel Terkait

Bantuan Bagi Korban Tanah Longsor di Bogor

Bantuan Bagi Korban Tanah Longsor di Bogor

17 Maret 2023

Relawan Tzu Chi Bogor memberikan bantuan kepada para korban tanah longsor yang terjadi pada Selasa, 14 Maret 2023. Paket bantuan berisi pakaian, selimut, sandal, tempat makan, dan lainnya. 

Kala Tanah Menimbun Cibitung

Kala Tanah Menimbun Cibitung

13 Mei 2015
“Mudah-mudahan mereka cepat pulih dari keadaan ini, dan mendapatkan tempat tinggal yang layak, dan ini menjadi perhatian khusus dari pemerintah agar para warga ini terhindar dari kawasan rawan longsor.”
Bantuan untuk Warga Terdampak Tanah Longsor di Bandung

Bantuan untuk Warga Terdampak Tanah Longsor di Bandung

05 April 2024

Relawan Tzu Chi Bandung memberikan bantuan bencana longsor di Kampung Cigintung, Desa Cibenda, Cipongkor Kab. Bandung. Kejadian yang terjadi pada Senin 25 Maret 2024 lalu mengisahkan duka mendalam.

Gunakanlah waktu dengan baik, karena ia terus berlalu tanpa kita sadari.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -