Bantuan untuk Korban Banjir dan Tanah Longsor di Painan, Pesisir Selatan

Jurnalis : Pipi (Tzu Chi Padang) , Fotografer : Pipi (Tzu Chi Padang)

Para relawan segera menyiapkan bantuan usai berkoordinasi dengan Dandim 0311/Pesisir Selatan Letkol Inf Sunardi serta Kol. Inf Indra Kasiter 032 Wirabraja Padang Sumatra Barat perihal akses jalan dan kebutuhan masyarakat.

Hujan deras pada Kamis (7/3/2024) sore hingga esok harinya mengakibatkan wilayah Bukit Pulau Nagari IV Kotor Hilir Kecamatan Batang Kapas Painan yang merupakan jalan nasional dari Padang menuju Painan tertutup material longsor pada Jumat 8 Maret 2024. Data BPBD Pesisir Selatan, dari 15 Kecamatan terdapat 11 kecamatan yang terdampak cukup parah. Di antaranya Kecamatan Koto XI Tarusan, IV Nagari Bayang Utara, Kecamatan IV Jurai, Batang Kapas, Lengayang, Ranah Pesisir, Pancung Soal, Ranah IV Hulu Tapan dan Airpura.

Ribuan rumah warga terendam air dan lumpur, serta material longsor. Berbagai fasilitas umum seperti jembatan gantung putus, masjid serta sekolah terendam air dan lumpur sehingga menyulitkan warga untuk membersihkanya. Perkebunan warga, lahan pertanian serta ternak warga habis terkena banjir dan material longsor.

Kepala Kampung, Zalmadi sangat bersyukur atas kepedulian Tzu Chi Padang kepada warganya yang tengah kesulitan.

Putusnya akses dari Kota Padang menuju Painan mengakibatkan bantuan tidak dapat disalurkan. Ditambah kondisi cuaca yang hampir setiap hari hujan di Kota Padang maupun Painan mengakibatkan sulitnya relawan langsung turun memberikan bantuan. Melalui berbagai koordinasi dengan Dandim 0311/Pesisir Selatan Letkol Inf Sunardi serta Kol. Inf Indra Kasiter 032 Wirabraja Padang Sumatra Barat perihal akses jalan yang sudah dapat dilalui serta kebutuhan masyarakat korban banjir dan tanah longsor, maka pada Selasa (12/03/2024) Tzu Chi Padang langsung menyiapkan semua bantuan. Hari itu juga paket bantuan dibawa ke Painan.

Bantuan yang diberikan berupa beras, mie instan, susu bayi, diapers, air minum, roti serta kain selimut yang dikirim dalam dua tahap. Bantuan tersebut diterima langsung oleh Dandim setempat yang kemudian dibagikan ke tiga titik di wilayah Tarusan Painan, Kabupaten Pesisir selatan.

Pada Kamis (14/03/2024) sepuluh relawan Tzu Chi didampingi Kasrem 032 Wirabraja, Kolonel Inf Sapta Marwindu Ibraly serta Ibu-Ibu Persit Kartika Chandra Kirana Korem 032 Padang Sumatra Barat menuju tiga titik lokasi.  Yaitu Kampung Rumah Bendi, Jorong Dusun Dukuh Utara, dan Simaung Simateh yang terletak di wilayah Tarusan Painan.’

Triyeny, relawan Tzu Chi menyerahkan bantuan kepada salah satu warga.

“Kami warga Kampung Bendi sangat berterima kasih atas bantuan dari Yayasan Buddha Tzu Chi dan Pak Sapta beserta ibu – ibu yang sudah datang memberikan bantuan kepada kami. Dari awal bencana sampai saat ini saya bersama warga khususnya kampung rumah Bendi belum mendapatkan bantuan dari pemerintahan maupun dari pihak lain. Adapun bantuan yang kami terima selama bencana berupa dua bungkus nasi itupun diberikan oleh orang yang lewat. Jadi saya dan warga sangat bersyukur akan kedatangan bapak Ibu semua,” ujar Kepala Kampung Bendi, Zalmadi.

Saat bantuan diberikan, warga belum bisa menempati rumah mereka karena banyaknya material longsor yang masuk ke dalam.  Banji dan longsor yang datang secara tiba –tiba sekitar pukul 22.00 WIB membuat warga tidak sempat untuk menyelamatkan barang – barang.  Bersyukur, air cepat surut sekira jam 2 pagi.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Paket Bantuan Bagi Korban Banjir di Sidrap

Paket Bantuan Bagi Korban Banjir di Sidrap

15 Juli 2019

Untuk mengurangi beban korban banjir, Yayasan Buddha Tzu Chi Makassar melakukan survei langsung sekaligus memberikan bantuan. paket bantuan banjir yang diberikan disalurkan pada dua desa, masing-masing Desa Turungan Teteaji, Kecamatan Tellulimpoe: 123 kepala keluarga dan Desa Wattae, Kecamatan Pancalautan: 217 kepala keluarga.

Cinta Kasih untuk Korban Banjir di Desa Panggung Mulyo

Cinta Kasih untuk Korban Banjir di Desa Panggung Mulyo

12 April 2018
Relawan Tzu Chi Sinar Mas menempuh medan yang cukup berat saat membagikan bantuan banjir  bagi warga Desa Panggung Mulyo di Kecamatan Rawa Pitu Kabupaten Tulang Bawang, Lampung. Bantuan yang diberikan berupa beras serta sembako.
Banjir 2020: Seribu Makanan Hangat untuk Warga Ciledug, Tangerang

Banjir 2020: Seribu Makanan Hangat untuk Warga Ciledug, Tangerang

06 Januari 2020

Kesibukan tampak di rumah Eddyana, relawan Tzu Chi dari He Qi Tangerang sejak pukul 7.30 WIB. Hari ini, Senin 6 Januari 2020, rumahnya disulap menjadi dapur umum. Relawan Tzu Chi memasak 500 porsi makan siang dan 500 porsi makan malam bagi warga Perumahan Ciledug Indah 1 dan Ciledug Indah 2 yang kondisinya masih susah karena banjir beberapa hari lalu.

Penyakit dalam diri manusia, 30 persen adalah rasa sakit pada fisiknya, 70 persen lainnya adalah penderitaan batin.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -