Bantuan Media Edukasi di TK Tunas Bangsa

Jurnalis : Indah Puspita Sari (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Siti Rohani (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Downstream (DS) Lampung secara simbolis menyerahkan bantuan media edukasi bagi TK Tunas Bangsa.

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Downstream (DS) Lampung memberikan bantuan media edukasi bagi siswa TK Tunas Bangsa yang berada di Perumahan Bumi Rangai Indah Desa Rangai Tri Tunggal, Katibung, Lampung Selatan pada Rabu, 22 Februari 2023.

Minimnya sarana media pembelajaran bagi siswa TK Tunas Bangsa mengundang perhatian relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Downstream (DS) Lampung. Untuk itu, relawan Indah Puspita Sari beserta 6 relawan lainnya menyambangi sekolah TK Tunas Bangsa. Dalam kunjungan kali ini, relawan menyerahkan bantuan berupa media edukasi yang dapat dipergunakan oleh para tenaga pendidik dalam menyampaikan dan menunjang pelajaran.

Indah Puspita Sari (tengah) dan relawan lainnya menyerahkan bantuan media edukasi. Para siswa TK Tunas Bangsa pun senang dan membuka bantuan yang diberikan relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas.

Kehadiran para relawan disambut oleh Susanti, Kepala TK Tunas Bangsa dan Bariyah, salah satu tenaga pendidik di sekolah tersebut. Selain itu, terlihat beberapa siswa yang sedang bergembira bermain membentuk ular–ularan. Mereka kompak berhamburan dan memberi salam kepada para relawan. Susanti menceritakan bahwa ia dan para Tendik (tenaga pendidik) memang sudah mengajarkan anak–anak untuk membiasakan diri menyambut tamu dengan baik dan sopan.

Selanjutnya, relawan Indah Puspita Sari menyampaikan maksud kehadiran para relawan Xie Li Downstream Lampung pada hari itu. Media edukasi yang dibawa para relawan berupa media belajar sentra balok, sentra bermain peran, dan sentra alat musik. Susanti sangat terharu melihat bantuan yang dibawa.

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas memberikan penjelasan tentang media edukasi yang diberikan untuk menambah semangat belajar siswa.

“Barang-barang ini sangat berguna untuk para Tendik kami dalam mengajar. Apalagi kami memang belum memiliki media sentra musik dan balok.  Kalau sentra bermain sudah ada tetapi terbatas. Dengan adanya bantuan ini tentu menambah semangat anak-anak kami dalam belajar,” ujar Susanti.

Selanjutnya relawan juga masuk ke ruang kelas untuk bertemu lebih banyak siswa, menyapa dan menyampaikan pesan cinta kasih. Relawan juga memberikan semangat untuk giat belajar karena sudah diberi tambahan media belajar. Para siswa pun bersorak gembira mendengar berita tersebut, sekaligus melihat bantuan yang dipamerkan oleh para relawan. Mereka antusias bertanya kepada para relawan bangaimana cara menggunakannya.

Di akhir kegiatan, relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Downstream (DS) Lampung bersama guru dan siswa TK Tunas Bangsa berfoto bersama.

Di akhir sesi, relawan juga mengajak para Tendik dan juga anak-anak untuk melaksanakan misi pelestarian lingkungan seperti menjaga kebersihan dan dapat memilah sampah. “Ibu-ibu bisa juga lho menciptakan media belajar dari barang bekas. Selain hemat secara ekonomi, juga bisa membantu mengurangi sampah di sekitar kita,” pungkas Indah.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Bantuan Alat Permainan Edukasi untuk Lima Balai Penitipan Anak

Bantuan Alat Permainan Edukasi untuk Lima Balai Penitipan Anak

12 Juli 2023

Relawan Tzu Chi di Xie Li Indragiri membagikan alat permainan edukasi untuk 116 anak di 5 Balai Penitipan Anak yang berada di PT. Bumipalma Lestaripersada, Enok, Bagan Jaya, Indragiri Hilir, Riau.

Bantuan Peralatan Sekolah Pascabanjir

Bantuan Peralatan Sekolah Pascabanjir

14 November 2022

Banjir merendam Desa Suak, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan pada Kamis, (27/10/22). Para relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Downstream pun menuju lokasi untuk survei dan berkoordinasi dengan aparat setempat. Pada Selasa, (8/11/2022), relawan kembali ke SDN 1 Suak untuk menyalurkan bantuan peralatan sekolah.

Bantuan Media Edukasi di TK Tunas Bangsa

Bantuan Media Edukasi di TK Tunas Bangsa

09 Maret 2023

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Downstream (DS) Lampung memberikan bantuan media edukasi bagi siswa TK Tunas Bangsa, Lampung Selatan.

Umur kita akan terus berkurang, sedangkan jiwa kebijaksanaan kita justru akan terus bertambah seiring perjalanan waktu.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -