Bantuan Sarana MCK untuk SDN 2 Derangga dan SMPN Satu Atap

Jurnalis : Canti Yohana, Robin Santoso (Tzu Chi Cabang Sinar Mas) , Fotografer : Canti Yohana (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)
Siswa SMPN Satu Atap menyambut kedatangan relawan di depan sekolah.

“Merasa terharu saja tidak cukup, melainkan kita harus mengambil tindakan nyata agar agar mampu memahami dengan kesan yang mendalam”
- Kata Perenungan Master Cheng Yen –

Para relawan Tzu Chi di Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 1 bergerak menuju Desa Derangga, Senin 18 Desember 2023. Kali ini relawan mengunjungi sekolah yang ada di Desa Derangga. Uniknya sekolah ini memiliki dua jenjang pendidikan dalam satu lingkup sekolah, yaitu SDN 2 Derangga dan SMPN Satu Atap. Sekolah ini berlokasi di Desa Derangga, Kecamatan Hanau, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah. Dalam Kunjungan yang dipimpin langsung oleh Ketua Xie Li Kalteng 1 Ridwan Ashari ini relawan hendak menyerahkan bantuan berupa 1 unit sarana MCK dengan 2 pintu (untuk laki-laki dan perempuan).

Ridwan Ashari memberikan sambutan dalam proses penyerahan bantuan MCK.

Foto bersama relawan dan para guru di depan fasilitas MCK yang akan diserahterimakan.

Bantuan ini diinisiasi oleh relawan dari Hanau Estate yaitu Andika Larope. Dalam sebuah kesempatan, Andhika Larope berkunjung ke SDN 2 Derangga. Sekolah ini terlihat masih sangat sederhana. Bahkan hanya memiliki satu pintu fasilitas kamar mandi yang digunakan untuk siswa laki-laki dan perempuan. Selain kondisi fisiknya yang kurang layak, kamar mandi ini juga digunakan untuk siswa SD dan SMP dalam waktu bersamaan.  

Berangkat dari informasi tersebut relawan Xie Li Kalteng 1 merasa prihatin dan merasa tergerak melihat kondisi sekolah. Terlebih sekolah ini menampung siswa SD dan SMP dengan jumlah yang tidak sedikit. Dengan kondisi seperti ini seharusnya sekolah memiliki toilet tambahan bagi siswa-siswinya. Selain mengurangi tingkat antrean kamar mandi agar membantu siswa untuk tidak ketinggalan dalam pelajaran, yang terpenting adalah kesehatan siswa bisa terus terjaga dengan fasilitas MCK yang bersih dan rapi.

Peresmian fasilitas MCK yang dilangsungkan secara sederhana.

Setelah dilakukan survei ke lokasi, relawan memutuskan untuk membantu sekolah ini dengan memberikan 1 unit kamar mandi dengan 2 pintu untuk mengakomodir siswa laki-laki dan perempuan. Pengerjaan fasilitas ini sekitar 2 bulan.  Dan pada Senin (18/12/23), relawan Xie Li Kalteng 1 menyerahkan secara resmi bangunan tersebut kepada pihak sekolah disaksikan perangkat desa setempat. Rasa haru dan bahagia dirasakan guru dan siswa. Antusias dan rasa terima kasih ini tergambar dari penyambutan sekolah kepada para relawan yang meriah.

“Kami sangat terkejut ketika datang karena ternyata kami disambut dengan meriah ditambah pertunjukaan yang diberikan siswa-siswi di sekolah ini sangat bagus. Kami sangat merasakan kebahagiaan yang mereka rasakan,” ujar Ermawati, salah satu relawan. “Hal yang mungkin kita rasakan sebagai sumbangsih yang kecil telah memberikan rasa syukur yang mendalam bagi pihak lain. Niat baik yang melahirkan jalinan jodoh untuk bersumbangsih telah memberikan rasa syukur bagi siapa saja yang menikmatinya,” imbuhnya.

Ridwan Ashari melihat langsung fasilitas MCK yang telah selesai dibangun.

Lisna Praenatha, S.Pd, MM, Kepala Sekolah SDN 2 Derangga  menyampaikan rasa bersyukur di hadapan semua relawan. “Kami bersyukur sekali, tidak menyangka bahwa kemarin kami hanya memiliki 1 kamar mandi, berkat kepedulian bapak dan ibu Tzu Chi. Saat ini kami sudah memiliki 2 set kamar mandi. Banyak yang harus dibenahi dari sekolah kami, tapi dengan bantuan yang ada sekarang pun kami sudah sangat bersyukur. Semoga apa yang diberikan ini mampu kami rawat dan menjadi berkah untuk relawan Tzu Chi,” ujarnya. Dengan melihat antusiasme dan senyuman yang tergambar dari para guru dan siswa telah memberikan kesan mendalam di hati para relawan.

Para siswa juga senang karena saat ini memiliki fasilitas MCK yang layak dan bersih bahkan beberapa dari mereka langsung mencobanya. "Saya sekarang merasa senang bisa buang air di sekolah, tempatnya nyaman dan bagus. Terima kasih Tzu Chi,” kata Adelia Eka Putri, salah satu siswa SD.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Bantuan Sarana MCK untuk SDN 2 Derangga dan SMPN Satu Atap

Bantuan Sarana MCK untuk SDN 2 Derangga dan SMPN Satu Atap

22 Desember 2023

Pemenuhan kebutuhan sanitasi yang layak diwujudkan relawan Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 1 dalam bantuan sarana MCK untuk siswa SDN 2 Derangga dan SMPN Satu Atap. 

Keindahan kelompok bergantung pada pembinaan diri setiap individunya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -