Bantuan Sosial Peduli Covid-19 Terus Disalurkan, Kali Ini Di Matraman Jakarta Timur

Jurnalis : Khusnul Khotimah, Fotografer : Khusnul Khotimah


Rabu, 17 Maret 2021, Kelurahan Kebon Manggis, Matraman, Jakarta Timur menjadi lokasi pembagian Bantuan Sosial Peduli Covid-19.

Sebanyak 100 Kepala Keluarga di lima RT Kelurahan Kebon Manggis, Matraman, Jakarta Timur pada Rabu 17 Maret 2021 menerima Bantuan Sosial Peduli Covid-19. Para relawan Tzu Chi dari komunitas He Qi Pusat dan relawan dari Artha Graha Peduli (AGP), didampingi personil TNI dan Ketua RT setempat menyalurkan bantuan ini.


Sembari membagikan kupon bantuan, Dokter Lynda juga mengedukasi warga terkait pencegahan penyebaran virus corona.

Dua jam sebelum pembagian paket di rumah ketua RT masing-masing, kupon terlebih dahulu dibagikan para relawan dari rumah ke rumah. Dokter Lynda Verniati yang merupakan relawan tim medis Tzu Chi turut membagikan kupon ini sembari memberikan edukasi penggunaan masker yang benar hingga tentang cuci tangan.

“Saya memang berniat turun ke lapangan dengan tujuan ini kesempatan bagi saya langsung face to face kepada keluarga (penerima paket bantuan). Dan saya biasanya kalau edukasi sangat detil. Sehingga saya harapkan itu juga akan bermanfaat,” ujarnya.


Relawan Tzu Chi dan relawan Artha Graha Peduli berkoordinasi dengan ketua RT setempat.

Sementara itu, warga yang menerima bantuan ini tentunya adalah warga yang secara ekonomi sangat terdampak oleh pandemi. Hambali Ketua RT 14 menyampaikan bahwa warga menyambut baik bantuan ini. Bantuan masker juga seolah mengingatkan mereka untuk selalu waspada akan penularan Covid-19.

Alhamdulillah ada Bantuan Sosial Peduli Covid-19, saya selaku pengurus RT sangat berterima kasih mudah-mudahan niat baik, baik sebagai pribadi, perusahaan, juga yayasan, diberikan rezeki seluas-luasnya,” kata Ketua RT 14 ini.

Salah satu penerima bantuan ini adalah Suwarni (66). Ia bersyukur namanya tercantum sebagai penerima bantuan berupa beras 10 kg dan 20 helai masker medis ini. Apalagi sejak masa pandemi, suaminya yang adalah pengemudi bajaj tak selalu pulang membawa uang. 

“Banyak-banyak terima kasih. Alhamdulillah, bisa juga untuk persiapan puasa. Kan puasa sudah sebentar lagi,” katanya dengan senyum lebar.


Ibu Suwarni bersyukur mendapatkan bantuan ini.

Bantuan Sosial Peduli Covid-19 ini sendiri merupakan kerja sama Tzu Chi Indonesia dengan Pengusaha Peduli NKRI dan organisasi lainnya untuk meringankan kesulitan warga kurang mampu di masa pandemi. Bantuan ini telah disalurkan di berbagai wilayah, antara lain di Petamburan (Jakarta Pusat), Rawa Buaya (Jakarta Barat), Kapuk Muara (Jakarta Utara), Kebayoran Baru (Jakarta Selatan) dan masih banyak wilayah lainnya.

Editor: Erli Tan


Artikel Terkait

Kisah Warga Tanjung Pasir Hadapi Pandemi

Kisah Warga Tanjung Pasir Hadapi Pandemi

05 April 2021

Pada Minggu 4 April 2021 relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 1 membagikan 1.700 paket beras dan 34 ribu masker medis (10 Kg beras dan 20 lembar masker medis) untuk warga Kelurahan Tanjung Pasir, Kec. Teluk Naga, Kab. Tangerang, Banten. 

Tiga Ribu Paket Bantuan Sosial Peduli Covid-19 Mengalir hingga ke Serang, Banten

Tiga Ribu Paket Bantuan Sosial Peduli Covid-19 Mengalir hingga ke Serang, Banten

05 April 2021

Bantuan Sosial Peduli Covid-19 yang digagas Tzu Chi Indonesia bersama Pengusaha Peduli NKRI dan beberapa organisasi lainnya mengalir hingga ke Kota Serang, Provinsi Banten. Jumlahnya relatif banyak, hingga 3.000 paket, yang masing-masing paket berisi 10 kilogram beras dan 20 lembar masker medis.

Bantuan Sosial Peduli Covid-19 untuk Warga Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka

Bantuan Sosial Peduli Covid-19 untuk Warga Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka

08 April 2021

Panas terik tak menyurutkan semangat para relawan Tzu Chi Bandung kala membagikan Bantuan Sosial Peduli Covid-19 di Kabupaten Kuningan, Selasa 6 April 2021. Bantuan yang acara simbolisnya digelar di Polres Kuningan ini menyasar 2.475 Kepala Keluarga prasejahtera di Kabupaten Kuningan.

Menghadapi kata-kata buruk yang ditujukan pada diri kita, juga merupakan pelatihan diri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -