Bazar Kue Bulan Cinta Kasih: Melangkah Dengan Niat Tulus

Jurnalis : Supardi (Tzu Chi Batam), Fotografer : Supardi, Yao Chen (Tzu Chi Batam)
Foto bersama Mina Huang (kiri) dan Diana Loe (kanan) di bazar tahun 2006.

Tzu Chi Batam kembali menyelenggarakan Bazar Kue Bulan Cinta Kasih. Ini merupakan tahun ke-3, Tzu Chi Batam mengadakan bazar dengan sistem PO (Pre-Order) atau pemesan awal. Pemesanan ini telah dibuka dari 31 Juli 2022 dan para pemesan dapat mengambil pemesanan mereka dari tanggal 6-9 September 2022 di Aula Jing Si Batam.

Sebelum wabah Covid-19 melanda Kota Batam, Bazar Kue Bulan Tzu Chi selalu dilaksanakan di pusat perbelanjaan, dua tahun pertama di BCS Mall (2005-2006), dan dua tahun berikutnya di Nagoya Hill Mall (2007-2008) dan 11 tahun kembali ke BCS Mall (2009-2019). Sejak berdirinya Kantor Tzu Chi di Kota Batam pada 17 Agustus 2005, Bazar Kue Bulan Cinta Kasih menjadi sarana penting bagi relawan untuk bergotong-royong menggalang dana yang diperlukan untuk operasional Hui Suo atau kantor. Semangat gotong-royong ini merapatkan hubungan persaudaraan sesama relawan hingga menjadi Hui Suo sebagai rumah kedua.

Beberapa hari sebelum waktu pengambilan, relawan telah disibukkan dengan tugas dekorasi dan setting lokasi bazar.

Johnny Lie dan Yu Huan, tidak pernah absen berpartisiapsi dari dekorasi, persiapan, hingga kegiatan bazar.

“Pertama kami bikin mooncake (kue bulan) tidak ada atasan yang mengawasi kita. Kami relawan masuk bahan sendiri, bikin sendiri, nanti ada untung seberapa setor. Semua itu kami lakukan demi menggalang dana untuk kegiatan Tzu Chi dan operasional kantor,” Mina Huang, Pelopor Bazar, mengisahkan niat awal diadakan penjualan Kue Bulan.

“Pertama hanya dua meja dan dua relawan. Tidak ada yang promosi sehingga tidak ada yang tahu jadi sangat sepi. Selama satu minggu duduk tidak kerja karena jualan sepi, lalu terpikir untuk buat mooncake di tempat. Waktu itu viral snowskin, sehingga kami beli tepung dan cetakan. Suara ‘tok, tok, tok’ dari cetakan kayu menarik perhatian pembeli, sehingga pembeli mulai banyak dan relawan juga memiliki aktifitas tidak sekedar menantikan pembeli. Keberhasilan penjualan pertama ini membuat kami lebih berani memperbesar skala bazar”, tutur Mina Huang, Pelopor Bazar.

Relawan mengantar kue bulan ke pelabuhan untuk kemudiaan dipasarkan oleh relawan Tzu Chi di Tanjung Balai Karimun.

Bazar Kue Bulan Cinta Kasih Tzu Chi kembali diadakan pada tanggal 6-9 September 2022.

Bazar Kue Bulan tahun ini melibatkan sekitar 30 relawan setiap harinya. Di antara relawan terdapat pasangan suami-istri Johnny Lie dan Yu Huan yang terus terlibat dari pelipatan kotak di akhir Agustus  hingga hari terakhir bazar.

“Saya dari jam 8 pagi sudah ke sini sampai sekitar jam 3 sore, tidak tentu. Saat di mall lebih lama kayak karyawan mall dari sebelum mall dibuka hingga mall tutup. Secara pribadi saya lebih suka di Jing Si Tang apalagi sekarang sudah berumur ngak tahan satu minggu lebih di mall yang full AC”, jawab Johnny berbicara berbedaan bazar di mall dan di Jing Si Tang.

Setiap harinya ada 30 relawan yang dilibatkan pada Bazar Kue Bulan.

Tahun ini Tzu Chi berhasil menjual sebanyak 2.508 kotak kue bulan, baik yang panggang maupun snow skin. Keberhasilan Bazar Kue Bulan Tzu Chi yang telah berlangsung 18 tahun ini berkat dukungan masyarakat kepada Tzu Chi. Relawan dari beberapa Hu Ai Batam, Tanjung Balai Karimun dan Xie Lie Tanjung Pinang juga aktif memasarkan kue bulan. Bahkan ada relawan yang jauh-jauh dari Jambi untuk mendukung Bazar Kue Bulan Tzu Chi.

“Yang namanya kue bulan kami setiap tahun beli. Kami Jambi ada Tzu Chi juga tapi kita tidak ada kue bulan Tzu Chi. Karena diberitahu Ibu Mina di Tzu Chi Batam ada jual jadi langsung ke sini. Kuenya lebih enak dan semua dana diperuntukkan untuk Tzu Chi”, ucap Robin.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Berkah Dalam Bazar Kue Bulan

Berkah Dalam Bazar Kue Bulan

20 September 2016

Relawan Tzu Chi Batam kembali menyelenggarakan bazar Kue Bulan cinta kasih di BCS Mall, Lubuk Baja, Kota Batam. Bazar kali ini berlangsung selama 8 hari, mulai dari tanggal 7-14 September 2016.

Penampilan Budaya Humanis Tzu Chi di Bazar Kue Bulan

Penampilan Budaya Humanis Tzu Chi di Bazar Kue Bulan

09 Oktober 2023

Bazar Kue Bulan Cinta Kasih Tzu Chi Batam diadakan selama 1 pekan sejak 22 hingga 28 September 2023. Selain menjajakan kue bulan, Bazar ini juga merupakan panggung untuk menampilkan keindahan Budaya Humanis Tzu Chi, yakni pertunjukkan shou yu (isyarat tangan).

Menyatukan Keharmonisan dalam Pekan Amal Kue Bulan

Menyatukan Keharmonisan dalam Pekan Amal Kue Bulan

06 Oktober 2023

Banyaknya permintaan masyarakat akan kue bulan mendorong semangat insan Tzu Chi Batam mengadakan bazar di dua lokasi yang berbeda tahun ini, Batam City Square (BCS) Mall dan Grand Batam (GB) Mall. 

Dengan kasih sayang kita menghibur batin manusia yang terluka, dengan kasih sayang pula kita memulihkan luka yang dialami bumi.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -