Belajar Berlapang Dada dan Berpengertian

Jurnalis : Lina, Kho Ki Ho (Tzu Chi Pekanbaru), Fotografer : Kho Ki Ho, Ace (Tzu Chi Pekanbaru)

Murid mulai berdatangan ketika waktu menunjukkan pukul 13.00 WIB. Mereka mengisi daftar hadir dan para mentor memberikan name tag untuk dikalungkan.

Pada siang hari di pekan kedua bulan Agustus, tepatnya Minggu, 13 Agustus 2023, tampak sejumlah relawan mulai sibuk mempersiapkan segala sesuatu untuk Kelas Budi Pekerti Tzu Shao Ban (tingkatan SMP-SMA). Huo ban men (sebutan untuk murid kelas SMP-SMA) mulai berdatangan ketika waktu menunjukkan pukul 13.00 WIB. Mereka mengisi daftar hadir dan para mentor memberikan nametag untuk dikalungkan.

Tepat pukul 13.30 WIB, para murid dipandu oleh mentor masing-masing kemudian berbaris rapi untuk memasuki ruangan kelas budi pekerti yang berada di lantai 3, kantor Tzu Chi Pekanbaru.

Kelas kali ini murid belajar lagu Mars Jiu Shi Xian Zai (Sekaranglah Saatnya), yang dipandu oleh relawan Milie dan Dewi. Bait demi bait teks lagu dijelaskan agar murid memahami arti makna lagu.

Selain bedah lagu, murid juga menyimak tayangan video Master Cheng Yen bercerita "Si Kuda yang Berlapang Dada". Lewat kisah ini murid diajak untuk lebih memahami pentingnya toleransi, berlapang dada, dan berpengertian, seperti cuplikan tayangan video yang menceritakan seekor kuda tunggangan yang menggigit kuda kerajaan.

Kelas kali ini murid belajar lagu Mars Jiu Shi Xian Zai (Sekaranglah Saatnya), yang dipandu oleh relawan Milie dan Dewi. Bait demi bait teks lagu dijelaskan agar murid memahami arti lagu. Tampak murid menyimak dan memperagakan dengan baik setelah diajari peragaan isyarat tangannya. Sejumlah murid juga ikut tampil maju ke depan memperagakan lagu penuh makna tersebut.

Selain bedah lagu, murid juga menyimak tayangan video Master Cheng Yen bercerita "Si Kuda yang Berlapang Dada". Lewat kisah ini murid diajak untuk lebih memahami pentingnya toleransi, berlapang dada, dan berpengertian, seperti cuplikan tayangan video yang menceritakan seekor kuda tunggangan yang menggigit kuda kerajaan. Setelah mengigit kuda kerajaan, kuda tunggangan kemudian menyesali perbuatannya dan berubah. Walau berada di pihak yang benar, kuda kerajaan yang digigit memaafkan dengan penuh cinta kasih. Berkat lapang dada dan berpengertian, akhirnya hubungan kedua ekor kuda ini menjadi baik kembali, dan mereka hidup dengan harmonis.

Lewat kisah Master Bercerita tersebut, relawan Lecin berharap, “Semoga murid bisa menangani segala hal dengan welas asih dan kebijaksanaan, mampu meningkatkan toleransi, lapang dada, dan selalu berpikiran positif, dengan demikian hubungan antar sesama akan berjalan harmonis dan penuh sukacita.”

Alvin Lim (depan) seorang diri naik travel menempuh perjalanan lebih 2 jam dari Kota Dumai untuk mengikuti Kelas Budi Pekerti ini.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi permainan yang dipandu oleh relawan Yanti, murid dibagi menjadi 8 kelompok dimana tiap kelompok terdiri dari 10-11 murid. Masing-masing murid mendapatkan secarik kertas berukuran A4 untuk berdiri di atasnya. Kemudian para murid menerima kertas kecil berisi pertanyaan apabila mereka dihadapkan pada kondisi seseorang secara tidak sengaja menumpahkan makanan yang sedang dimakan ke pakaian murid, respon seperti apa yang akan mereka lakukan.

Ketika jawaban berupa responnya positif maka murid akan diberi tambahan kertas untuk bendiri dan sebaliknya jika responnya negatif maka tempat untuk berdiri akan dikurangi sehingga menjadi lebih semakin sempit.

"Kertas ibarat wadah hati manusia, jika dapat menghadapi masalah dengan toleransi atau lapang dada, kita akan mudah menerimanya, maka hubungan dengan sesama lebih nyaman dan harmonis, sebaliknya jika kita tidak berlapang dada maka akan mudah terjadi gesekan dan perselisihan," tutur relawan Yanti.

Keceriaan para murid Tzu Shao ketika membaca respon dari pertanyaan dalam permainan tentang berlapang dada.

Kelas berakhir dengan sesi foto bersama seluruh peserta. Kegiatan ini dihadiri oleh total 99 peserta yang terdiri dari 83 orang murid dan 16 mentor. Salah satu murid Tzu Shao bernama Alvin Lim (SMA) seorang diri naik travel menempuh perjalanan lebih 2 jam dari Kota Dumai untuk mengikuti Kelas Budi Pekerti ini. Alvin mengungkapkan, “Saya merasa senang, yang saya dapatkan hari ini dengan kita memaafkan orang lain, kita berlapang dada dan memiliki hati yang lebih luas, semakin luas hati kita, semakin leluasa dan nyaman kita.”

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Krayon Kehidupan

Krayon Kehidupan

15 November 2018

Krayon Kehidupan diangkat menjadi tema dalam penutupan Kelas Bimbingan Budi Pekerti Tzu Chi Medan, Minggu 11 November 2018. Sebanyak 58 Xiao Pu Sa kelas lanjutan, serta 21 Xiao Pu Sa kelas baru hadir dalam penutupan kelas ini. Tak ketinggalan para orang tua juga hadir menyaksikan anak-anak mereka tampil dalam acara ini.

Menutup Kelas, Mempererat Hubungan

Menutup Kelas, Mempererat Hubungan

15 November 2017

Kelas Budi Pekerti Tzu Chi tahun ajaran 2017 telah sampai pada penghujung tahun. Setelah 1 tahun belajar, bermain, dan berinteraksi bersama-sama, kini saatnya mengucapkan salam perpisahan. Acara Penutupan Kelas Budi Pekerti Tahun 2017 ini dilaksanakan di Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk, pada 5 November 2017.

Kebahagiaan dalam Kebersamaan

Kebahagiaan dalam Kebersamaan

17 Desember 2015 Kelas budi pekerti Tzu Chi Pekanbaru kembali digelar yang mengangkat tema “Bersyukur Atas Budi dan Jasa Orang Tua” pada 13 Desember 2015. Dalam kegiatan ini orang tua juga diajak untuk hadir dan mendampingi anak-anak mereka. Juga ada games dan keterampilan untuk membuat penutup kepala yang akan dipersembahkan untuk orang tua.
Walau berada di pihak yang benar, hendaknya tetap bersikap ramah dan bisa memaafkan orang lain.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -