Belajar Kehidupan Lewat Kunjungan Kasih

Jurnalis : Lecin (Tzu Chi Pekanbaru), Fotografer : Dok. Tzu Chi Pekanbaru

Murid Kelas Budi Pekerti Tzu Shao (SMP-SMA) Tzu Chi Pekanbaru melakukan kunjungan kasih ke rumah-rumah penerima bantuan Tzu Chi (Gan En Hu) sekaligus memberikan bingkisan.

Pada Minggu, 5 November 2023 merupakan pertemuan ke-5 bagi murid Kelas Budi Pekerti Tzu Shao (SMP-SMA) di Tzu Chi Pekanbaru. Tidak seperti biasanya, kelas kali ini tampak berbeda karena relawan pendidikan berkolaborasi dengan relawan misi amal untuk melakukan kegiatan outdoor bersama yaitu kunjungan kasih serta memberikan bingkisan kepada Gan En Hu (penerima bantuan Tzu Chi).

Penjelasan singkat sebelum kegiatan juga dilakukan oleh relawan Yanti dengan memberikan arahan kepada para peserta selama berada di lingkungan rumah Gan En Hu agar dapat menjaga sikap sopan santun, perilaku, dan bertutur kata dengan baik. “Ketika menyerahkan bingkisan kepada Gan En Hu, kita harus mempraktikkan budaya humanis berupa Gan En (Bersyukur), Zun Zhong (Menghormati), dan Ai (Mengasihi)," tutur relawan Yanti.

Para Tzu Shao mendengarkan penjelasan tentang apa yang boleh dana pa yang tidak boleh dilakukan selama berada di lingkungan rumah Gan En Hu.

Sebanyak 107 peserta yang dibagi menjadi 17 grup (murid kelas budi pekerti serta relawan Tzu Chi Pekanbaru) mulai mengunjungi rumah-rumah penerima bantuan Tzu Chi.

Sebanyak 18 Gan En Hu akan dikunjungi oleh 107 peserta yang dibagi menjadi 17 grup dan terdiri dari murid kelas budi pekerti serta relawan Tzu Chi. Walaupun lokasi rumah Gan En Hu jauh dan berbeda-beda, tetapi tidak menghalangi semangat para peserta untuk menempuh perjalanan dalam melakukan kunjungan kasih ini.

Felissa Hanson, salah satu Tzu Shao setelah mengunjungi seorang nenek yang hidup sebatang kara juga turut merasakan empati. “Kasihan dengan nenek yang saya kunjungi, beliau hidup sendirian dengan kondisi kaki yang sedang sakit tetapi masih harus melakukan berbagai kegiatan sehari-hari. Melihat ini saya merasa lebih bersyukur memiliki tubuh yang sehat dan orang tua yang menyayangiku," ungkap Felissa Hanson.

Dalam kegiatan ini, para Tzu Shao juga melihat dan belajar tentang kehidupan dari para penerima bantuan Tzu Chi.

Lewat kegiatan ini relawan Yanti juga berharap agar murid Kelas Budi Pekerti Tzu Shao dapat lebih bersyukur mempunyai keluarga yang harmonis. “Saya berharap para murid kelas budi pekerti ini tidak lagi mengeluh, serta dapat mempraktikkan rasa syukur dalam kehidupan sehari-hari dengan menciptakan berkah melalui celengan cinta kasih Tzu Chi yang dapat digunakan untuk menolong sesama,” jelas Yanti.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Semangat Menimba Ilmu di Kelas Budi Pekerti

Semangat Menimba Ilmu di Kelas Budi Pekerti

31 Agustus 2016

Setiap orang tua menginginkan anaknya bertingkah laku dan berbudi pekerti yang baik. Pun juga para orang tua dari murid kelas budi pekerti Tzu Chi Tanjung Balai Karimun. Pada Minggu, 21 Agustus 2016, kelas budi pekerti kembali digelar.

Terus Menanam Benih Kebajikan

Terus Menanam Benih Kebajikan

10 Juli 2018
Anak-anak Kelas Budi Pekerti di Tzu Chi Bandung diajak untuk membuat celengan bambu dari barang yang sudah tak terpakai dan mengubahnya menjadi barang yang berguna. Para Xiao Pu Sa pun antusias menggambar pada kertas yang disediakan, nantinya kertas tersebut ditempel pada sisi celengan yang mereka buat.
Inspirasi dari Pintu ke Pintu

Inspirasi dari Pintu ke Pintu

02 Maret 2016
Tahun Baru Lunar atau biasa disebut Tahun Baru Imlek pada umumnya membawa kegembiraan dan keceriaan terutama bagi anak-anak. Orang-orang akan saling mengucapkan kata-kata yang mengandung harapan baik.
Mengonsumsi minuman keras, dapat melukai orang lain dan mengganggu kesehatan, juga merusak citra diri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -