Belajar Melestarikan Lingkungan Melalui Kelas Budi Pekerti

Jurnalis : Cintya Dewi Sartika (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Cintya Dewi Sartika (Tzu Chi Bandung)

Anak-anak antusias menjawab pertanyaan yang diajukan pemateri yang kali ini bertemakan pelestarian lingkungan.

Mendidik anak untuk menjaga lingkungan sejak dini merupakan hal penting. Dampak baiknya tak hanya untuk anak itu sendiri, tapi juga dapat menyelamatkan lingkungan yang tidak disadari juga akan menyelamatkan banyak orang. Menjaga lingkungan dapat dilakukan dari hal kecil yaitu belajar mengelola sampah.

Kelas Budi Pekerti dengan tema pelestarian lingkungan diadakan Tzu Chi Bandung pada Minggu, 21 April 2024. Acara yang dimulai pukul 09.00 sampai 12.00 WIB ini diawali dengan materi di masing-masing kelas, dilanjutkan dengan senam untuk meningkatkan semangat. Setelah itu, anak-anak diajak untuk praktik langsung bagaimana cara mengelola sampah yang benar.

Anak-anak bersemangat memilah sampah botol plastik.

Botol plastik telah disiapkan relawan untuk dipilah oleh anak-anak. Langkah pertama, dilepaskan lebih dahulu tutup dan plastik yang masih melekat, lalu botol plastik diremukkan. Tujuannya agar botol plastik ini tidak memakan ruang lebih banyak di tempat sampah dan emisi karbon yang dihasilkan juga lebih sedikit. Meremukkan botol plastik juga untuk menghindari penyalahgunaan yang tidak diinginkan.

Orang tua anak pun ikut andil. Raimun Samsul salah satu orang tua senang karena kegiatan pelestarian ini akan sangat bermanfaat kedepannya untuk anak-anak. “Kegiatan melestarikan dan menjaga lingkungan sangat bermanfaat untuk anak-anak juga bermanfaat untuk orang dewasa. Semoga kegiatan ini tidak hanya dipraktikkan di kelas tetapi juga di rumah.”

Christin, relawan Tzu Chi Bandung berharap supaya anak-anak dapat mempraktikkannya di masyarakat. “Suatu saat mungkin anak-anak akan ikut andil mempraktikkan bagaimana cara mengurangi sampah dan menjadi relawan daur ulang sampah.”

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Yuan Yuan

Yuan Yuan

26 Februari 2015
Qin zi ban adalah kelas budi pekerti yang diperuntukan untuk anak usia 5-8 tahun. Ini  merupakan salah satu misi pendidikan Tzu Chi untuk membekali nilai-nilai budi pekerti kepada anak sejak dini
Ramah Tamah Imlek

Ramah Tamah Imlek

13 Februari 2020

Minggu, 2 Februari 2020, Kelas Bimbingan Budi Pekerti Tzu Chi Medan melakukan acara Ramah Tamah Imlek dengan serangkaian acara yang sudah disusun sedemikian rupa serta makan Steamboat Bersama di tahun 2020.

Terus Menanam Benih Kebajikan

Terus Menanam Benih Kebajikan

10 Juli 2018
Anak-anak Kelas Budi Pekerti di Tzu Chi Bandung diajak untuk membuat celengan bambu dari barang yang sudah tak terpakai dan mengubahnya menjadi barang yang berguna. Para Xiao Pu Sa pun antusias menggambar pada kertas yang disediakan, nantinya kertas tersebut ditempel pada sisi celengan yang mereka buat.
Dengan keyakinan, keuletan, dan keberanian, tidak ada yang tidak berhasil dilakukan di dunia ini.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -