Belajar Mengelola Sampah Bersama Tzu Chi

Jurnalis : Metta Wulandari, Fotografer : Metta Wulandari

Valeska Vania Lee (kiri), relawan muda Tzu Ching berkesempatan memandu dan memperkenalan secara singkat tentang aksi pelestarian lingkungan Tzu Chi.

Depo Pendidikan Pelestarian Lingkungan Tzu Chi atau biasa dikenal dengan depo pelestarian lingkungan di kawasan Pantai Indah Kapuk pada 26 Februari 2024 ramai dikunjungi para mahasiswa dari Universitas Bina Nusantara (BINUS) dan Universiti Teknologi MARA Malaysia.

Meraka datang ke depo pendidikan untuk belajar memilah barang yang bisa di daur ulang terkait dengan kegiatan Outbound Mobility 2024: Malaysia-Indonesia Sustainable Exchange: Empowering SDG Action program, Community Development Center - Teach for Indonesia (BINUS University) antara kedua universitas tersebuit.

Yessie Christina menjelaskan tentang tata cara pemilahan barang daur ulang khususnya botol plastik air mineral.

Sebanyak 56 mahasiswa BINUS dan Universiti Teknologi MARA Malaysia menanti praktik langsung pemilahan barang daur ulang.

Di depo PIK, para mahasiswa menerima penjelasan proses pemilahan barang daur ulang dan pemahanan tentang sampah apa saja yang bisa dan tidak bisa diterima di depo Tzu Chi untuk didaur ulang. “Ada kertas, kardus, kaleng, lalu kemasan-kemasan twinwall yang sekarang marak digunakan untuk membungkus makanan, itu juga bisa didaur ulang,” kata Valeska Vania Lee, seorang anggota Tzu Ching yang berkesempatan memberi penjelasan. “Sebaliknya, kami tidak menerima segala bentuk styrofoam ya teman-teman,” lanjutnya ramah.

Mendapat penjelasan dan pemahaman secara rinci dari relawan para mahasiswa langsung diajak untuk praktik memilah barang yang bisa di daur ulang. Ada 56 mahasiswa dan pembimbing terlihat ekspresif dan aktif dalam memilah barang, khususnya botol kemasan air minum, yang sebelumnya sudah dijelaskan oleh relawan.

Lung Phin Lee (kiri) senang bisa menambah wawasan tentang pengelolaan sampah sekaligus mengisi waktu luangnya dengan kegiatan bermanfaat.

Pertama mereka melepaskan tutup botol, mengupas plastik yang menempel pada kemasan botol, lalu meremas botol dan memisahkan ketiganya. Semua tampak senang dan tidak terganggu sedikitpun. “Hari ini saya sangat excited dan ternyata setelah praktik, betul-betul fun,” ucap Lung Phin Lee, mahasiswa BINUS, senang, “dari sini, saya bisa memanfaatkan waktu luang dengan kegiatan tambahan yang bermanfaat. Pemilahan sampah ini juga menambah wawasan untuk saya khususnya, sehingga saya punya pengetahuan untuk bisa mengelola sampah dengan benar.”

Menurut Lung, panggilan akrab Lung Phin Lee, Sebenarnya menambah wawasan dalam pengelolaan sampah itu sangat penting di era sekarang ini karena kondisi Bumi semakin panas dan perubahan iklim juga semakin extreme. “Terlihat dari banyaknya sampah dan banyaknya bencana yang terjadi. Makanya sebagai anak muda, sudah seharusnya kita paham karena kitalah yang nanti akan mengajarkan kepada generasi berikutnya untuk mencintai lingkungan,” tutur Lung.

Bukan hanya Lung, Muhammad Shahfiq Bin Shahrom mahasiswa dari Universiti Teknologi MARA Malaysia pun sepakat. Kegiatan semacam ini menurutnya perlu dibuat lebih sering sehingga anak muda semakin sadar akan pengelolaan sampah. “Karena di Malaysia juga ada wilayah yang banyak sampah, ya di pinggir jalan, sungai. Untuk itu, kalau sudah banyak edukasinya, semoga masyarakat semakin sadar untuk menjaga lingkungan bersama,” kata mahasiswa semester tiga ini.

Muhammad Shahfiq Bin Shahrom berharap pada berbagai kesempatan ke depan, kegiatan sosialisasi dan pengenalan tentang aksi pelestarian lingkungan semakin marak hingga bisa menginspirasi lebih banyak masyarakat.

Mengetahui para mahasiswanya enjoy sekaligus paham akan pelestarian lingkungan ini, Andyni Khosasih, S.E., B.A., M.Lit, Community Development Center Manajer - Teach For Indonesia merasa lega. Andyni berharap semua orang mau peduli, di mulai dari diri sendiri bahwa setiap hari, setiap orang itu memproduksi sampah tanpa disadari.

“Makanya saya berharap setelah mereka tahu betapa banyaknya sampah yang diproduksi itu, besoknya lagi mereka akan bisa menerapkan manajemen sampah, sehingga bisa bawa tumblr bukan lagi dengan mudah membeli minuman atau makanan kemasan sekali pakai, sehingga itu bisa mengurangi jumlah sampah kita,” papar Andyni Khosasih. “Setelah ini semoga mereka juga bisa share ke teman-teman mereka sehingga lebih banyak yang tahu pentingnya pengelolaan sampah dan pelestarian lingkungan,” tambah Andyni.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Rekreasi dan Pelestarian Lingkungan Tzu Ching

Rekreasi dan Pelestarian Lingkungan Tzu Ching

22 September 2015
Mereka dengan sigap menyisir seluruh penjuru pantai dan mengambil sampah yang merusak pemandangan pasir putih Pulau Gusung. Sampah demi sampah dikumpulkan di dalam kantongan plastik, hanya dengan waktu satu jam hingga matahari terbenam.
Tekad Menjadi Kota Berkelanjutan

Tekad Menjadi Kota Berkelanjutan

11 November 2014 Memperingati Hari Tata Ruang Nasional, Pemerintah Kota Bogor menyelenggarakan acara jalan kaki bersama dengan Wali Kota Bogor, Bima Arya,  Sabtu, 8 November 2014. Mengusung tema “Kota Bogor Sebagai Kota Pusaka yang Berkelanjutan”.
Mencintai Sesama dan Lingkungan

Mencintai Sesama dan Lingkungan

12 April 2016 Puluhan relawan Tzu Chi dari Xie Li Kalteng 3 menebar cinta kasih melalui dua kegiatan, di antaranya kegiatan bakti sosial donor darah dan pelestarian lingkungan. Dalam kegiatan ini ada sebanyak 520 batang pohon yang ditanam di luas areal tanam mencapai 1,56 hektar.
Penyakit dalam diri manusia, 30 persen adalah rasa sakit pada fisiknya, 70 persen lainnya adalah penderitaan batin.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -