Belanja Sekaligus Berdonasi di Bazar Amal

Jurnalis : Donny De Keizer (He Qi Barat 2), Fotografer : Donny De Keizer (He Qi Barat 2)

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 2 mengadakan bazar amal di depan Fresh Market Green Lake City, Jakarta Barat. Tampak PIC kegiatan bazar amal, Camelia membantu melayani pembeli pakaian bersama dengan relawan lainnya.

Untuk mensosialisasikan Tzu Chi sekaligus menggugah masyarakat untuk berdonasi membantu masyarakat yang membutuhkan, relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 2 kembali menyelenggarakan kegiatan sosial. Kegiatan kali ini adalah bazar amal yang berlangsung di kawasan Fresh Market Green Lake City, Jakarta Barat pada Minggu, 17 Juli 2022.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 07.30 WIB ini mendapat perhatian dari masyarakat di kawasan sekitar perumahan khususnya warga yang tengah melakukan aktivitas olahraga pagi di akhir pekan. Selain itu banyak juga warga yang berasal dari luar kawasan seperti Semanan, Cipondoh, Karang Tengah, dan Tangerang hadir dalam kegiatan ini.

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 2 menyiapkan pakaian-pakaian yang akan dijual dalam kegiatan bazar amal.

Ketua Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 2, Elly Chandra mengatakan bazar amal ini diselenggarakan agar masyarakat bisa memperoleh barang barang khususnya pakaian yang layak pakai dengan harga terjangkau. Selain itu ajang bazar juga menjadi sebuah momentum memperkenalkan Tzu Chi ke tengah masyarakat.

“Kita berharap melalui kegiatan ini masyarakat lebih mengenal Tzu Chi dan lebih banyak lagi yang bisa bersumbangsih. Dengan begitu akan lebih banyak lagi orang yang bisa terbantukan,” ungkap Elly di lokasi bazar.

Selain itu, kegiatan bazar ini juga merupakan sebuah ajang bagi para relawan Tzu Chi untuk lebih memaknai pelestarian lingkungan. Yaitu dengan lebih menghargai sumber daya alam sehingga tidak berlebihan dalam mengonsumsi barang.

Lia, warga cipondoh yang juga ikut berbelanja di bazar mengatakan bahwa kegiatan ini sangat membantu warga khususnya bagi mereka yang ingin membelikan pakaian bagi anggota keluarganya. “Pakaiannya semua baru dan bagus bagus, harganya juga menurut saya sangat murah,” ungkap Lia sambil memilih pakaian yang sudah disiapkan oleh para relawan.

Lia, Cipondoh sedang memilih pakaian yang akan ia beli di bazar amal.

Sementara itu Sansan warga perumahan Metland Puri mengungkapkan bahwa pihaknya sangat antusias mengikuti bazar yang diselenggarakan oleh Tzu Chi ini. Karena disaat yang sama, ia tengah mencari pakaian untuk anggota keluarganya. “Harganya murah banget, dengan sepuluh ribu rupiah per pakaian menurut saya ini sangat membantu warga,” terang Sansan.

Bazar ini juga merupakan momentum untuk menggalang dukungan dana agar lebih banyak orang lagi yang dapat dibantu. Para pengunjung bisa membeli pakaian dengan harga yang sangat terjangkau dengan kualitas barang yang terjaga.

“Kami sangat berterima kasih kepada para donator yang telah menyumbangkan di bazar ini. Baik itu donator perorangan maupun donatur dari pihak pengusaha pakaian yang memang mendonasikan banyak pakaian melalui Depo Pendidikan dan Pelestarian Lingkungan Tzu Chi di Kosambi,” jelas Camelia yang menjadi penanggung jawab kegiatan bazar ini.

Pengelola Fresh Market Green Lake City, Debi Supriyatna (baju biru) sangat mendukung kegiatan yang dilakukan Tzu Chi.

Kegiatan bazar ini sengaja memilih lokasi di depan Fresh Market Green Lake City karena tempat ini merupakan lokasi berkumpulnya warga disaat akhir pekan. Pada saat bazar diselenggarakan, ada beberapa kegiatan yang juga yang dilaksanakan masyarakat yaitu senam pagi dan vaksinasi Covid-19 yang digelar Polsek Cipondoh.

Pengelola Fresh Market Green Lake City, Debi Supriyatna mengatakan bahwa pihaknya selalu mendukung kegiatan yang dilakukan oleh relawan Tzu Chi. “Kami malah sangat bersyukur karena sering dibantu oleh Tzu Chi. Bukan hanya saat acara bazar ini, setiap ada kegiatan sosial relawan Tzu Chi selalu terjun, termasuk saat pembagian masker beberapa waktu lalu,” terang Debi.

Sebanyak 20 relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 2 yang terlibat dalam bazar sudah sibuk sejak sejak pagi hingga siang. Namun kebahagiaan terpancar dari wajah para relawan karena bisa memperkenalkan Tzu Chi dan mengajak berdonasi seluruh lapisan masyarakat.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Pekan Amal Tzu Chi 2015: Kisah Cinta Kasih

Pekan Amal Tzu Chi 2015: Kisah Cinta Kasih

02 November 2015

Ada pepatah yang mengatakan bahwa segala sesuatu yang dilakukan dengan cinta kasih akan melahirkan kekuatan untuk melakukannya. Mungkin ini tepat menggambarkan apa yang dilakukan insan-insan yang bersumbangsih dalam kegiatan Pekan Amal Tzu Chi pada 31 Oktober dan 1 November 2015 di Tzu Chi Center, pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Bazar Amal: Menghimpun Berkah Sekaligus Melindungi Bumi

Bazar Amal: Menghimpun Berkah Sekaligus Melindungi Bumi

04 April 2022

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Utara 1 mengadakan bazar di Rusun Cinta Kasih Tzu Chi Muara Angke Jakarta Utara. Bazar yang dilakukan menjelang bulan Ramadan ini digelar selama dua hari, yakni tanggal 26 dan 27 Maret 2022.

Bersatu Hati Menggalang Dana Korban Gempa Lombok

Bersatu Hati Menggalang Dana Korban Gempa Lombok

12 Oktober 2018

Relawan Tzu Chi Padang terus berupaya membantu meringankan beban korban gempa Lombok. Pada Selasa 2 September 2018, relawan menggalang dana dengan membuat bazar. Barang yang dijual berupa makanan vegetarian siap saji yang kebanyakan merupakan sumbangan dari para donatur serta relawan. Ada juga sembako, serta barang–barang lainnya.

Tanamkan rasa syukur pada anak-anak sejak kecil, setelah dewasa ia akan tahu bersumbangsih bagi masyarakat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -