Berbagi Berkah dengan Donor Darah

Jurnalis : Widodo (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Widodo, M. Rizki (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Irwan Tirtariyadi, Head of Upstream Sinar Mas Agribusiness and Food menuangkan celengan bambu sebelum melakukan donor darah.


“Orang yang paling berbahagia adalah orang yang hatinya penuh cinta kasih”
Master Chen Yen

Momentum bulan puasa digunakan Tzu Chi Cabang Sinar Mas untuk berbagi berkah cinta kasih melalui donor darah. Kegiatan ini digelar di Ruang Narwastu, Sinar Mas Land Plaza, Thamrin, Jakarta Pusat pada 14 April 2022. Dalam kesempatan ini juga dibarengi penuangan celengan bambu.

Antusias pendonor terlihat sejak pagi. Salah satunya Sumira. Ibu berkaca mata ini datang dari Pondok Gede untuk mendonorkan darahnya. “Saya tahu kegiatan ini dari anak saya, kebetulan dia bekerja dekat sini, jadi saya sekalian ikut dia berangkat kerja, makanya tadi datang agak pagi” ujarnya.

Bagi Sumira, berpuasa tidak menjadi halangan untuk berbagi melalui donor darah. Sumira sudah sering berdonor. Ayahnya pernah mendapatkan penghargaan dari PMI sebagai salah satu pendonor terbanyak.

“Iya memang ayah yang awalnya ajarin untuk berdonor, setelah itu saya jalan sendiri. Lebih sering ke PMI Pusat, kalau di sini baru dua kali ini,” sambungnya.

Kegiatan donor darah ini berhasil mengumpulkan 122 kantong darah.

Sumira mengikuti donor darah atas informasi dari anaknya yang bekerja di lingkungan Sinar Mas.

Kebahagiaan berdonor darah juga dirasakan Dina Kartika Sari yang sehari-hari bekerja di bagian CSR Sustainability. Baginya berdonor pada saat bulan puasa juga bukan sebuah halangan.

“Kalau menurut saya bagus ya artinya puasa itu sendiri bagian mekanisme tubuh untuk membenahi beberapa hal yang kurang baik. Jadi dengan berlapar itu sebenarnya juga satu proses tertentu untuk membenahi kondisi badan. Dikombinasikan dengan donor saya pikir justru plus. Tapi mungkin tidak semua orang memiliki kondisi fisik yang sesuai dengan syarat untuk donor,” ujarnya. Dina memahami dengan donor juga bagus bagi kesehatannya.

Ucup Supriadi, petugas security di Maybank juga mengatakan berpuasa tidak menghalanginya untuk berdonor. Meski baru pertama kali, tidak ada keraguan baginya untuk berpartisipasi dalam donor darah kali ini.

“Puasa sama sekali bukan halangan lah ya. Justru ini menambah berkah di bulan ramadan” ujarnya.

Ucup Supriadi sesaat setelah melakukan donor darah.

Edi Resman, Housekeeping Insfector/Foreman pada building operation mendonorkan darahnya.

Adapun Edi Resman, Housekeeping Insfector/Foreman pada building operation sudah lebih 50 kali mendonorkan darahnya. Ia juga pernah mendapatkan penghargaan dari PMI sebagai pendonor terbanyak.

“Kalau sampai sekarang total sudah 62 kali. Semua saya lakukan di Sinar Mas. Awalnya memang coba-coba, tapi seiring waktu banyak manfaatnya untuk kesehatan saya juga, badan rasanya lebih segar setiap kali selesai donor darah,” ungkapnya.

Sementara itu bagi Rut Ella V.T, berdonor juga menjadi kesenangan tersendiri. “Sebenarnya donor darah kayak berbagi, saling membutuhkan, jadi senang buat donor darah” ujar Ella yang sudah 5 kali mendonorkan darahnya.

Kegiatan donor darah ini sekaligus untuk menyemarakkan #100thPakEka #pantangmenyerah dalam rangka mengenang Pendiri Sinar Mas, Bapak Eka Tjipta Widjaja. Kegiatan yang didukung Eka Tjipta Foundation dan Payuguban Sinar Mas ini juga diiringi dengan penuangan celengan bambu.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Donor Darah di Masa Pandemi Covid-19

Donor Darah di Masa Pandemi Covid-19

25 Juni 2021

Pada Minggu 20 Juni 2021, Komunitas Xie Li Kemuning bersama dengan PMI Kota Palembang mengadakan donor darah di Depo Pendidikan Pelestarian Lingkungan Tzu Chi yang bertempat di Jl. Sungai Sedapat RT.41 Kelurahan Sukajaya, Palembang.

Kebaikan Dibalik Donor Darah

Kebaikan Dibalik Donor Darah

28 Juni 2019

Relawan Tzu Chi Medan mengadakan kegiatan donor darah pada Minggu, 23 Juni 2019. Ada 147 orang yang berhasil mendonorkan darahnya, dari 184 orang yang mendaftar.

Bersama Menggarap Ladang Berkah Dalam Kegiatan Donor Darah

Bersama Menggarap Ladang Berkah Dalam Kegiatan Donor Darah

20 April 2022

Sabtu, 9 April 2022 relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat bekerja sama dengan PMI menggelar kegiatan donor darah di ITC Mangga Dua Lantai 6. Dengan 70 orang calon pendonor, yang 57 di antaranya lolos untuk mendonorkan darahnya.

Cemberut dan tersenyum, keduanya adalah ekspresi. Mengapa tidak memilih tersenyum saja?
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -