Setiap Donor Darah adalah Penyelamat Hidup

Jurnalis : Darmawan Handoko (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Darmawan Handoko (Tzu Chi Palembang)
Para peserta donor darah dipandu oleh relawan Tzu Chi Palembang saat pendaftaraan.

Pada Minggu, 07 Mei 2023 relawan Tzu Chi Palembang komunitas Xie Li Radial mengadakan kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kota Palembang. Kegiatan donor darah yang rutin dilaksanakan ini bertujuan untuk menambah stok ketersediaan darah di PMI.

Kegiatan donor darah ini diadakan di Kantor Tzu Chi Palembang, Jl. Radial, Kompleks Ilir Barat Permai, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang. Sejak pagi, relawan Tzu Chi Palembang sudah  berkumpul serta menyiapkan barang-barang yang dibutuhkan untuk kegiatan donor darah.

Sebelum mendonorkan darah, seluruh peserta dicek terlebih dahulu kadar Hemoglobin-nya oleh petugas dari PMI Palembang.

Ketika para peserta sudah mulai hadir, relawan pun mengarahkan para peserta untuk melakukan registrasi dengan mengisi absensi serta formulir donor darah yang telah disiapkan. Selanjutnya para peserta akan dicek kadar Hb (Hemoglobin) dalam darah. Bila kadar Hb sesuai dengan standar, maka peserta dapat mendonorkan darahnya. Dari 45 orang yang mendaftar, sebanyak 40 orang berhasil lolos pemeriksaan dan dapat mendonorkan darahnya.

Relawan Tzu Chi Palembang juga mendampingi para peserta saat mendonorkan darahnya.

Arif Hidayat, salah satu peserta yang ikut dalam kegiatan ini merupakan pendonor darah aktif. Ia telah mengikuti kegiatan donor darah lebih dari 45 kali. "Bagi saya sangat bagus kegiatan donor darah ini karena bisa membantu sesama yang membutuhkan. Pesan saya supaya kegiatan seperti ini diteruskan, karena bisa membantu sesama," ujar Arif Hidayat.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Donor Darah itu Menyehatkan

Donor Darah itu Menyehatkan

21 Januari 2015 Relawan Tzu Chi bekerja sama dengan manajemen Lottemart dan Palang Merah Indonesia (PMI) melaksanakan kegiatan rutin ini dalam setahun terakhir.
Donor Darah, Donor Kehidupan

Donor Darah, Donor Kehidupan

04 Januari 2017
Relawan Tzu Chi mengadakan kegiatan donor darah secara rutin empat bulan sekali di kantor Tzu Chi untuk bersama-sama melakukan kebajikan melalui aliran darah membantu orang lain yang membutuhkan. Donor darah diadakan pada tanggal 18 Desember 2016.
Donor Darah Itu Bermanfaat

Donor Darah Itu Bermanfaat

26 Januari 2016

Relawan komunitas He Qi Pusat kembali mengadakan kegiatan donor darah pada 23 Januari 2016 di Sekretariat Relawan Komunitas He Qi Pusat, Gedung ITC Mangga Dua Lt. 6, Jakarta Utara. Beberapa donor yang telah berulang kali mendonorkan darah mengungkapkan manfaat donor darah.

Jika menjalani kehidupan dengan penuh welas asih, maka hasil pelatihan diri akan segera berbuah dengan sendirinya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -