Berbagi Berkah di Bulan Ramadan, Tzu Chi Bagikan Paket Cinta Kasih untuk Warga Palmerah, Jakarta Barat

Jurnalis : Nunik Triyana (He Qi Barat 2), Fotografer : Mery Hasan, Hery Subrata (He Qi Barat 2)

Relawan Tzu Chi sejak pukul 6 pagi sudah mulai menata dan mempersiapkan paket sembako yang akan diberikan kepada warga di Palmerah, Jakarta Barat.

Wajah sukacita menghiasi pagi yang cerah di kawasan Palmerah, Jakarta Barat, Minggu 24 Maret 2024. Hal ini dikarenakan sebanyak 260 warga di RW 08 mendapatkan paket cinta kasih dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Paket berisikan 10 kg beras dan 20 bungkus mi instan ini dibagikan oleh 42 orang relawan Tzu Chi dari Komunitas He Qi Barat 2.

Sejak pukul 6 pagi, relawan sudah berdatangan ke lokasi untuk mempersiapkan logistik supaya kegiatan pembagian ini berjalan lancar dan teratur. Mulai dari memasang tenda, menata beras, dan juga mi instan. Relawan juga sudah diberikan arahan untuk titik jaga masing-masing supaya alur pembagian lebih terarah dan tertib.

“Saya secara pribadi dan kedinasan mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi yang telah melaksanakan bakti sosial ini, diharapkan bantuan ini dapat membantu masyarakat secara langsung, apalagi akhir-akhir ini beras lagi mahal ya, dan ini momennya tepat sekali di bulan Ramadhan,” ungkap Zaenal Ngaripin (39) Lurah Palmerah dalam sambutan nya.

Zaenal Ngaripin, Lurah Palmerah menyampaikan terima kasihnya kepada insan Tzu Chi yang telah memberi perhatian kepada warganya, khususnya mereka yang kurang mampu.

Kegiatan pembagian paket cinta kasih ini juga mendapatkan dukungan penuh dari perangkat desa, baik RT, RW hingga ibu-ibu kader PKK setempat. Sejak pukul 9 pagi warga sudah tertib mengantre dan satu persatu paket cinta kasih mulai dibagikan. Beberapa relawan muda juga dengan sigap membantu warga, utamanya Lansia yang tidak kuat membawa paket sembako tersebut.

Mery Lay (63), selaku koordinator kegiatan menyampaikan, tahun ini pembagian paket cinta kasih dilakukan di Palmerah untuk menyambung kegiatan sebelumnya dimana Tzu Chi juga melakukan pembangunan fisik (bedah rumah) terhadap beberapa rumah warga. “Palmerah ini sekarang menjadi kawasan binaan Tzu Chi, dan kebetulan disini sedang berjalan bedah rumah, jadi kita putuskan pembagian paket cinta kasih difokuskan di Palmerah, supaya bisa menjalin jodoh yang lebih baik, mungkin warga disini ada juga yang mau menjadi relawan,” tambahnya.

Rina, salah satu warga merasa bahagia menerima paket sembako ini, terlebih ketika harga-harga melambung tinggi di masa menjelang hari raya lebaran.

Salah satu penerima bantuan, Rina (34) mengungkapkan kebahagiaannya mendapatkan bantuan dari Tzu Chi ini. Dengan mata berkaca-kaca Rina tak henti mengucapkan terima kasih dan rasa syukurnya. “Ya Allah seneng banget, alhamdulillah, ayahnya ngojek lagi sepi mana beras kan lagi mahal banget ya, aduh ini seneng banget, terima kasih banget,” ungkap Rina.

Tak hanya Rina, Ratiyah (54) juga mengungkapkan hal yang sama, kondisinya yang sedang sakit membuatnya tidak bisa bekerja. Untuk kebutuhan harian ia di bantu anak-anaknya yang sudah bekerja. Ratiyah mengungkapkan bantuan beras ini sangat berguna dan benar-benar membantu karena harganya yang sangat tinggi.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Menjalin Silaturahmi dengan Berbagi Menjelang Idul Fitri

Menjalin Silaturahmi dengan Berbagi Menjelang Idul Fitri

05 April 2024

Tzu Chi Tanjung Balai Karimun membagikan paket cinta kasih menyambut Hari Raya Idul Fitri di Kelurahan Darussalam yang lokasinya terpencil sehingga banyak orang membutuhkan jarang mendapatkan bantuan.

Paket Cinta Kasih Lebaran Bagi Warga Jelutung, Jambi

Paket Cinta Kasih Lebaran Bagi Warga Jelutung, Jambi

15 April 2024

Dalam rangka menyambut Idul Fitri 1445 Hijrah, Tzu Chi Jambi mengadakan baksos pembagian paket sembako di sekitar lingkungan pembangunan gedung Kantor Tzu Chi Jambi. Paket berisi beras, tepung, biskuit, sirup, dan susu.

Paket Lebaran 2024: 1.950 Paket Sembako untuk Warga Kamal Muara

Paket Lebaran 2024: 1.950 Paket Sembako untuk Warga Kamal Muara

18 Maret 2024

Tzu Chi Indonesia bagikan Paket Cinta Kasih Lebaran 2024 di wilayah Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara. Dalam kegiatan ini sebanyak 1.950 paket sembako dibagikan kepada warga RW 01 dan RW 04, Kamal Muara.

Bekerja untuk hidup sangatlah menderita; hidup untuk bekerja amatlah menyenangkan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -