Berbagi Buku, Penunjang Masa Depan

Jurnalis : Tji Ciong Ilham (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Tji Ciong Ilham (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Relawan zu Chi Cabang Sinar Mas komunitas Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 2 dari Kebun Seruyan menyeberangi Sungai Sembilat untuk mengantarkan buku-buku ke SDN 1 Sebabi.

“Memberi perhatian pada orang lain sama dengan memberi perhatian pada diri sendiri. Membantu orang lain juga berarti membantu diri sendiri”
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Salah satu cara mendukung terciptanya proses belajar mengajar yang berkualitas adalah adanya buku. Hal ini pula yang mendasari relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas komunitas Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 2 dari Kebun Seruyan yang membantu pengadaan buku di Perpustakaan SDN 1 Desa Sebabi, Kec. Batu Ampar, Kalimantan Tengah. Perjalanan menuju sekolah ini tidak mudah. Relawan harus menyeberangi Sungai Seruyan yang cukup besar dan dalam dan dilanjutkan perjalanan darat. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat relawan mengirimkan buku-buku berkualitas.

Relawan menyerahkan buku secara simbolis ke salah satu guru SDN 1 Sebabi.

Suasana interaksi dengan guru dan murid SDN 1 Sebabi dalam proses penyerahan buku.

Informasi yang diterima relawan, belum lama ini SDN 1 Sebabi telah mengikuti rangkaian Akreditasi Sekolah dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Provinsi Kalimantan Tengah dengan nilai 76. Nilai ini termasuk kategori baik. Tiga tahun sebelumnya, sekolah ini belum menjalani akreditasi. “Kita tentu senang ikut mendukung kualitas sekolah ini dengan buku-buku yang sudah kita siapkan. Apalagi sekolah ini baru saja akreditasi. Semoga bisa meningkatkan semangat anak-anak di sini untuk belajar ya,” tutur Tji Ciong Ilham, salah satu relawan.

Guru dan murid-murid SDN 1 Sebabi menyambut baik bantuan buku ini. Bakti Raharjo, salah satu guru menyampaikan kegembiraannya menerima bantuan buku kali ini. Alasannya karena beberapa buku yang diterima mengulas tentang peningkatan kualitas pembelajaran, peningkatan profesionalisme guru dan bahkan ada beberapa buku mengulas teknik penelitian guru di sekolah dalam upaya menemukan kekurangan sekolah dan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh bapak ibu guru.

“Sangat-sangat berterima kasih atas bantuan buku ini. Tentu ini akan sangat menunjang proses belajar bukan hanya siswa-siswa kami, tapi juga kami para guru,” ucap Bakti Raharjo.

Murid-murid SDN 1 Sebabi antusias membuka buku-buku yang baru saja diserahkan relawan.

Foto bersama relawan, guru, dan murid SDN 1 Sebabi setelah penyerahan buku.

Bantuan buku ini bukan hanya mendukung kualitas belajar mengajar di SDN 1 Sebabi, tetapi juga menjadi sarana menciptakan kebahagiaan relawan dengan para guru dan murid.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Pemberian Buku Untuk Perpustakaan Desa Sidomulyo di Lampung

Pemberian Buku Untuk Perpustakaan Desa Sidomulyo di Lampung

27 September 2018
Relawan Tzu Chi di Lampung memberikan bantuan buku untuk perpustakaan di Desa Sidomulyo, Tulang Bawang Lampung. Ada sekitar 240 buku yang disumbangkan, terdiri dari buku pelajaran SD kelas 3 sampai kelas 6.
Berbagi Buku, Penunjang Masa Depan

Berbagi Buku, Penunjang Masa Depan

30 Desember 2022

Kebutuhan buku menjadi hal yang penting untuk menunjang proses belajar di sekolah. Hal ini yang mendasari relawan Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 2 membantu pengadaan buku di perpustakaan SDN 1 Desa Sebabi, Kecamatan Batu Ampar, Kalimantan Tengah.

Membuka Jendela Pengetahuan Melalui Bantuan Buku Bacaan

Membuka Jendela Pengetahuan Melalui Bantuan Buku Bacaan

07 Mei 2019

Relawan Tzu Chi di Xie Li Kalimantan Selatan 1 berusaha meningkatkan minat baca anak-anak Desa Sukamaju di Kecamatan Sampanahan Kabupaten Kotabaru. Pemberian buku dilaksanakan di perpustakaan Desa Sukamaju pada 30 April 2019.

Bertambahnya satu orang baik di dalam masyarakat, akan menambah sebuah karma kebajikan di dunia.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -