Berbagi di Bulan Ramadan dengan Pembagian 500 Paket Takjil

Jurnalis : Surya Metal (Tzu Chi Makassar), Fotografer : Syanny Wijaya (Tzu Chi Makassar)

Walaupun diguyur hujan, relawan dan Tzu Ching Makassar membagikan Takjil gratis kepada masyarakat yang sedang melintas di salah satu jalan di Kota Makassar.

Di bulan Ramadan tahun 2023, Tzu Ching (muda-mudi Tzu Chi) Makassar membagikan Takjil  (makanan dan minuman untuk berbuka puasa) pada Minggu, 26 Maret 2023. Takjil ini diberikan kepada para pedagang kaki lima, pengemudi ojek online, pemulung, pejalan kaki, tukang becak, tukang parkir, dan pengguna jalan yang tengah menjalankan aktivitasnya dan berpuasa. Lokasi pembagiannya berada di empat titik jalan yang berada di Kota Makassar yaitu Jalan Achmad Yani, Jalan Mesjid Raya, Jalan Botolempangan, dan Jalan Bandang.

Sejak pukul 12.00 WITA, para relawan muda mudi Tzu Chi berkumpul untuk memasak dan mempersiapkan Takjil yang akan dibagikan. Menu Takjil yang dibuat kali ini sebanyak 500 paket berupa es buah dan nasi kotak. Sebanyak 23 Tzu Ching Makassar berpartisipasi dalam persiapan pembagian Takjil ini di Kantor Tzu Chi Makassar. Di waktu yang bersamaan, tim konsumsi Tzu Chi Makassar juga menyiapkan nasi kotak di rumah salah satu relawan Tzu Chi.

Sebanyak 23 Tzu Ching Makassar menyiapkan minuman berupa es buah yang menjadi salah satu menu Takjil di Kantor Tzu Chi Makassar.

Selain es buah, nasi kotak vegetarian juga dibagikan oleh Tzu Ching Makassar dalam kegiatan pembagian Takjil.

Pukul 17.00 WITA, relawan dibagi menjadi 4 tim untuk membagikan paket Takjil di lokasi yang sudah ditentukan. Walaupun diguyur hujan, relawan dan Tzu Ching Makassar tetap bersemangat untuk membagikan Takjil gratis kepada masyarakat. Sangkala, salah satu juru parkir yang bertugas di Jalan Botolempangan merasa senang dengan pembagian Takjil ini. “Walaupun siang tadi matahari sangat terik tetapi tidak mematahkan niat saya untuk berpuasa. Dan sangat berkah karena adik-adik membagikan makanan untuk buka puasa secara gratis,” ungkap Sangkala.

Selain tukang parkir, para pemulung juga mendapatkan Takjil tersebut. Udin seorang pemulung yang kebetulan sedang melintas di jalan Mesjid Raya sambil menggendong anaknya yang masih berusia 3,5 tahun juga mendapatkan berkah ini. “Sangat syukur karena anak-anak muda seperti kalian sangat punya kepedulian terhadap sesama. Semoga makanan ini menjadi berkah dan menambah amal adik-adik,” ungkap Udin.

Selain pengguna jalan raya, Takjil dibagikan kepada pedagang kaki lima, pengemudi ojek online, pemulung, pejalan kaki, tukang becak, dan tukang parkir.

Relawan Tzu Chi, Sunny juga turut berpartisipasi dalam kegiatan juga mengungkapkan kesannya mengikuti pembagian Takjil ini. “Pastinya capek, tapi di sisi lain seru dan senang. Ada perasaan senang berbagi dengan orang lain, seperti orang-orang yang masih beraktivitas di jalanan. Bila kita senang maka kita bisa berbagi dengan yang lain,” kata Sunny penuh sukacita.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Menebar Cinta Kasih dengan Membagikan 622 Takjil

Menebar Cinta Kasih dengan Membagikan 622 Takjil

27 April 2023

Tzu Chi Bandung bersama PT. Panghegar Mitra Abadi membagikan 622 takjil dan 1.000 roti bagi pengendara yang mengisi bahan bakar di SPBU Panghegar pada 7 April 2023.

Semangat Bertoleransi, Muda-mudi Tzu Chi di Bandung Bagikan Paket Takjil

Semangat Bertoleransi, Muda-mudi Tzu Chi di Bandung Bagikan Paket Takjil

21 Maret 2024

Muda-mudi Tzu Chi atau Tzu Ching di Bandung membagikan takjil di sekitar Aula Jing Si Bandung. Sebanyak 500 kue mochi dan 500 botol es jelly dibagikan kepada warga yang hendak berbuka puasa.

Pembagian Takjil Bersama Tzu Ching Medan

Pembagian Takjil Bersama Tzu Ching Medan

28 April 2022

Relawan Tzu Ching Medan mengadakan kegiatan Pembagian Takjil di Kantor Tzu Chi Cabang Medan yang diikuti oleh 21 orang relawan dan calon relawan Tzu Ching.

Kebahagiaan berasal dari kegembiraan yang dirasakan oleh hati, bukan dari kenikmatan yang dirasakan oleh jasmani.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -