Berbagi Kasih dengan Warga Tionghoa

Jurnalis : Nuraisyah Baharuddin (Tzu Chi Makassar), Fotografer : Robin Johan (Tzu Chi Makassar)
 

foto
Tanggal 12 Januari 2014, Tzu Chi Makassar berbagi kasih dengan warga Tionghoa di Makassar menjelang Tahun Baru Imlek.

Minggu, 12 Januari 2014, sejak pukul  9 pagi Kantor Penghubung Yayasan Buddha Tzu Chi Makassar mulai ramai dengan hadirnya warga Tionghoa yang ada di Kota Makassar. Mereka datang dengan sukacita meski hujan di pagi itu membasahi Makassar.

 

Kegiatan menyambut Tahun Baru Imlek ini dihadiri oleh puluhan relawan Tzu Chi, Tzu Ching, donatur, dan 684 warga Tionghoa yang ada di Makassar. Rata-rata warga Tionghoa yang diundang berasal dari keluarga kurang mampu. Berhubung gedung kantor Tzu Chi Makassar belum mendukung untuk menampung ratusan warga, maka kegiatan ini dibagi dalam 2 sesi, pagi hari dan siang hari. Masing-masing sesi diisi dengan beberapa rangkaian kegiatan: menonton video ceramah Master Cheng Yen, pembagian bingkisan imlek dan angpau hasil pengumpulan sumbangan dari para donatur.

Dalam sambutannya Ketua Tzu Chi Makassar menyampaikan, “Selamat menyambut Tahun Baru Imlek. Semoga tahun depan semakin banyak donatur yang bisa membantu sehingga para warga yang belum mendapatkan kesempatan atau berjodoh dengan kita dapat merasakan imlek bersama-sama di tahun depan. Dan berharap jodoh para warga dan relawan bukan hanya pas ada kegiatan ini, namun terus berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya. Terima kasih buat semua donatur yang telah banyak bersumbangsih, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana. Gan En.”

foto   foto

Keterangan :

  • Sekitar 684 warga menghadiri acara di kantor Tzu Chi Makassar ini. Acara dibagi dalam 2 sesi yaitu pagi dan siang (kiri).
  • Relawan menyambut hadirin yang hadir dengan penuh sukacita, dan memberikan bingkisan serta angpau untuk dibawa pulang (kanan).

Relawan Tzu Chi juga memberitahukan bahwa bila ada di antara para hadirin yang membutuhkan bantuan pengobatan ataupun pendidikan, mereka dapat mencoba mengajukan permohonan ke Tzu Chi Makassar. Di akhir acara dengan sukacita dan cinta kasih relawan Tzu Chi membagikan beberapa bingkisan dan angpau untuk semua warga yang hadir. Berharap bingkisan ini dapat menjadi bekal dalam menyambut Tahun Baru Imlek. Sebelum hadirin meninggalkan lokasi ada beberapa yang ikut bersumbangsih dengan mengisi celengan bambu yang diedarkan oleh relawan Tzu Chi.

  
 

Artikel Terkait

Ketegaran Hati Chin Kim Fo

Ketegaran Hati Chin Kim Fo

10 Desember 2010
Hidup dengan seorang istri yang menderita stroke dan seorang anak yang berkebutuhan khusus tentunya bukan suatu hal yang mudah dijalani. Hanya dengan keikhlasan untuk menerima cobaan hidup seperti inilah baru seseorang dapat menjalani hari-harinya dengan tenang.
Memilih Jalan Bodhisatwa Dunia

Memilih Jalan Bodhisatwa Dunia

13 Maret 2014 Sepanjang tahun insan Tzu Chi terus menjalankan berbagai kegiatan yang berlandaskan Empat Misi Utama, yakni Misi Amal, Misi Kesehatan, Misi Pendidikan dan Misi Budaya Humanis. Melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan ini, masyarakat dapat mengenal Yayasan Buddha Tzu Chi dengan baik.
Suara Kasih : Mengintropeksi Diri

Suara Kasih : Mengintropeksi Diri

10 Maret 2011 Kita sungguh harus bertekad untuk mencapai kebuddhaan dan tidak hanya mencurahkan cinta kasih terhadap keluarga dan teman saja, melainkan terhadap semua orang di dunia. Selain itu, kita harus berikrar luhur. Dengan demikian, barulah kita dapat membimbing orang lain.
Walau berada di pihak yang benar, hendaknya tetap bersikap ramah dan bisa memaafkan orang lain.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -