Berbagi Kasih ke Tiga Balai Penitipan Anak

Jurnalis : Diana Kristina, Imelda Virgo (Tzu Chi Cabang Sinar Mas) , Fotografer : Sukma, Imim, Fatmawati (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Keceriaan relawan Dharma Wanita bersama anak-anak di Balai Penitipan Anak (BPA).


Adanya cinta kasih didalam hati membangkitkan kekuatan yang tidak terhingga, Jika ada ikrar untuk bersumbangsih., tidak ada hal yang tidak bisa dilakukan.
(Kata Perungan Mater Cheng Yen)

Matahari bersinar cukup terik, namun tidak menghalangi langkah delapan relawan Tzu Chi di Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 3 berbagi kasih untuk tiga Balai Penitipan Anak (BPA) yang berada di Kebun Perdana, Jumat (12/1/24). Mengingat lokasi BPA yang berjauhan, relawan berbagi tugas. Fenny Isnaini dan Fatmawati ke BPA yang berada di pondok 1.  Sementara Diana, Melda, dan Imim menuju BPA di pondok 2. Sukma Endah dan Lilik ke BPA di pondok 3.

Setelah berbagi tugas, relawan segera berpencar menuju lokasi BPA yang sudah disepakati. Kedatangan relawan disambut antusias anak-anak. Di masing-masing BPA, relawan mengajak anak-anak bermain dan bernyanyi. Juga diselingi edukasi ringan. Selain itu, relawan juga memberikan makanan tambahan berupa bubur kacang hijau dan sate telur puyuh yang diberi bumbu semur. Meski tiap BPA sudah ada pengasuhnya, kedatangan relawan menambah keceriaan anak-anak dan para pengasuh. BPA sendiri merupakan tempat penitipan anak yang orang tuanya bekerja.

Seorang relawan memberikan makanan tambahan.

Makasi banyak lho Bu sudah datang berkunjung melihat anak–anak dan maen bersama anak-anak, dibawakan makanan sama bubur kacang hijau lagi bu. Sudah lama nih Bu nggak dikunjungi. Pokoknya terima kasih banyak ya Bu,” ucap Ariyanti pengasuh BPA dari pondok 3.

“Saya seneng Bu uda didatangi gini ngasih anak-anak pelajaran dan nyanyi bareng anak-anak gini rasanya seneng sudah diperhatikan,” ujar Maryanti pengasuh BPA pondok 2 dengan wajah berbinar.

Bisa meluangkan waktu dan berbagi dengan anak-anak di BPA membawa kebahagiaan tersendiri bagi Sukma, salah satu relawan.  “Senang rasanya bisa berbagi kasih dan mengunjungi anak-anak di BPA ini. Sudah lama kami tidak mengunjungi BPA dan melihat anak-anak karyawan bermain dan diasuh oleh para pengasuh hebat yang dapat mengatasi berbagai macam karakter anak-anak dengan usia di bawah tujuh tahun,” pungkasnya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Tetap Semangat, Tak Ada Kata Putus Asa

Tetap Semangat, Tak Ada Kata Putus Asa

23 Mei 2022

Relawan Tzu Chi dari komunitas Xie Li Bogor  Rabu 18 Mei 2022 mengunjungi Retno (63), warga Cibinong yang tengah berjuang untuk sembuh dari kanker payudara stadium 4.

Kepedulian dan Semangat Welas Asih di Kota Baru Kalimantan Selatan

Kepedulian dan Semangat Welas Asih di Kota Baru Kalimantan Selatan

29 Oktober 2014 Relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Perwakilan Sinar Mas melakukan kunjungan kasih ke sebuah Sekolah Dasar Negeri Luar Biasa yang berada di Kota Baru, Kalimantan Selatan.
Memberikan Kehangatan bagi Anak-Anak Penyandang Disabilitas

Memberikan Kehangatan bagi Anak-Anak Penyandang Disabilitas

18 April 2018
Relawan Tzu Chi Bandung mengunjungi anak-anak penyandang disabilitas di Yayasan Aziziyah, Bandung, 13 April 2018. Pelayanan yang diberikan di antaranya berupa pemeriksaan kesehatan dan pengukuran alat bantu bagi beberapa anak yang membutuhkan
Kita harus bisa bersikap rendah hati, namun jangan sampai meremehkan diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -