Berbagi Kebahagiaan dengan Donor Darah

Jurnalis : Widodo (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Surono (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Tzu Chi Cabang Sinar Mas menggelar kegiatan donor darah perdana tahun 2023 di Sinar Mas Land Plaza pada Rabu, 8 Februari 2023.

Bersumbangsih bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya melalui donor darah. Seperti yang dilakukan Tzu Chi Cabang Sinar Mas di ruang Narwastu, Sinar Mas Land Plaza pada Rabu, 8 Februari 2023. Ini merupakan kegiatan donor darah perdana di tahun 2023. Banyak karyawan yang bekerja di lingkungan Sinar Mas Land Plaza antusias mengikuti donor darah ini. Tak kurang 349 orang mendaftarkan diri menyumbangkan darahnya. Namun setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, 292 orang dinyatakan layak mendonorkan darahnya.

Salah satu peserta donor darah hari ini adalah Natasha Erberta. Ia meyakini melalui donor darah tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi wujud syukur terhadap pemberian Yang Maha Kuasa. “Bagi saya hidup itu tidak hanya mengejar uang tapi semua apa yang kita dapat itu semua berasal dari Yang Di Atas. Sehingga sebisa mungkin dalam hidup kita ini bisa berbagi kepada sesama, dan selagi kita masih sehat, selagi kita masih mampu marilah kita donor darah selama darah itu diberikan Tuhan secara gratis kepada kita,” ujar perempuan yang sudah 15 kali berdonor darah ini.

Irwan Tirtariyadi, Head of Upstream Sinar Mas Agribusiness and Food juga ikut serta berpartisipasi mendonorkan darahnya.

Selain Natasha Erberta, Allen Elwin juga menjadi pendonor. Ia sudah berdonor sebanyak 25 kali. Berdonor juga dijadikan Allen Elwin sebagai bentuk terima kasih kepada orang yang pernah membantunya. Ketika lahir, ibunda Allen mengalami pendarahan. Berkat kebaikan banyak orang, ia dan ibunya bisa melalui masa sulit ketika lahir dengan selamat.

“Mungkin ini sebagai bentuk sumbangan yang bisa saya dilakukan ya. Karena diceritakan orang tua saya dengan kondisi kekurangan darah karena pendarahan. Jadi saya berpikir kenapa tidak untuk mendonorkan. Selain kesehatan tentunya membantu yang membutuhkan. Kita tidak tahu di rumah sakit sana siapa yang sedang membutuhkan darah untuk operasi mengobati penyakitnya,” ujar Allen Elwin.  

Priyojatmoko meyakini berdonor selain sehat untuk tubuh tapi juga sarana berbagi degan orang lain.

Manfaat berdonor juga dirasakan Priyojatmoko. Ia rutin berdonor tiga bulan sekali. Kadang di PMI, tapi lebih sering berdonor di lingkungan Sinar Mas Land Plaza. “Dengan berdonor saya merasakan lebih seger  ya, habis donor itu badan lebih ringan kemudian saya pikir-pikir kok enak, makanya kita rutin berdonor setiap 3 bulan sekali gitu. Selain itu saya rasa ini satu kesempatan yang baik kita masih bisa berbagi dengan orang lain. Siapa tahu darah kita bisa digunakan untuk orang yang membutuhkan. Dan menurut saya itu bagus banget,” ungkapnya.  

Sebanyak 292 kantong darah berhasil dikumpulkan dalam kegiatan donor darah Tzu Chi Cabang Sinar Mas kali ini.

Donor darah selain menyehatkan bagi tubuh juga sebagai langkah sederhana untuk membuat perbedaan besar dalam hidup orang lain. Setetes darah yang kita bagikan membawa kebahagiaan bagi orang yang membutuhkan.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Bersumbangsih Melalui Donor Darah

Bersumbangsih Melalui Donor Darah

22 Juni 2023

Kegiatan donor darah kembali dilaksanakan oleh relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Medan, Hu Ai Petisah di Vihara Pak Ti Hut Co. Sebanyak 70 kantung darah terkumpul melalui kegiatan ini.

Bersumbangsih Melalui Donor Darah

Bersumbangsih Melalui Donor Darah

27 September 2016
Yayasan Buddha Tzu Chi Bandung kembali bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI)serta Lembaga Bahasa dan Pendidikan Profesi LIA Bandung menggelar donor darah. Kegiatan yang digelar di kampus LIA Bandung pada 20 September 2016 ini diikuti para pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum.
Sekantung Darah untuk Sesama

Sekantung Darah untuk Sesama

16 September 2014 Pada hari Sabtu, 23 Agustus 2014, relawan Tzu Chi Hu Ai Kebon Jeruk kembali mengadakan kegiatan donor darah. Acara yang digelar setiap tiga bulan sekali ini diadakan di Kantor RW 06 Bojong, Jakarta Barat dan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Tangerang.
Apa yang kita lakukan hari ini adalah sejarah untuk hari esok.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -