Semangat Penderma Darah

Jurnalis : Dewi Sartika Suharjo (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Dewi Sartika Suharjo (Tzu Chi Palembang)

Relawan Tzu Chi komunitas Xie Lie Radial bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Kelenteng Chu mengadakan kegiatan donor darah pada 18 Desember 2022, di Kelenteng Tridharma Ciu Pek Keng.

Hampir setiap bulannya, relawan Tzu Chi Palembang dari berbagai Xie Li bergantian untuk mengadakan acara donor darah di lokasi berbeda. Tujuannya agar dapat merangkul lebih banyak pendonor darah yang ingin bersumbangsih sekaligus mempermudah pendonor untuk mendonorkan darahnya di lokasi terdekat.

Kali ini, relawan Tzu Chi komunitas Xie Lie Radial bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Kelenteng Chu mengadakan kegiatan donor darah pada 18 Desember 2022, di Kelenteng Tridharma Ciu Pek Keng. Tak sedikit pendonor yang datang bersama anaknya untuk memperkenalkan dan mengajarkan pentingnya donor darah.

Para peserta mengecek kondisi kesehatannya dan kadar Hb (hemoglobin) di dalam darah. Apabila hasilnya sesuai dengan standar, maka peserta dapat mendonorkan darahnya.

Protokol kesehatan tetap dijalankan meskipun angka Covid-19 sudah mulai mereda. Sebelum kegiatan, para peserta melakukan tahap registrasi untuk mengisi formulir donor darah. Setelah proses selesai, para peserta dicek kondisi kesehatannya dan kadar Hb (hemoglobin) di dalam darah. Apabila hasilnya sesuai dengan standar, maka peserta dapat mendonorkan darahnya.

Melani dan Andri adalah sepasang suami istri yang datang bersama kedua anaknya, Kelviano dan Kendriano. Ini adalah ketiga kalinya Andri berhasil mendonorkan darahnya di kegiatan Tzu Chi Palembang. “Kelviano ini tertarik untuk mendonorkan darahnya, sekarang dia baru kelas 5 SD tapi nanti kalo sudah lebih besar dia mau ikut donor darah,” kata Andri. “Walaupun sekarang belum berhasil untuk donor darah karena HB saya rendah, tapi kita tahu dengan mendonorkan darah, kita tidak hanya menolong orang lain tapi juga menolong diri kita sendiri karena kita jadi lebih sehat,” sambung Melani.

Alex Lim (memakai rompi) menyapa peserta donor darah dan berbincang santai. Ia menanyakan kabar pendonor dan berbagi kisah layaknya teman lama.

Sebanyak 44 kantong darah berhasil dikumpulkan setelah para calon pendonor lolos screening kesehatan. Alex Lim adalah seorang pendonor aktif yang menjadi relawan pada kegiatan kali ini dan berhasil mendermakan darahnya. Dengan langkah yang sigap, senyuman ramah dibalik masker putih, dan tangan yang siap membantu setiap pendonor untuk berbuat kebajikan, Alex menanyakan kabar pendonor dan berbagi kisah layaknya teman lama.

“Ini adalah perdana saya menjadi relawan kegiatan baksos donor darah Tzu Chi dan saya mengajak istri untuk ikut di sini. Ditempatkan sebagai apapun, saya sangat gan en karena ibarat kata, hidup ini apalah artinya suatu saat kita kaya materi, tetapi tidak ada bekal untuk kehidupan setelah ini. Bekal itu ialah semangat dan motivasi yang bisa kita berikan kepada para pasien dan juga saya ingin menggunakan hidup saya sebaik-baiknya,” jelas Alex bersukacita.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Menjalin Jodoh Baik Lewat Donor Darah

Menjalin Jodoh Baik Lewat Donor Darah

01 April 2024

Bersumbangsih tak hanya berupa uang melainkan bisa berupa waktu dan tenaga. Seperti yang dilakukan para relawan Tzu Chi Batam yang saling bahu membahu menyiapkan kegiatan donor darah.

Menyempatkan Donor Darah di Sela-sela Pekerjaan

Menyempatkan Donor Darah di Sela-sela Pekerjaan

22 Maret 2019
Tzu Chi Sinar Mas kembali mengajak para karyawan sekitar gedung perkantoran MSIG Tower di Jakarta Selatan untuk berbuat kebaikan melalui donor darah dan Penuangan Celengan Bambu, 12 Maret 2019. 
Setetes Darah Anda Bermanfaat Bagi Orang Lain

Setetes Darah Anda Bermanfaat Bagi Orang Lain

03 Mei 2018
Darah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Setetes darah dapat menjadi sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan. Karena itu Tzu Chi Tanjung Balai Karimun kembali mengadakan donor darah, Minggu 29 April 2018. Donor darah sebelumnya digelar pada Januari 2018.
Orang yang selalu bersumbangsih akan senantiasa diliputi sukacita. Orang yang selalu bersyukur akan senantiasa dilimpahi berkah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -