Berbagi Kebahagiaan untuk Sesama

Jurnalis : Stephen Siega (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Darmawan H., Stephen S. (Tzu Chi Palembang)

Relawan Tzu Chi Palembang saling bekerjasama menyiapkan paket cinta kasih dalam menyambut Idul Fitri bagi warga Kelurahan 24 ilir.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2021, Tzu Chi Palembang menyiapkan dan membagikan 2.400 paket cinta kasih berupa beras, minyak goreng, gula, gandum, dan biskuit untuk warga yang kurang mampu di sekitar kantor Tzu Chi Palembang yang terletak Kelurahan 24 ilir. Kegiatan ini juga bekerjasama dengan pemerintah setempat, serta jajaran TNI dan Polri.

Pembagian paket cinta kasih menjelang Idul Fitri ini sudah menjadi kegiatan tahunan Tzu Chi Palembang. Persiapan paket cinta kasih ini kurang lebih sebulan dengan sumbangsih dari para relawan yang mempersiapkan isi paket, kardus yang digunakan, hingga siap diantar sampai ke tangan penerima bantuan.
 

Pengarahan kepada relawan Tzu Chi Palembang tentang tata cara survei, pembagian kupon, dan protokol kesehatan saat berinteraksi dengan warga di Kelurahan 24 ilir, Palembang.

Kemudian pada Minggu pagi, 25 April 2021 para relawan berkumpul di Tzu Chi Palembang untuk melakukan survei dan pembagian kupon paket cinta kasih. Sebelum berkegiatan, dilakukan pula pengarahan tentang tata cara survei, pembagian kupon, dan protokol kesehatan saat berinteraksi dengan warga di Kelurahan 24 ilir, Palembang.

Saat survei dan pembagian kupon paket cinta kasih secara door to door, ada 86 relawan Tzu Chi Palembang yang bertugas dengan didampingi oleh personil TNI dan Polri, pihak Lurah 24 ilir, dan 53 Ketua RT. Dalam kesempatan ini para relawan juga mengingatkan kepada penerima kupon untuk tetap mematuhi protokol kesehatan terkait Covid-19 pada saat pengambilan paket cinta kasih nanti. Para warga Kelurahan 24 Ilir menerima kupon bantuan tersebut dengan rasa suka cita dan bahagia.

 

Relawan Tzu Chi Palembang melakukan survei sekaligus membagikan kupon paket cinta kasih secara door to door kepada warga Kelurahan 24 ilir.

Berhubung wilayah Palembang masuk zona merah pandemi Covid-19, pada hari Rabu, 28 April 2021 pembagian paket cinta kasih yang berlokasi di sekitaran Kolam Renang Garuda Kodim 0418/Palembang hanya diserahkan kepada ketua-ketua RT sebagai perwakilan warga penerima bantuan. Selanjutnya paket untuk warga akan diserahkan ke warga lewat RT masing-masing, sehingga tidak ada kerumunan warga.

Kegiatan pembagian paket cinta kasih ini juga dihadiri oleh jajaran Pemerintah Kota Palembang, Kodim 0418/Palembang, dan Polrestabes Palembang. Acara juga dibuka oleh Wakil Ketua Tzu Chi Palembang, Suharjo Marzuki. “Sembako ini memang akan habis pada saatnya, namun cinta kasih dan rasa syukur yang terkandung didalamnya akan berlangsung sepanjang masa,” ungkap Suharjo Marzuki dalam sambutannya.

 

Untuk menghindari kerumunan warga, pembagian paket cinta kasih dari Tzu Chi Palembang diserahkan kepada ketua RT masing-masing wilayah sebagai perwakilan warga penerima bantuan.

Ucapan terima kasih atas bantuan paket cinta kasih dari Tzu Chi juga disampaikan oleh Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda SH. “Saya menyampaikan permohonan maaf dari bapak walikota tercinta Bapak H. Harnojoyo beliau belum bisa bersama dengan kita karena ada kegiatan yang begitu padat dan mewakilkan kepada saya, akan tetapi tentu ucapan ribuan terima kasih beliau sampaikan secara pribadi kepada Yayasan Buddha Tzu Chi dan orang - orang yang sudah bekerja keras untuk memberikan yang terbaik untuk warga terutama bantuan kemanusiaan berupa paket cinta kasih yang sudah di gagas oleh Yayasan Buddha Tzu Chi,” ungkap Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda SH.

Setelah acara penyerahan simbolis paket cinta kasih selesai, Wakil Walikota Palembang juga berkesempatan meninjau lokasi vaksinasi Covid-19 untuk lansia yang terselenggara berkat kerjasama antara Tzu Chi Palembang dengan Polda Sumatera Selatan.

 

Wakil Ketua Tzu Chi Palembang, Suharjo Marzuki, Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda SH, perwakilan Kodim 0418 Palembang, perwakilan Polrestabes Palembang, dan relawan Tzu Chi Palembang berfoto bersama dalam kegiatan pembagian paket cinta kasih.

Dalam pembagian paket cinta kasih tersebut tidak terlepas dari uluran tangan para donator, terkumpul sebanyak 329 donatur Tzu Chi Palembang yang telah bersumbangsih dalam mensukseskan pembagian paket cinta kasih ini. “Saya melihat banyak sekali relawan yang sangat bersungguh-sungguh hati dalam kegiatan ini. Mulai dari persiapan, packing, survei, dan pembagian paket cinta kasih. Semoga kegiatan yang dilakukan ini dapat meringankan penderitaan keluarga yang membutuhkan di Kelurahan 24 Ilir,” kata Novriko, relawan yang menjadi koordinator pembagian paket cinta kasih.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Paket Sembako di Dua Kelurahan dan Dua Kecamatan di Kota Bandung

Paket Sembako di Dua Kelurahan dan Dua Kecamatan di Kota Bandung

13 Mei 2020

Yayasan Buddha Tzu Chi Bandung membagikan paket sembako di dua Kelurahan, yaitu Jamika dan Dungus Cariang. Disamping itu penyerahan sembako pun secara simbolis dilakukan di Polsek Sukajadi, Kec. Sukajadi dan Polsek Sukasari, Kec. Sukasari.

Penyerahan Paket Sembako ke Koops AU 1

Penyerahan Paket Sembako ke Koops AU 1

18 Juni 2020
Rangkaian bantuan-bantuan sembako Tzu Chi untuk masyarakat yang terdampak langsung secara ekonomi akibat Covid-19 terus dilakukan. Kali ini, Tzu Chi Indonesia menyerahkan paket sembako cinta kasih kepada Komando Operasi Angkatan Udara 1 (Koops AU 1) di Komplek Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Kamis, 18 Juni 2020. 
5.000 Paket Sembako Tzu Chi Kembali Disalurkan untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

5.000 Paket Sembako Tzu Chi Kembali Disalurkan untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

30 September 2020

Sebanyak 5.000 paket sembako Tzu Chi kembali disalurkan kepada masyarakat kurang mampu yang terdampak pandemi Covid-19. Penyaluran bantuan ini melalui bakti sosial yang digelar di Markas Komando Resor Militer (Korem) 052/Wijayakrama, di Kelurahan Semanan, Kalideres Jakarta Barat, hari ini Rabu 30 September 2020.

Kebahagiaan berasal dari kegembiraan yang dirasakan oleh hati, bukan dari kenikmatan yang dirasakan oleh jasmani.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -