Berbagi Kebaikan Di Bulan Ramadan

Jurnalis : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung) , Fotografer : Muhammad Dayar (Tzu Chi Bandung)

Anggota Tzu Shao (murid Belas Budi Pekerti Tzu Chi) memberikan paket takjil berisi cake dan sirup buah kepada warga yang melintas di sekitar Aula Jing Si. 

Sebanyak 52 muda-mudi Tzu Chi (Tzu Ching) berkumpul menyiapkan 163 paket takjil bagi warga yang sedang menjalani ibadah puasa. Takjil tersebut dibagikan di sekitar Aula Jing Si Bandung, 26 Maret 2023.

“Kami mengadakan bagi takjil dan merayakan berbuka puasa dan diisi dengan memasak bersama ini untuk meningkatkan silaturahmi antar relawan. Sesuai dengan ajaran Master Cheng Yen karena Tzu Chi ini kan universal, saling menghargai agama lain, dengan momen di bulan puasa ini kami ikut menebar cinta kasih di sekitar kita,” ucap Rizki Nugroho Saputro salah satu anggota Tzu Ching.

Seorang relawan tunas Tzu Chi memberikan paket takjil kepada juru parkir dan warga sekitar yang akan berbuka pusa.

Seorang relawan tunas Tzu Chi tengah mempersiapkan penganan takjil untuk warga yang akan berbuka puasa. Kegiatan ini juga memperpanjang barisan Tzu Chi di kalangan muda-mudi.

Menu takjil kali ini para anggota Tzu Ching bersama-sama membuat cup cake dan sirop buah. “Saya senang melihat mereka hari ini bisa sama sama berkumpul buat  takjil  bareng kita hari ini buat minuman dan cupcake meskipun tidak saling kenal tetapi mereka bisa bekerja sama dengan baik dan saling menghargai yang puasa dan tidak puasa,” ujar Intan. "Kita membuat 150 paket takjil dan dibagikan disekitar Jing Si untuk belajar toleransi beragama dan berharap mereka bisa terus berkegiatan seperti ini sehingga barisan Tzu Ching-nya bertambah panjang," ujar Intan vandheri  relawan Tzu Chi yang mendampingi para anggota Tzu Ching.

Muda-mudi Tzu Chi Bandung begitu semangat saat  membuat  cup cake untuk takjil.

Setelah dua tahun lebih Tzu Ching Bandung terhenti selain karena masa pandemi. Pada kegiatan bagi takjil ini relawan Tzu Chi Bandung kembali menanam kembali bibit relawan Tzu Chi di kalangan muda-mudi. Seperti Annisa Puspo mahasiswi Universitas Padjajaran jurusan Teknik Pertanian, mengaku senang mengikuti kegiatan sosial.

“Kesan yang berharga karena di tahun ini menjadi volunteer pertama yang saya ikuti terus juga mengajarkan kita bagaimana hidup bertoleransi, bagaimana kita bisa berbagi dengan sesama walaupun berbeda agama,” ujar Annisa Puspo bangga.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Tzu Chi Bagi-bagi Takjil untuk Warga Surabaya

Tzu Chi Bagi-bagi Takjil untuk Warga Surabaya

23 Juli 2015
Yayasan Buddha Tzu Chi Surabaya menjadikan momen Ramadan sebagai agenda tahunan untuk menjalin jodoh baik dengan cara membagikan minum dan makanan ringan atau yang lebih dikenal dengan berbagi takjil untuk masyarakat.
Tzu Ching Makassar Bagikan Takjil, Ojek Online Pun Tersanjung

Tzu Ching Makassar Bagikan Takjil, Ojek Online Pun Tersanjung

10 Juni 2019

Tzu Chi Makassar bagi-bagi takjil untuk umat Muslim yang sedang menunaikan ibadah puasa di Bulan ramadhan yang penuh berkah, Minggu (26/5/2019). Bagi-bagi takjil ini dilakukan di tiga titik yakni, di Taman Segitiga, di Jalan Ince dg Ngoyo, dan di Kwarcab. Ketiga lokasi ini, berada tidak jauh dari lokasi Kantor Tzu Chi Makassar.

Sekantong Cinta Kasih di Bulan Ramadan

Sekantong Cinta Kasih di Bulan Ramadan

06 April 2023

Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Berbagi Bersama Tzu Ching Indonesia, di mana muda-mudi dan Tzu Ching di beberapa kota secara serentak membagikan takjil.

Dengan keyakinan yang benar, perjalanan hidup seseorang tidak akan menyimpang.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -