Berbagi Melalui Nasi Cinta Kasih

Jurnalis : Suriyanto Wijaya (Tzu Chi Jambi), Fotografer : Heriyanto, Montiar, Ortwen (Tzu Chi Jambi)

Relawan bekerja sama mempersiapkan nasi kotak vegetaris untuk dibagikan kepada warga Kota Jambi.

Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama dua tahun belakangan ini sangat menyulitkan banyak pihak, salah satunya para pedagang UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Hal tersebut juga menjadi perhatian Tzu Chi Xie Li Jambi untuk ikut berpartisipasi dalam program Tzu Chi Peduli Tzu Chi Berbagi (Gerakan Membantu Pedagang Kecil) yang dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama pada tanggal 29 Oktober 2021 – 31 Okt 2021 bertempat di halaman ex dealer Suzuki (Kelurahan Sungai Asam) dan sesi kedua pada tanggal 5 November 2021 – 7 November 2021 bertempat di halaman ruko sebelah Café Kopi Ketje (Kelurahan Jelutung).

Dalam kegiatan ini, Tzu Chi Xie Li Jambi memesan 610 nasi kotak vegetaris yang dibagikan 100 kotak per harinya. Nasi kotak ini dipesan kepada para pedagang UMKM yang merupakan referensi dari Lurah Sungai Asam dan Lurah Jelutung. Dari Kelurahan Sungai Asam dipilih warung Yana dan dari Kelurahan Jelutung dipilih Yeni yang merupakan relawan Abu Putih Tzu Chi Xie Li Jambi dan warung Siti Patonah. Dengan adanya Kegiatan Tzu Chi Peduli Tzu Chi Berbagi ini, Tzu Chi Xie Li Jambi sangat berharap dapat membantu pedagang kecil bertahan dan memutar roda perekonomian mereka di tengah pandemi Covid-19.

Relawan Tzu Chi berfoto bersama dengan Yana, pemilik warung makan tempat relawan memesan nasi kotak vegetaris sebagai gerakan membantu pedagang kecil.

Salah satu pemilik warung makan yang merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini adalah Yana. Setelah pandemi Covid-19 mulai masuk ke Indonesia, pemasukan warung Yana mulai mengalami penurunan. Sayur yang dimasak pun kerap bersisa padahal jumlah yang dimasak sudah dikurangi.

Jodoh baik menghampiri Yana ketika relawan Tzu Chi Xie Li Jambi melakukan survei atas rekomendasi dari Pak Lurah Sungai Asam yaitu Bapak Suhendri, SH. “Sangat bersyukur sekali bisa ikut serta dalam kegiatan Tzu Chi ini dan saya sangat berterima kasih kepada Tzu Chi yang telah memilih warung saya untuk kegiatan sehingga bisa membantu keuangan saya untuk makan sehari hari,” ujar Yana dengan bahagianya.

Suhendri, SH, Lurah Sungai Asam mengapresiasi Program Tzu Chi Peduli, Tzu Chi Berbagi. Ia juga turun langsung membagikan nasi kotak vegetaris ke rumah warga.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Yeni dan Siti Patonah. Yeni yang merupakan relawan Abu Putih Tzu Chi Xie Li Jambi setiap harinya berjualan makanan siap konsumsi di Pasar Jelutung, sedangkan Siti Patonah berjualan makanan di warung depan rumahnya. Atas rekomendasi dari Lurah Jelutung Bpk. Zainal dan setelah disurvei oleh relawan Tzu Chi Xie Li Jambi dipilihlah Yeni dan Siti Patonah.

“Saya sangat bahagia mendapat bantuan dari Tzu Chi melalui kegiatan Tzu Chi Peduli Tzu Chi Berbagi, uang yang saya dapat dari kegiatan ini bisa menjadi tambahan untuk usaha saya ke depannya. Saya juga tersentuh melihat semangat dari relawan Tzu Chi sehingga hati saya tergerak untuk ikut bersumbangsih dengan menyumbangkan tambahan 10 kotak nasi kotak vegetaris,” ujarnya Yeni bahagia.

Liliyana, relawan yang selalu semangat dalam berkegiatan turut serta membagikan nasi kotak vegetaris kepada penjual makanan keliling.

Siti Patonah mengungkapkan perasaan haru bercampur bahagia kepada relawan Tzu Chi. “Alhamdulillah banget dan saya sangat bersyukur bisa ikut serta dalam kegiatan ini, bisa kenal dengan relawan Tzu Chi yang ramah dan baik, baru tiga hari berkegiatan bersama sudah seperti keluarga sendiri. Saya merasa bersyukur banget. Semoga Tzu Chi Jambi dapat terus berkembang dan semakin banyak orang yang di bantu oleh Tzu Chi Jambi,” ungkap Siti Patonah dengan mata berkaca-kaca.

Bpk. Suhendri.SH, Lurah Sungai Asam sangat mengapresiasi Kegiatan Tzu Chi Peduli Tzu Chi Berbagi (Gerakan Membantu Pedagang Kecil) ini. Ia ikut turun melihat bagaimana Tzu Chi membagikan nasi kotak vegetaris langsung ke rumah warga di sekitar Kelurahan Sungai Asam. Ia juga berterima kasih karena masyarakat bisa terbantu, baik bagi pedagang juga warganya.

Rosita, relawan abu putih yang aktif berkegiatan sedang memberikan nasi kotak vegetaris kepada pengemudi ojek online yang melintas di daerah Jelutung.

“Selama masa pandemi ini pendapatan para pedangan pasti turun drastis. Di sisi lain, ada juga beberapa warga yang di-PHK sehingga kesulitan mencukupi kebutuhan sehari-hari,” tutur Suhendri. “Kegiatan ini sangat bagus dan saya mewakili warga Kelurahan Sungai Asam sangat berterima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi karena kegiatan ini sangat membantu para pedagang dan para warga yang ada di Kelurahan Sungai Asam ini,” lanjutnya.

Sementara itu Anton, PIC kegiatan berharap Tzu Chi Peduli Tzu Chi Berbagi ini benar-benar bisa membantu para pedagang dan warga yang terkena dampak pandemi Covid-19. “Semoga kegiatan Tzu Chi Peduli Tzu Chi Berbagi bisa membuat para pedagang di Kelurahan Sungai Asam dan Kelurahan Jelutung ini semakin semangat bekerja untuk melewati kesulitan di masa pandemi. Semoga juga untuk para warga yang menerima nasi kotak vegetaris ini juga terbantu dan sedikit meringankan beban mereka,” kata Anton.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Gerakan Tzu Chi Peduli, Tzu Chi Berbagi

Gerakan Tzu Chi Peduli, Tzu Chi Berbagi

23 September 2021

Selasa, 21 September 2021, merupakan hari ke 7 kegiatan Tzu Chi Berbagi, Tzu Chi Peduli yang di adakan oleh Tzu Chi Lampung. Sejauh ini sudah ada 950 kotak nasi vegetarian yang telah terbagi.

Tzu Chi Peduli Sumatera Barat

Tzu Chi Peduli Sumatera Barat

08 Oktober 2009
Sejak Padang tertimpa musibah gempa sedikitnya Tzu Chi telah memberikan paket bantuan bencana berupa mi instan, air mineral, minyak goreng, detergen, pembalut wanita, dan biskuit kepada para korban.
Gerakan Tzu Chi Peduli, Tzu Chi Berbagi

Gerakan Tzu Chi Peduli, Tzu Chi Berbagi

07 September 2021

Relawan Tzu Chi Lampung melakukan kegiatan program Tzu Chi Peduli, Tzu Chi Berbagi. Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan salah satu warung makan di daerah Simpur, Tanjung Karang Pusat.

Dengan keyakinan, keuletan, dan keberanian, tidak ada yang tidak berhasil dilakukan di dunia ini.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -