Berbagi Takjil dan Pemilahan Barang Daur Ulang di Kota Bagansiapiapi

Jurnalis : Kho Ki Ho (Tzu Chi Pekanbaru), Fotografer : Kho Ki Ho, Wismina (Tzu Chi Pekanbaru)

Relawan Tzu Chi yang berada di Kota Bagansiapiapi membagikan 404 paket takjil kepada warga yang melintas di jalan depan Kelenteng Kwan Te Tua.

Pemandangan terlihat berbeda di pinggir jl. Perniagaan, Kota Bagansiapiapi, Riau pada Sabtu, 30 Maret 2024. Hari itu, 19 relawan Tzu Chi berdiri di depan Kelenteng Kwan Te Tua sambil membawa tas berisi makanan untuk berbuka puasa (takjil) yang akan dibagikan kepada umat muslim yang sedang menunaikan ibadah puasa. Sebanyak 404 paket takjil dibagikan kepada warga pengguna jalan di daerah tersebut.

Pembagian takjil ini merupakan yang pertama kalinya diadakan oleh relawan Tzu Chi di Kota Bagansiapiapi sebagai bentuk perhatian dan wujud cinta kasih tulus kepada sesama manusia. Takjil tersebut disiapkan oleh relawan Tzu Chi dan donatur setempat dimana ada yang menyumbangkan aneka kue, makanan ringan, minuman, masakan, dan lain sebagainya.

Dengan penuh sukacita relawan bekerja sama mempersiapkan takjil bagi warga.

Relawan Tzu Chi melakukan pemilahan barang-barang yang bisa didaur ulang di halaman Kelenteng Put Co yang terletak di jl. Manggis, Kota Bagansiapiapi.

Setelah pembagian takjil, keesokan harinya (Minggu, 31 Maret 2024), sebagai wujud cinta kasih terhadap lingkungan, 9 relawan Tzu Chi melakukan pemilahan barang-barang yang bisa didaur ulang di halaman Kelenteng Put Co yang terletak di jl. Manggis. Kegiatan ini juga merupakan kegiatan daur ulang pertama kalinya di Kota Bagansiapiapi.

Terlihat warga sekitar ada yang mengantar barang-barang ke titik daur ulang. Hal ini karena beberapa hari sebelumnya, relawan sudah melakukan sosialisasi dari rumah ke rumah yang ada di sekitar titik daur ulang. Selain itu, ada juga warga yang ikut serta memilah barang-barang yang dapat di daur ulang.

Venny, Koordinator Relawan Tzu Chi Komunitas Bagansiapiapi menjelaskan brosur tentang pelestarian lingkungan kepada warga yang datang ke kelenteng.

Dua kegiatan tersebut membawa sukacita bagi Venny, Ketua Relawan Tzu Chi Komunitas  Bagansiapiapi. “Untuk takjil, senang bisa berbagi sama umat muslim. Kalau untuk daur ulang, senang bisa ambil bagian dari menjaga bumi dan punya kesemptan untuk sosialisasikan ke warga tentang pelestarian lingkungan. Semoga nantinya semua warga bisa ambil bagian untuk sama-sama jaga bumi ini dari sampah,” ungkap Venny.

Editor: Arimami Suryo A

Artikel Terkait

Semangat Bertoleransi, Muda-mudi Tzu Chi di Bandung Bagikan Paket Takjil

Semangat Bertoleransi, Muda-mudi Tzu Chi di Bandung Bagikan Paket Takjil

21 Maret 2024

Muda-mudi Tzu Chi atau Tzu Ching di Bandung membagikan takjil di sekitar Aula Jing Si Bandung. Sebanyak 500 kue mochi dan 500 botol es jelly dibagikan kepada warga yang hendak berbuka puasa.

Berbagi Takjil, Berbagi Kebahagiaan

Berbagi Takjil, Berbagi Kebahagiaan

15 April 2024

Relawan Tzu Chi Bandung berbagi kebaikan dengan membagikan takjil yang berlokasi di SPBU Cibeureum, Cimahi, Kita Bandung. Sebanyak 15 relawan Tzu Chi turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Sebanyak 800 paket takjil dibagikan kepada warga.

Ramadan Basamo, Ramadan Sukocito

Ramadan Basamo, Ramadan Sukocito

14 April 2023

Relawan Tzu Chi Padang bersama anggota Korem 032 Wirabraja membagikan paket takjil kepada masyarakat di Kota Padang. Makanan Takjil sendiri dibeli dari para pedagang UMKM.

Kesuksesan terbesar dalam kehidupan manusia adalah bisa bangkit kembali dari kegagalan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -