Berbagi Takjil dan Pemilahan Barang Daur Ulang di Kota Bagansiapiapi

Jurnalis : Kho Ki Ho (Tzu Chi Pekanbaru), Fotografer : Kho Ki Ho, Wismina (Tzu Chi Pekanbaru)

Relawan Tzu Chi yang berada di Kota Bagansiapiapi membagikan 404 paket takjil kepada warga yang melintas di jalan depan Kelenteng Kwan Te Tua.

Pemandangan terlihat berbeda di pinggir jl. Perniagaan, Kota Bagansiapiapi, Riau pada Sabtu, 30 Maret 2024. Hari itu, 19 relawan Tzu Chi berdiri di depan Kelenteng Kwan Te Tua sambil membawa tas berisi makanan untuk berbuka puasa (takjil) yang akan dibagikan kepada umat muslim yang sedang menunaikan ibadah puasa. Sebanyak 404 paket takjil dibagikan kepada warga pengguna jalan di daerah tersebut.

Pembagian takjil ini merupakan yang pertama kalinya diadakan oleh relawan Tzu Chi di Kota Bagansiapiapi sebagai bentuk perhatian dan wujud cinta kasih tulus kepada sesama manusia. Takjil tersebut disiapkan oleh relawan Tzu Chi dan donatur setempat dimana ada yang menyumbangkan aneka kue, makanan ringan, minuman, masakan, dan lain sebagainya.

Dengan penuh sukacita relawan bekerja sama mempersiapkan takjil bagi warga.

Relawan Tzu Chi melakukan pemilahan barang-barang yang bisa didaur ulang di halaman Kelenteng Put Co yang terletak di jl. Manggis, Kota Bagansiapiapi.

Setelah pembagian takjil, keesokan harinya (Minggu, 31 Maret 2024), sebagai wujud cinta kasih terhadap lingkungan, 9 relawan Tzu Chi melakukan pemilahan barang-barang yang bisa didaur ulang di halaman Kelenteng Put Co yang terletak di jl. Manggis. Kegiatan ini juga merupakan kegiatan daur ulang pertama kalinya di Kota Bagansiapiapi.

Terlihat warga sekitar ada yang mengantar barang-barang ke titik daur ulang. Hal ini karena beberapa hari sebelumnya, relawan sudah melakukan sosialisasi dari rumah ke rumah yang ada di sekitar titik daur ulang. Selain itu, ada juga warga yang ikut serta memilah barang-barang yang dapat di daur ulang.

Venny, Koordinator Relawan Tzu Chi Komunitas Bagansiapiapi menjelaskan brosur tentang pelestarian lingkungan kepada warga yang datang ke kelenteng.

Dua kegiatan tersebut membawa sukacita bagi Venny, Ketua Relawan Tzu Chi Komunitas  Bagansiapiapi. “Untuk takjil, senang bisa berbagi sama umat muslim. Kalau untuk daur ulang, senang bisa ambil bagian dari menjaga bumi dan punya kesemptan untuk sosialisasikan ke warga tentang pelestarian lingkungan. Semoga nantinya semua warga bisa ambil bagian untuk sama-sama jaga bumi ini dari sampah,” ungkap Venny.

Editor: Arimami Suryo A

Artikel Terkait

Ramadan Basamo, Ramadan Sukocito

Ramadan Basamo, Ramadan Sukocito

14 April 2023

Relawan Tzu Chi Padang bersama anggota Korem 032 Wirabraja membagikan paket takjil kepada masyarakat di Kota Padang. Makanan Takjil sendiri dibeli dari para pedagang UMKM.

Berbagi 1.000 Paket Takjil Menjelang Berbuka Puasa

Berbagi 1.000 Paket Takjil Menjelang Berbuka Puasa

27 April 2022

Menjelang waktu berbuka puasa, Perkumpulan Muda-Mudi Mahasiswa Tzu Chi Indonesia (Tzu Ching Indonesia), bersama insan Tzu Chi He Qi Timur membagikan 1.000 paket takjil, Minggu, 24 April 2022.

Tzu Ching Makassar Bagikan Takjil, Ojek Online Pun Tersanjung

Tzu Ching Makassar Bagikan Takjil, Ojek Online Pun Tersanjung

10 Juni 2019

Tzu Chi Makassar bagi-bagi takjil untuk umat Muslim yang sedang menunaikan ibadah puasa di Bulan ramadhan yang penuh berkah, Minggu (26/5/2019). Bagi-bagi takjil ini dilakukan di tiga titik yakni, di Taman Segitiga, di Jalan Ince dg Ngoyo, dan di Kwarcab. Ketiga lokasi ini, berada tidak jauh dari lokasi Kantor Tzu Chi Makassar.

Jangan takut terlambat, yang seharusnya ditakuti adalah hanya diam di tempat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -