Tzu Chi Bagi-bagi Takjil untuk Warga Surabaya

Jurnalis : Dery Siswantoro (Tzu Chi Surabaya), Fotografer : Hari Tedjo, Taufan Dwipa (Tzu Chi Surabaya)

Tzu Chi Surabaya memanfaatkan bulan Ramadan dengan membagikan takjil bagi umat Muslim untuk menjalin tali silaturahmi.

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa bulan Ramadan merupakan salah satu momen yang indah bagi umat Muslim. Yayasan Buddha Tzu Chi Surabaya menjadikan momen ini sebagai agenda tahunan untuk menjalin jodoh baik dengan cara membagikan minum dan makanan ringan atau yang lebih dikenal dengan berbagi takjil untuk masyarakat. Acara bagi takjil yang dilakukan di depan Kompleks Ruko Mangga Dua Jagir Wonokromo, Surabaya ini dilakukan dalam empat kali pembagian, yaitu pada hari Sabtu dan Minggu tepatnya pada tanggal 27, 28 Juni,  dan 11, 12 Juli 2015.

Dimulai pukul 16.00 WIB, relawan mempersiapkan paket takjil berupa kurma, minuman, dan makanan manis lainnya. Beberapa relawan Tzu Chi Surabaya membantu menata meja dan spanduk serta perlengkapan lainnya di pinggir jalan. Di waktu yang bersamaan beberapa relawan yang mengangkut paket takjil dari kantor yayasan menuju tempat yang telah dipersiapkan. Seluruh paket tertata rapi di meja beserta minuman yang telah disediakan.

Tak sedikit warga yang melintas menghampiri stand bagi takjil Tzu Chi Surabaya. Mulai dari pengendara motor, angkutan umun, tukang becak, dan masih banyak lagi.

Acara bagi takjil yang dilakukan di depan Kompleks Ruko Mangga Dua Jagir Wonokromo, Surabaya ini dilakukan dalam empat kali pembagian.

Tepat pukul 17.00 WIB, seluruh relawan berbaris rapi di sisi kiri jalan dengan membawa beberapa paket takjil yang siap diberikan kepada warga yang melintas di pinggiran Jalan Jagir Wonokromo. Tak sedikit warga yang melintas menghampiri stand bagi takjil Tzu Chi Surabaya. Mulai dari pengendara motor, angkutan umun, tukang becak, dan masih banyak lagi. Tak lupa beberapa relawan berdiri di bahu jalan guna mengatur antrian sepeda motor dan anggkutan umum yang melintas agar tidak terjadi kemacetan. Ada pula beberapa pengendara motor beristirahat sejenak pada tempat yang telah disediakan, sambil menuggu waktu berbuka. Di sela-sela waktu berbuka, relawan Tzu Chi Surabaya juga membagikan Buletin Tzu Chi dan menjelaskan visi misi dari Yayasan Buddha Tzu Chi. “Terima kasih sekali karena sudah membantu umat Muslim yang masih berkendara untuk berbuka puasa,” kata Kemi salah satu pengunjung stand bagi takjil Tzu Chi Surabaya. Tak hanya itu, Pak Bagus salah seorang pengendara motor menyampaikan kesannya dalam bagi takjil ini, “Bagi takjilnya bagus perlu ditingkatkan lagi, dan saya suka dengan kegiatan Tzu Chi Surabaya salah satunya donor darah dan celengan bambu seperti yang ibunya jelaskan tadi,” katanya. Rasa senang nampak di wajah mereka, seluruh relawan pun juga turut senang bisa berbagi kebahagiaan bersama.

Sekitar 25 relawan Tzu Chi Surabaya turut serta dalam acara bagi takjil ini. Diharapkan dengan adanya bagi takjil ini Tzu Chi Surabaya dapat menjalin jodoh baik dan lebih dekat dengan masyarakat umum. Serta berbagi keceriaan di bulan Ramadan.

Di sela-sela waktu berbuka, relawan Tzu Chi Surabaya juga membagikan Buletin Tzu Chi dan menjelaskan visi misi dari Yayasan Buddha Tzu Chi.


Artikel Terkait

Tzu Chi Bagi-bagi Takjil untuk Warga Surabaya

Tzu Chi Bagi-bagi Takjil untuk Warga Surabaya

23 Juli 2015
Yayasan Buddha Tzu Chi Surabaya menjadikan momen Ramadan sebagai agenda tahunan untuk menjalin jodoh baik dengan cara membagikan minum dan makanan ringan atau yang lebih dikenal dengan berbagi takjil untuk masyarakat.
Dengan kasih sayang kita menghibur batin manusia yang terluka, dengan kasih sayang pula kita memulihkan luka yang dialami bumi.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -