Berbuka Puasa Bersama, Merajut Tali Silaturahmi

Jurnalis : Bambang Mulyantono (Tzu Chi Singkawang) , Fotografer : Jak Po (Tzu Chi Singkawang)

Wakil Ketua Tzu Singkawang, Tjang Tjin Djung saat memberi sambutan.


Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, setiap bulan puasa tim relawan Tzu Chi Singkawang berkunjung ke panti asuhan muslim untuk menyelenggarakan acara buka puasa bersama. Pada masa pandemi (2020 dan 2021) kegiatan tersebut tetap dilaksanakan dengan mengantar makanan tanpa disertai acara ramah tamah.

Namun tahun ini, tepatnya Kamis petang, 14 April 2022, insan Tzu Chi Singkawang menyelenggarakan acara buka puasa bersama di Panti Asuhan Achmad Yani Singkawang dengan disertai acara ramah tamah dan melibatkan relawan dari Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Singkawang. Bahkan seluruh rangkaian acara ramah tamah dipersiapkan oleh guru-guru sekolah Tzu Chi, maka mengalirlah acara yang akrab bersahabat dan khidmat.

Asep Yaya Suhaya, Kepala Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Singkawang memimpin doa pembuka.

Membangun kekompakan kelompok untuk lomba menyambung bacaan surat-surat pendek pada ayat suci Alquran.

Dibuka oleh dua guru sebagai pembawa acara, kemudian doa pembuka dengan bersama-sama membaca Surah Al-Fatihah yang dipimpin oleh Bapak Asep Yaya Suhaya, Kepala Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Singkawang. Setelah itu sambutan dari Tjang Tjin Djung, Wakil Ketua Tzu Chi Singkawang.

Acara dilanjutkan dengan lomba antar kelompok berupa merangkai bacaan surah-surah pendek. Untuk membangun kekompakan dan latihan singkat setiap kelompok dipandu oleh seorang guru dari Sekolah Tzu Chi. Permainan berikutnya yang sifatnya perorangan adalah menjawab pertanyaan (kuis) seputar kisah-kisah nabi. Pemenang dari kedua permainan ini mendapatkan hadiah menarik dari Tzu Chi.

Seorang relawan memberikan hadiah kepada pemenang lomba.

Yanuar Dwi Adi Prabowo, guru kesenian Sekolah Tzu Chi Singkawang, memainkan alat musik saksofon mengiringi lagu Shalawat Badar dan Ramadan.

Berikutnya penampilan alat musik saksofon yang dimainkan apik oleh Yanuar Dwi Adi Prabowo-guru kesenian Sekolah Tzu Chi Singkawang. Permainan musik yang memukau membawa suasana syahdu sehingga anak-anak panti yang tidak asing dengan dua lagu tersebut turut menyanyi bersama. Dua lagu tersebut adalah 'shalawat badar' dan 'ramadhan'. Tidak lupa menggenapi kebahagian, mereka menyanyi bersama dengan disertai isyarat tangan ‘Satu Keluarga’.

Mendekati saat berbuka, dibagikanlah minuman dan hidangan ringan untuk takjil (menyegerakan) berbuka. Setelah itu bersiap salat maghrib berjamaah di mushola panti asuhan. Selesai salat maghrib, anak-anak panti dan para relawan bersama-sama menyantap makanan menu vegetarian yang telah dihidangkan oleh relawan Tzu Chi Singkawang.

Para relawan menyuguhkan makanan berbuka puasa kepada adik-adik panti.

Relawan memberikan bantuan beras dari program pertanian amal desa binaan Tzu Chi Singkawang.

Melengkapi acara buka puasa bersama ini dibagikan juga 60 paket bingkisan perlengkapan mandi untuk seluruh warga panti asuhan. Serta menyampaikan amanah dari relawan pertanian amal di desa binaan yang bersumbangsih beras sebanyak 50 kg, dan tambahan telur dari relawan Tzu Chi Singkawang.

Di akhir acara, Yanuar Dwi Adi Prabowo dan Larasati, keduanya guru Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Singkawang, mengaku baru kali ini mengikuti kegiatan Tzu Chi. Mereka merasa bersyukur mendapat kesempatan bergabung di sekolah Tzu Chi sehingga berkesempatan mengenal program-program kemanusiaan Tzu Chi, di antaranya praktik-praktik toleransi semacam ini.

Anak-anak Panti Asuhan Achmad Yani Singkawang sangat gembira dengan acara buka puasa bersama ini.

“Terima kasih kepada seluruh insan Tzu Chi, yang selalu merajut silaturahmi dengan berbagai pihak tanpa memandang suku, ras dan agama,” ujar Bapak H. Kemaludin selaku pimpinan panti asuhan.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Konsisten Memperkenalkan Menu Vegetaris

Konsisten Memperkenalkan Menu Vegetaris

17 Juni 2016

Untuk merayakan Hari Jadi ke-5, kantin Tzu Chi mengadakan syukuran berupa pemotongan tumpeng yang dilakukan pada Kamis, 16 Juni 2016. Juga dibarengi dengan kegiatan buka puasa bersama oleh seluruh staf badan misi Tzu Chi serta relawan, dan juga penuangan celengan bambu.

Buka Puasa Bersama, Buka Hati Bersama

Buka Puasa Bersama, Buka Hati Bersama

10 Agustus 2012 Bunyi beduk dan Adzan dari Masjid yang bersebelahan dengan kantor kelurahan menandakan berbuka puasa dimulai. Dengan dibimbing dan dilayani para relawan, para warga mengambil minuman berbuka dengan antri tertib dan teratur. Setelah menjalankan puasa hari ini, mereka menjalani shalat maghrib dan setelahnya dilanjutkan dengan berbuka puasa dengan menu vegetarian.
Bahagianya Berbuka Bersama

Bahagianya Berbuka Bersama

01 Juli 2016
Tzu Chi Tanjung Balai Karimun mengadakan Buka Puasa Bersama pada Sabtu, 25 Juni 2016. Kegiatan ini dihadiri oleh 33 keluarga penerima bantuan Tzu Chi dan 52 relawan Tzu Chi yang turut membantu kelancaran kegiatan
Bekerja untuk hidup sangatlah menderita; hidup untuk bekerja amatlah menyenangkan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -