Berita Internasional: Bantuan Korban Gempa Bumi: Kehangatan Untuk Warga Meksiko

Jurnalis : doc tzu chi, Fotografer : doc tzu chi

Gempa dahsyat telah memporakporandakan Meksiko pada tanggal 29 September 2017 lalu. Tim relawan gawat darurat Tzu Chi Amerika Serikat langsung menapakkan kakinya di Kota San Diego yang merupakan wilayah bencana gempa dengan kondisinya yang sangat parah.

Tim survei bantuan bencana menemukan bahwa masyarakat setempat tidak memiliki sumber dana bantuan, penduduk secara spontan mengandalkan kekuatan sendiri untuk menolong diri sendiri. Namun kekuatan ini terlalu lemah. Relawan Tzu Chi segera mengulurkan tangan untuk membantu. Hal ini membuat relawan setempat Kardina, Tani, dan lainnya sangat terharu. Mereka menyatakan ingin bergabung ke barisan Tzu Chi dan menjadi butiran benih kebajikan.

doc tzu chi

Setelah gempa berlalu, masyarakat setempat yang antusias membantu korban bencana menghimpun diri menjadi relawan. Mereka berinisiatif membagikan bahan bantuan bencana yang diterima ke wilayah yang paling parah terkena bancana dan membantu para korban. Setelah melewati masa darurat, meraka juga merencanakan untuk menggalakkan bantuan jangka panjang, seperti membantu penduduk di wilayah bencana, membangun tempat tinggal sementara dan lain sebagainya.

Salah seorang relawan setempat, Kardina, rumahnya tidak mengalami kerusakan. Ia pun berinisiatif terjun ke wilayah bencana untuk membantu korban. Pada saat melakukan survei, Pembimbing Umum Relawan Tzu Chi Internasional, Stephen Huang bertemu dengan Kardina, hatinya pun tersentuh oleh ketulusan Kardina. Stephen Huang kemudian mengajak dirinya bergabung dengan keluarga besar Tzu Chi, Kardina dengan hati yang sangat senang menyatakan persetujuannya.

doc tzu chi

Ada sekitar 1,000 rumah yang rusak, 15 orang korban meninggal, dan hampir 800 orang korban luka ringan maupun luka berat di Kota San Diego. Aliran listrik dan air masih tersedia, tetapi untuk bantuan bahan makanan hanya cukup untuk bertahan selama dua minggu. Berdasarkan kondisi masyarakat setempat, Kardina menyarankan untuk tidak membagikan bantuan berupa uang tunai atau kartu debet, karena uang mungkin akan disalahgunakan. Ia menyarankan bantuan yang diberikan adalah bahan makanan, benih tanaman, alat perkakas, dan lainnya. Hal ini bertujuan supaya para korban bencana dapat secepatnya membangun kembali kampung halaman mereka.

doc tzu chi

Ikut Merasakan Kepedihan Korban Bencana

Sedangkan Tani mengajak empat orang relawan kenalannya untuk bertemu dengan tim survei Tzu Chi pada 4 Oktober 2017. Mereka bersama-sama pergi ke wilayah bencana di Kota Xochicalco di wilayah San Diego untuk melakukan kegiatan kunjungan keluarga. Pada pertemuan pertama, relawan Tzu Chi Amerika, Ge Jijue memperkenalkan Tzu Chi kepada keempat relawan dan melakukan kunjungan keluarga ke wilayah San Diego. Ia juga berterima kasih atas kesediaan mereka ikut membantu korban gempa di Meksiko.

Bencana gempa Meksiko sudah memasuki hari ke-16, tetapi kehangatan cinta kasih di antara penduduk masih ada. Relawan Tzu Chi dan relawan setempat bekerjasama membentuk sebuah tim yang penuh cinta kasih, melangkahkan kaki di bumi pertiwi yang kondisinya sangat rentan. Mereka memberikan penghiburan dan pelukan bagi korban bencana yang sedang menderita.

Sumber: https://goo.gl/9SgzPv

diterjemahkan oleh: Nagatan

Penyelaras: Agus Rijanto Suryasim



Artikel Terkait

Berita Internasional: Bantuan Korban Gempa Bumi: Kehangatan Untuk Warga Meksiko

Berita Internasional: Bantuan Korban Gempa Bumi: Kehangatan Untuk Warga Meksiko

10 November 2017

Tim relawan gawat darurat Tzu Chi Amerika Serikat langsung menapakkan kakinya di Kota San Diego yang merupakan wilayah bencana gempa dengan kondisinya yang sangat parah.

Sikap mulia yang paling sulit ditemukan pada seseorang adalah kesediaan memikul semua tanggung jawab dengan kekuatan yang ada.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -