Bersama Maskapai dan Perbankan, Tzu Chi Biak Gelar Buka Puasa

Jurnalis : Marcopolo (Tzu Chi Biak), Fotografer : Marcopolo (Tzu Chi Biak)

Para remaja Masjid Agung Baiturrahman membawakan Qasidah dengan sangat kompak.

Sore itu Sabtu 18 Juni 2016, puluhan anak memenuhi teras Masjid Agung Baiturrahman Biak. Beberapa orang terlihat berkoordinasi satu sama lain. Para relawan Tzu Chi Biak tak kalah sibuknya, dari menata meja hingga menyiapkan hidangan berbuka puasa. Kegiatan yang dipersiapkan tersebut adalah berbuka puasa bersama. Ya, Tzu Chi Biak bekerja sama dengan maskapai Garuda Indonesia dan sejumlah bank, yakni Bank Mandiri, Bank BRI, Bank Papua, Bank BNI, dan Bank Danamon menggelar acara berbuka puasa bersama.

Kegiatan buka puasa bersama yang diadakan Tzu Chi Biak bersama sejumlah perbankan di Biak juga Garuda Indonesia cabang Biak ini adalah yang pertama kalinya. Dalam acara buka puasa bersama ini, sebanyak 88 anak dari SD hingga SMA diberikan santunan.

Gatot, salah seorang relawan mengatakan, pihaknya sangat senang dengan kegiatan ini karena banyak instansi yang bersinergi dengan Tzu Chi. “Tzu Chi Biak sangat bersyukur karena makin banyak instansi yang sejalan dengan Tzu Chi. Yakni dalam hal menebar cinta kasih universal,“ kata Gatot.

Relawan Tzu Chi Biak memperagakan isyarat tangan berjudul  “Satu Keluarga” dan diikuti seluruh undangan.

Para undangan menikmati hidangan buka puasa bersama yang disiapkan oleh para relawan.

Sebelum berbuka puasa, relawan Tzu Chi Biak bersama-sama dengan para undangan memperagakan isyarat tangan satu keluarga. Beberapa undangan ternyata sudah tak asing lagi dengan isyarat tangan karena pernah mengikuti kegiatan Tzu Chi Biak. Sementara anak-anak dari remaja Masjid Agung baiturrahman menampilkan lagu –lagu Qasidah.

Seorang pengurus Pondok Pesantren Baabussalam mengisi ceramah dan menebar inspirasi. Ia juga melantunkan ayat-ayat Al-quran yang  kemudian diterjemahkan oleh seorang santriwati.

Saat Adzan Maghrib berkumandang, para undangan terlihat begitu bahagia menikmati hidangan yang sudah disediakan oleh para relawan Tzu Chi Biak. Hidangan berupa makanan vegetarian khas Tzu Chi. Meski belum banyak yang bisa ikut bervegetarian, setidaknya dalam setiap kegiatan Tzu Chi, relawan Biak selalu mengajak undangan untuk ikut melestarikan bumi dengan menjadi vegan.


Artikel Terkait

Menjalin Toleransi Antar Umat Beragama

Menjalin Toleransi Antar Umat Beragama

21 Juli 2014 Unjuk menjalin toleransi antar umat beragama, Yayasan Buddha Tzu Chi mengadakan kegiatan buka puasa bersama bagi seluruh staf Yayasan Buddha Tzu Chi, DAAI TV Indonesia, guru Sekolah Tzu Chi Indonesia, dan staf serta seniman bangunan PT. Pulau Intan.
Bersama Maskapai dan Perbankan, Tzu Chi Biak Gelar Buka Puasa

Bersama Maskapai dan Perbankan, Tzu Chi Biak Gelar Buka Puasa

24 Juni 2016
Tzu Chi Biak bekerja sama dengan Garuda Indonesia cabang Biak dan sejumlah perbankan menggelar acara buka puasa bersama di teras Masjid Agung Baiturrahman. Sebanyak 88 anak dari SD hingga SMA diberikan santunan.
Berbagi Keceriaan Melalui Buka Puasa Bersama

Berbagi Keceriaan Melalui Buka Puasa Bersama

21 Juni 2017

Relawan Tzu Chi Sinar Mas di Xie Li Kalimantan Timur 2 yang mayoritas Muslim, pada Jumat, 16 Juni 2017, menyelenggarakan kegiatan buka puasa bersama anak yatim piatu dan kaum dhuafa. Kegiatan ini bertema Indahnya Berbagi Keceriaan dengan Sesama.

Beramal bukanlah hak khusus orang kaya, melainkan wujud kasih sayang semua orang yang penuh ketulusan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -