Bersatu Hati Melalui Donor Darah

Jurnalis : Christiana Wijaya, Muhammad Fajar Siddik (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Dok. Tzu Chi Palembang
Relawan Tzu Chi Palembang membantu para peserta mengisi formulir pendaftaran kegiatan donor darah di Sekolah Kusuma Bangsa, Kec. Ilir Timur 3, Palembang, Sumatera Selatan.

Untuk membantu stok persediaan darah di UTD PMI Palembang, Tzu Chi Palembang mengadakan kegiatan donor darah yang merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap bulannya. Kali ini relawan Tzu Chi Palembang komunitas Xie Li Taman Kenten bekerja sama dengan PMI Kota Palembang mengadakan kegiatan donor darah pada Minggu, 8 Oktober 2023 di Sekolah Kusuma Bangsa, Kec. Ilir Timur 3, Palembang, Sumatera Selatan.

Sebelum kegiatan dimulai, pada pukul 07.30 WIB relawan Tzu Chi Palembang komunitas Xie Li Taman Kenten  telah berkumpul untuk mempersiapkan dan menyusun semua kebutuhan kegiatan donor darah. Pada tahap awal, para peserta yang sudah datang diarahkan untuk mengisi form pendaftaran dan dilanjutkan ke tahap pengecekan Hemoglobin (Hb) yang tujuannya mengetahui kadar sel darah merah para peserta agar bisa mendonorkan darahnya. Jika semua proses sudah dilakukan dan lolos seleksi, maka peserta dinyatakan telah siap dan layak untuk mendonorkan darah.

Petugas PMI Kota Palembang juga melakukan pemeriksaan kesehatan kepada para peserta yang mendaftar untuk menentukan bisa atau tidaknya mendonorkan darah.

Kegiatan donor darah kali ini di sambut baik masyarakat. Hal ini terlihat dari jumlah peserta yang mendaftar 187 orang. Sebanyak 41 relawan Tzu Chi Palembang komunitas Xie Li Taman Kenten juga ikut bersumbangih dalam kegiatan ini. Salah satunya adalah Junaidi Winarta yang merupakan PIC kegiatan donor darah.

“Persiapan kita sudah 1 minggu sebelum kegiatan dengan memasang spanduk, menyebarkan flyer donor darah. Saya mengucapkan terima kasih kepada PMI dan Sekolah Kusuma Bangsa yang sudah bekerja sama dengan Tzu Chi. Harapan saya kedepan semoga semakin banyak lagi yang bersumbangsih lewat donor darah untuk membantu banyak orang,” jelas Junaidi Winarta.

Jhony, salah satu peserta donor darah merasa senang bisa ikut mendonorkan darahnya dalam kegiatan yang diselenggarakan Tzu Chi Palembang.

“Dari sekian kali saya donor darah, yang ini paling best. Tempatnya teratur dan nggak harus capek mengantri, pelayanan juga ramah. Harapan saya kegiatan ini terus berlanjut,” ungkap Yuli salah satu peserta donor darah.

Pendonor lainnya Jhony juga senang karena bisa ikut membantu orang lain lewat donor darah. “Saya sangat senang sekali rasanya bisa berbagi untuk yang membutuhkan. Disini juga pelayanannya sangat baik terlebih lagi jika ada yang membutuhkan darah, saya siap,” ucap Jhony.

Sebanyak 142 peserta berhasil mendonorkan darahnya untuk membantu ketersediaan stok darah di PMI Kota Palembang.

Dari keseluruhan peserta yang mendaftar, sebanyak 142 peserta berhasil mendonorkan darahnya. Relawan juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memenuhi kebutuhan darah di Kota Palembang. Selain itu juga membuka wawasan masyarakat akan manfaat yang didapat dari donor darah. Jadi selain untuk menolong orang lain juga bermanfaat terutama untuk kesehatan diri sendiri.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Menjalin Jodoh Baik Dengan Donor Darah

Menjalin Jodoh Baik Dengan Donor Darah

11 Maret 2013 Donor darah bukan saja baik bagi kesehatan karena kita bisa regenerasi darah baru sehingga menghindari pengentalan darah, namun juga dapat menolong sesama yang menderita. Master seringkali menghimbau kita untuk memanfaatkan setiap kesempatan untuk berbuat kebajikan.
Jika menjalani kehidupan dengan penuh welas asih, maka hasil pelatihan diri akan segera berbuah dengan sendirinya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -