Bersih-Bersih Gereja Menjelang Natal

Jurnalis : Sri Dhesy Sirait Rejeki (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Sri Dhesy Sirait Rejeki (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas (Dharma Wanita) Xie Li Kalimantan Timur 1 bergotong royong membersihkan area dalam Gereja Oikumene Muara Wahau.

Tempat ibadah yang nyaman turut mendukung terlaksananya ibadah yang nyaman pula. Hal itulah yang mendasari relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas (Dharma Wanita) Xie Li Kalimantan Timur 1 dari unit Muara Wahau Estate (MWHE) melakukan pembersihan area Gereja Oikumene Kebun Muara Wahau Kutai Timur pada Senin, 5 Desember 2022. Dengan membawa peralatan kebersihan dari rumah masing-masing, tiga relawan Dharma Wanita Xie Li Kalimantan Timur (Kaltim) 1 berbagi tugas membersihkan beberapa area gereja.

Relawan juga membersihkan bagian luar gereja, mulai dari halaman hingga mengelap jendela.

Proses pembersihan yang dilakukan mulai dari menyapu halaman, mengelap jendela, membersihkan lantai dalam gereja, hingga membersihkan kamar mandi. Program membersihkan tempat ibadah ini juga sejalan dengan program kerja Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PBHS) Xie Li Kalimantan Timur 1 yang sudah berlangsung dua tahun dengan sasaran sekolah-sekolah serta rumah ibadah.

“Kebetulan bulan ini mendekati Natal, jadi kita langsungkan program PHBS ini di gereja yang ada di unit MWHE,” ujar Ummi Kalsum, salah satu relawan yang ikut membersihkan gereja. “Tentu sebuah kebahagiaan tersendiri bisa ikut membersihkan gereja ini. Semoga hal ini membuat semua jemaat merasa lebih nyaman dalam mengikuti perayaan Natal nanti,” tambahnya.

Kamar mandi Gereja Oikumene Muara Wahau juga menjadi area yang dibersihkan relawan.

Suka cita dan rasa bahagia juga dirasakan relawan Sri Dhesy Sirait Rejeki yang ikut membersihkan gereja ini. “Ini tentu menjadi pengalaman yang berkesan karena ini pertama kali kami lakukan di sini. Meski kami hanya bertiga, semoga apa yang kami lakukan bisa menumbuhkan suka cita untuk semua jemaat yang nanti akan mengikuti perayaan di gereja ini,” ungkapnya.

Perayaan Natal di gereja ini akan dilakukan pada tanggal 11 Desember 2022 nanti oleh jemaat Gereja Oikumene Muara Wahau.

Foto bersama di depan Gereja Oikumene Muara Wahau sesaat setelah proses pembersihan selesai.

Membersihkan tempat bukan yang asing bagi relawan relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas (Dharma Wanita) Xie Li Kalimantan Timur 1. Gua Maria Pengantar Segala Rahmat yang berada di Kecamatan Muara Wahau juga pernah dibersihkan relawan pada awal tahun 2022. Gua Maria ini menjadi salah satu destinasi religi di Kutai Timur.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Bersih-Bersih Gereja Menjelang Natal

Bersih-Bersih Gereja Menjelang Natal

07 Desember 2022

Jelang perayaan Natal 2022, relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas (Dharma Wanita) Xie Li Kalimantan Timur 1 membersihkan Gereja Oikumene yang terletak di Muara Wahau Estate (MWHE).

Jangan takut terlambat, yang seharusnya ditakuti adalah hanya diam di tempat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -