Bersih dan Sehat Itu Dimulai dari Kita dan Untuk Semua

Jurnalis : Imelda Virgo Vintia (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Novita Putri, Rezqi Oktaviani Putri (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Lily Diana Fitri memberikan games untuk siswa-siswi.


“Bersyukurlah atas tubuh yang sehat, yang membuat kita mampu mengembangkan kemampuan intuitif dalam kehidupan. Bersyukurlah karena pada masa yang penuh bencana dan penderitaan ini, kondisi kita masih aman dan selamat.”
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) masih menjadi perhatian relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas. Seperti yang dilakukan relawan Dharma Wanita di Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 3 Sabtu (13/1/24). Kali ini relawan memberikan penyuluhan tentang kesehatan reproduksi untuk 45 siswa SMP Eka Tjipta Perdana Estate.

Penyuluhan dimulai pukul 9 pagi dengan antusias siswa- siswi yang sudah berkumpul di aula untuk menerima pengetahuan baru. Lily Diana Fitri, membuka acara dengan memperkenalkan dirinya dan beberapa relawan yang hadir. Penyuluhan dibawakan dr. Ida Bagus Gede Rsi Mahendra Diputra. Dokter Mahendra memulai penyuluhan dengan memberikan pertanyaan seputar kesehatan reproduksi dan dijawab antusias oleh siswa-siswi.

Penyuluhan kesehatan oleh dr. Mahendra.

Relawan memberikan hadiah untuk siswa yang berani menjawab pertanyaan.

Dalam penyuluhan hidup bersih dan sehat ini tidak lupa dokter mengingatkan pada siswa siswi dalam mengenali masa pubertas dan mengenalkan tentang kesehatan reproduksi.  “Adik-adik semua harus bisa menjaga diri baik-baik ya dan jangan sembarang bergaul. Jangan sembarang mau diberi permen atau minuman dari orang yang tidak dikenal karena kita tidak tahu apa maksud dan tujuan orang tersebut. Juga carilah kegiatan positif seperti berolahraga, berlatih mandiri dan biarkan diri kalian melambung dengan prestasi agar masa depan adik-adik semua bagus sesuai harapan orangtua,” ujarnya.

Relawan Dharma Wanita (Dhawa) melanjutkan penyuluhan tentang Pendidikan Budi Pekerti dan Pelestarian Lingkungan. Penyuluhan disampaikan oleh Eva Yasti, Hotnauli, dan Ayu Septina. Eva Yasti menjelaskan tentang cara berbuat dan bertutur kata yang baik.  “Kita semua harus bisa berbuat dan bertutur kata yang baik adik-adik, supaya tidak menyinggung perasaan orang lain. Sesama teman harus saling menghargai dan tidak boleh saling menyela satu sama lain,” ujar Eva Yasti. Selain memberikan pengetahuan tentang budi pekerti Eva Yasti juga memberikan games.

Antusiasme siswa memberikan kartu ucapan kepada salah satu relawan.

Beberapa siswi menunjukkan tulisan dalam kartu ucapannya.

Agar para siswa tidak bosan, Hotnauli dan Ayu Septiana memutarkan film kartun. Setelah film berarkhir, relawan memberikan pertanyaan. Para siswa antusias berebut menjawab. Terlebih ketika yang berhasil menjawab pertanyaan diberikan hadiah.  Relawan memberikan kertas guna menulis ungkapan untuk beberapa relawan Dhawa yang hadir. Dan untuk melatih keberanian para siswa, mereka juga diminta meminta tanda tangan sesuai relawan yang dituju.  

“Seru banget Bu, saya senang ada penyuluhan ini karena bisa tau kesehatan reproduksi. Ibunya baik – baik apalagi Bu Putri. Terima kasih ya..” ujar Adiva Aprilia (12) usai penyuluhan.

Ngantuk banget tadi awalnya Bu, tapi habis itu nonton film kartun, seru. Kami juga diajari cara bertamu yang baik dan bersikap yang baik ke temen,” sambung Joanito Fabian Bara Tarigan (11).

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan  Sehat di Sekolah

Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah

07 Juni 2023

Relawan Dharma Wanita Tzu Chi Cabang Sinar Mas (Dhawa) unit Kijang Mas Estate dan unit Kijang Mill Xie Li Kampar menyosialisasikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada siswa-siswi SSDN 022 Kijang Makmur.

Dukungan Kesehatan bagi Posyandu Palma Lestari

Dukungan Kesehatan bagi Posyandu Palma Lestari

25 Maret 2024

Penyuluhan kesehatan, pemberian Vitamin A dan pemberian makanan tambahan (PMT) diberikan oleh para relawan Tzu Chi di Xie Li Indragiri untuk 73 balita di Posyandu Palma Lestari.

Penyuluhan tentang HIV/AIDS di Muara Wahau Kaltim

Penyuluhan tentang HIV/AIDS di Muara Wahau Kaltim

27 September 2016

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas menggelar penyuluhan tentang HIV/AIDS dan pengaruhnya bagi tubuh manusia. Penyuluhan yang digelar di Puskesmas Muara Wahau, Kalimantan Timur ini memberikan pengetahuan yang lebih luas bagi 30 ibu-ibu peserta.

Menghadapi kata-kata buruk yang ditujukan pada diri kita, juga merupakan pelatihan diri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -